-->

Format Surat Pemberitahuan Mengikuti Asesmen Nasional (AN) Kepada Orang Tua

 

Format Surat Pemberitahuan Mengikuti Asesmen Nasional (AN) Kepada Orang Tua

Format Surat Pemberitahuan Mengikuti Asesmen Nasional (AN) Kepada Orang Tua

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Dalam Surat Pemberitahuan keikutsertaan siswa menjadi peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini, terdapat 8 poin yang disampaikan kepada orang tua/wali peserta didik, berikut adalah rangkuman isi surat tersebut:

  1. Putra / Putri Bapak / Ibu terpilih secara acak untuk menjadi peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

2.   Asesmen Nasional bertujuan sebagai memetakan mutu pendidikan, memberi umpan balik kepada penyelenggara Pendidikan dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan mutu sistem pendidikan. 

3.   Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tidak memiliki konsekuensi terhadap peserta didik yang menjadi peserta Asesmen Nasional. 

4.   Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hanya akan menampilkan skor pada tingkat sekolah ,bukan skor individu peserta didik .

5.   Peserta didik yang menjadi peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tidak perlu melakukan atau latihan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil Asesmen Nasional.

6.   Sebagai peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Putra /Putri Bapak / Ibu di harap mengikuti gladi bersih dan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada tanggal yang telah ditetapkan .

7.   Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

8.   Apabila putra /putri Bapak /ibu memiliki penyakit komordbid/penyerta atau tidak memiliki fasilitas untuk melakukan perjalanan secara aman kesekolah, mohon agar menginformasikan kepada kami sebelum pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Bagi panitia ANBK di tingkat sekolah/madrasah yang membutuhkan Surat Pemberitahuan Mengikuti ANBK Kepada Orang Tua Peserta Didik, silahkan download disini: Unduh File.

Dari Surat Pemberitahuan Mengikuti ANBK Kepada Orang Tua Peserta Didik tersebut dapat disimpulkan bahwa Orang tua/Wali peserta didik perlu mengetahui bahwa hasil Asesmen Nasional tidak menimbulkan akibat apapun bagi siswa, sehingga orang tua/wali tidak perlu mempersipkan putra putrinya secara khusus dan AN dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

0 Response to "Format Surat Pemberitahuan Mengikuti Asesmen Nasional (AN) Kepada Orang Tua"

Post a Comment

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel