Buka Info-Administrasi Guru. Saat ini kita sedang melalui krisis COVID-19. Krisis yang sangat
berat bagi dunia, termasuk kita di Indonesia. Pandemi ini juga memberikan
dampak besar bagi dunia pendidikan. Tetapi, dari krisis kini kita mendapatkan
banyak sekali pembelajaran bermakna.
Sejak krisis
COVID-19, untuk pertama kalinya banyak guru harus menyelenggarakan pendidikan jarak
jauh. Melakukan adaptasi kurikulum dan berupaya keras agar anak-anak kita tetap
belajar secara bermakna walaupun menghadapi berbagai tantangan. Anda juga meningkatkan
partisipasi orangtua dalam proses pembelajaran. Tugas mulia Anda sekaligus
menjadi tugas yang tersulit.
Guru Indonesia yang
tercinta, perubahan adalah hal yang menantang dan penuh ketidaknyamanan. Tetapi
inilah saatnya kita meningkatkan kerjasama antara guru, siswa dan orangtua,
agar pembelajaran dapat dilakukan dimanapun.
Modul pembelajaran
literasi dan numerasi ini kami hadirkan untuk membantu Bapak/ibu guru memfasilitasi
pembelajaran jarak jauh, untuk membantu orang tua mendampingi siswa belajar di
rumah, dan untuk membantu siswa belajar dengan modul yang berisi panduan
aktivitas pembelajaran.
Bapak dan Ibu yang
kami banggakan, mari kita terus bergandengan tangan mewujudkan pendidikan yang
berkualitas bagi anak-anak kita dimasa pandemi ini. Jaga terus kesehatan Anda agar
dapat bersama membangun masyarakat dan bangsa yang lebih baik.
Semoga Anda selalu
sehat dan bersemangat menyambut pembelajaran dalam masa Adaptasi Kegiatan Baru
(AKB) ini. Masa adaptasi ini menghadirkan tantangan baru dalam kegiatan
pembelajaran di kelas Anda. Ruang gerak Anda menjadi terbatas dan Anda tidak dapat
bertatap-muka dengan siswa. Namun, Anda diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan
pembelajaran untuk membantu siswa mengembangkan potensinya
Modul pendampingan
pembelajaran jarak jauh ini membantu Anda untuk merancang kegiatan pembelajaran
jarak jauh yang sesuai dengan kondisi siswa dan keluarganya. Modul ini kiranya
dapat memberikan inspirasi agar Anda dapat merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan
kompetensi dasar esensial dan menurunkannya dalam kegiatan harian dengan tujuan
pembelajaran yang dapat dipahami oleh orang tua siswa. Kemitraan dengan orang tua
dan keluarga siswa merupakan kunci keberhasilan pembelajaran dalam masa
adaptasi kegiatan baru ini.
Modul pendampingan
pembelajaran jarak jauh ini kiranya dapat membantu Anda menciptakan lingkungan
pembelajaran yang aman dengan memperhatikan kesehatan fisik dan emosional siswa
selama masa adaptasi kegiatan baru ini. Tentunya, penting bagi Anda untuk terus
dapat berinovasi menciptakan pembelajaran yang bermakna.
Pembelajaran untuk
meningkatkan kecakapan literasi siswa tetap perlu terselenggara dalam masa
adaptasi kegiatan baru. Literasi adalah kecakapan fundamental yang membekali
siswa dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta
menggunakannya untuk mengambil keputusan dalam kehidupan. Kecakapan literasi
membangun kecakapan hidup yang meningkatkan ketahanan siswa untuk melalui masa
adaptasi kegiatan baru. Ketika pembelajaran tak dapat diselenggarakan secara
normal, muatan literasi perlu diintegrasikan dalam kegiatan harian siswa dengan
keluarga mereka sehingga menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermakna.
Modul pendampingan
untuk pembelajaran jarak jauh ini memberikan inspirasi kepada guru
untuk merancang
kegiatan literasi melalui tahapan sebagai berikut:
1.
