-->

Modul Pembelajaran Kurikulum Darurat Jenjang SD Kelas 1,2,3,4,5,6



Buka Info-Administrasi Guru. Saat ini kita sedang melalui krisis COVID-19. Krisis yang sangat berat bagi dunia, termasuk kita di Indonesia. Pandemi ini juga memberikan dampak besar bagi dunia pendidikan. Tetapi, dari krisis kini kita mendapatkan banyak sekali pembelajaran bermakna.

Sejak krisis COVID-19, untuk pertama kalinya banyak guru harus menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. Melakukan adaptasi kurikulum dan berupaya keras agar anak-anak kita tetap belajar secara bermakna walaupun menghadapi berbagai tantangan. Anda juga meningkatkan partisipasi orangtua dalam proses pembelajaran. Tugas mulia Anda sekaligus menjadi tugas yang tersulit.

Guru Indonesia yang tercinta, perubahan adalah hal yang menantang dan penuh ketidaknyamanan. Tetapi inilah saatnya kita meningkatkan kerjasama antara guru, siswa dan orangtua, agar pembelajaran dapat dilakukan dimanapun.

Modul pembelajaran literasi dan numerasi ini kami hadirkan untuk membantu Bapak/ibu guru memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, untuk membantu orang tua mendampingi siswa belajar di rumah, dan untuk membantu siswa belajar dengan modul yang berisi panduan aktivitas pembelajaran.

Bapak dan Ibu yang kami banggakan, mari kita terus bergandengan tangan mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak kita dimasa pandemi ini. Jaga terus kesehatan Anda agar dapat bersama membangun masyarakat dan bangsa yang lebih baik.

Semoga Anda selalu sehat dan bersemangat menyambut pembelajaran dalam masa Adaptasi Kegiatan Baru (AKB) ini. Masa adaptasi ini menghadirkan tantangan baru dalam kegiatan pembelajaran di kelas Anda. Ruang gerak Anda menjadi terbatas dan Anda tidak dapat bertatap-muka dengan siswa. Namun, Anda diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa mengembangkan potensinya

Modul pendampingan pembelajaran jarak jauh ini membantu Anda untuk merancang kegiatan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi siswa dan keluarganya. Modul ini kiranya dapat memberikan inspirasi agar Anda dapat merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar esensial dan menurunkannya dalam kegiatan harian dengan tujuan pembelajaran yang dapat dipahami oleh orang tua siswa. Kemitraan dengan orang tua dan keluarga siswa merupakan kunci keberhasilan pembelajaran dalam masa adaptasi kegiatan baru ini.

Modul pendampingan pembelajaran jarak jauh ini kiranya dapat membantu Anda menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dengan memperhatikan kesehatan fisik dan emosional siswa selama masa adaptasi kegiatan baru ini. Tentunya, penting bagi Anda untuk terus dapat berinovasi menciptakan pembelajaran yang bermakna.

Pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan literasi siswa tetap perlu terselenggara dalam masa adaptasi kegiatan baru. Literasi adalah kecakapan fundamental yang membekali siswa dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan dalam kehidupan. Kecakapan literasi membangun kecakapan hidup yang meningkatkan ketahanan siswa untuk melalui masa adaptasi kegiatan baru. Ketika pembelajaran tak dapat diselenggarakan secara normal, muatan literasi perlu diintegrasikan dalam kegiatan harian siswa dengan keluarga mereka sehingga menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. 

Modul pendampingan untuk pembelajaran jarak jauh ini memberikan inspirasi kepada guru
untuk merancang kegiatan literasi melalui tahapan sebagai berikut:
1.   Menurunkan kompetensi dasar esensial lintas mata pelajaran dalam tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dalam rentang waktu yang memungkinkan, misalnya per minggu. Memetakan kompetensi dasar yang esensial pada semua mata pelajaran.
2.   Merancang materi pembelajaran dengan tema yang kontekstual dengan rutinitas kehidupan siswa dan keluarga.
3.   Memilih media pembelajaran yang menarik, mudah didapat, dan kontekstual dengan pengalaman keseharian siswa.
4.   Merancang langkah-langkah pembelajaran harian dengan tujuan yang dapat diukur oleh orang tua siswa.

Modul ini dapat digunakan dalam kondisi belajar dengan fasilitas daring dan luring. Apabila guru memiliki akses ke infrastruktur daring, guru dapat memperkaya wacana pada modul ini dengan bahan bacaan daring pada tautan yang tersedia. Apabila siswa Anda tidak memiliki akses ke fasilitas daring, maka:
ü  Guru mendistribusikan modul siswa dan modul orang tua per minggu kepada orang tua sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Guru dapat mengundang orang tua ke sekolah untuk mengambil modul siswa dan modul orang tua.
ü  Saat mendistribusikan modul siswa dan modul orang tua, guru menerima modul siswa yang berisi lembar kerja yang telah dikerjakan siswa pada minggu sebelumnya.
ü  Guru memanfaatkan pertemuan dengan orang tua untuk membagi tip pembelajaran dan pendampingan belajar di rumah. Guru juga memberikan konsultasi terkait kendala dan permasalahan yang dihadapi siswa ketika belajar di rumah.

Pada saat mengundang orang tua untuk hadir di sekolah, tentunya guru tetap melaksanakan protokol kesehatan. Guru juga perlu mengingat bahwa orang tua bukan lah pengganti guru di rumah. Pada saat mengajarkan penggunaan modul siswa kepada orang tua, guru hendaknya:
ü  Memberikan contoh cara mendampingi siswa untuk mengerjakan modul secara terintegrasi dengan kegiatan rutin siswa dan orang tua di rumah. Misalnya kegiatan literasi harian dapat dikerjakan dalam 3 sesi; 35 menit di pagi hari, 35 menit di siang hari, dan 35 menit di sore hari.
ü  Mengingatkan orang tua untuk terus mendampingi, mengawasi siswa dalam mengerjakan modul, dan memberikan bantuan bilamana perlu
ü  Mengingatkan orang tua agar tidak memaksa anak untuk menuntaskan mengerjakan modul seandainya anak mengalami kesulitan dan orang tua (anggota keluarga lain) tidak dapat membantu
ü  Memberikan penguatan dan peningkatan kapasitas orang tua untuk dapat mendampingi siswa belajar dengan cara yang baik, komunikatif, dan mudah dipahami.
ü  Tetap memperhatikan kondisi kesejahteraan dan kemampuan orang tua. Guru sebaiknya memetakan siswa berdasarkan kemampuan akademik dan latar belakang keluarga untuk kemudian merumuskan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang keluarga tersebut.

Link Unduh Modul SD Kelas 1 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping Bagi Orang Tua.
---------------Link Download Disini---------------

Link Unduh Modul SD Kelas 2 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------

Link Unduh Modul