Menurunkan kompetensi dasar esensial
lintas mata pelajaran dalam tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dalam
rentang waktu yang memungkinkan, misalnya per minggu. Memetakan kompetensi
dasar yang esensial pada semua mata pelajaran.
2.
Merancang materi pembelajaran dengan
tema yang kontekstual dengan rutinitas kehidupan siswa dan keluarga.
3.
Memilih media pembelajaran yang
menarik, mudah didapat, dan kontekstual dengan pengalaman keseharian siswa.
4.
Merancang langkah-langkah pembelajaran
harian dengan tujuan yang dapat diukur oleh orang tua siswa.
Modul ini dapat
digunakan dalam kondisi belajar dengan fasilitas daring dan luring. Apabila guru
memiliki akses ke infrastruktur daring, guru dapat memperkaya wacana pada modul
ini dengan bahan bacaan daring pada tautan yang tersedia. Apabila siswa Anda
tidak memiliki akses ke fasilitas daring, maka:
ü Guru
mendistribusikan modul siswa dan modul orang tua per minggu kepada orang tua
sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Guru dapat mengundang orang tua ke sekolah
untuk mengambil modul siswa dan modul orang tua.
ü Saat
mendistribusikan modul siswa dan modul orang tua, guru menerima modul siswa yang
berisi lembar kerja yang telah dikerjakan siswa pada minggu sebelumnya.
ü Guru
memanfaatkan pertemuan dengan orang tua untuk membagi tip pembelajaran dan
pendampingan belajar di rumah. Guru juga memberikan konsultasi terkait kendala dan
permasalahan yang dihadapi siswa ketika belajar di rumah.
Pada saat mengundang
orang tua untuk hadir di sekolah, tentunya guru tetap melaksanakan protokol
kesehatan. Guru juga perlu mengingat bahwa orang tua bukan lah pengganti guru
di rumah. Pada saat mengajarkan penggunaan modul siswa kepada orang tua, guru
hendaknya:
ü Memberikan
contoh cara mendampingi siswa untuk mengerjakan modul secara terintegrasi
dengan kegiatan rutin siswa dan orang tua di rumah. Misalnya kegiatan literasi
harian dapat dikerjakan dalam 3 sesi; 35 menit di pagi hari, 35 menit di siang hari,
dan 35 menit di sore hari.
ü Mengingatkan
orang tua untuk terus mendampingi, mengawasi siswa dalam mengerjakan modul, dan
memberikan bantuan bilamana perlu
ü Mengingatkan
orang tua agar tidak memaksa anak untuk menuntaskan mengerjakan modul
seandainya anak mengalami kesulitan dan orang tua (anggota keluarga lain) tidak
dapat membantu
ü Memberikan
penguatan dan peningkatan kapasitas orang tua untuk dapat mendampingi siswa
belajar dengan cara yang baik, komunikatif, dan mudah dipahami.
ü Tetap
memperhatikan kondisi kesejahteraan dan kemampuan orang tua. Guru sebaiknya
memetakan siswa berdasarkan kemampuan akademik dan latar belakang keluarga
untuk kemudian merumuskan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan dan latar
belakang keluarga tersebut.
Link
Unduh Modul SD Kelas 1 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping
Bagi Orang Tua.
---------------Link Download Disini---------------
Link
Unduh Modul SD Kelas 2 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping
Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------
Link
Unduh Modul SD Kelas 3 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping
Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------
Link
Unduh Modul SD Kelas 4 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping
Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------
Link
Unduh Modul SD Kelas 5 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping
Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------
Link
Unduh Modul SD Kelas 6 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping
Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------
Sekian Informasi
Tentang Modul Pembelajaran Kurikulum Darurat Jenjang SD Kelas 1,2,3,4,5,6
Semoga Dapat bermanfaat bagi bapak ibu guru sekalian.
Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM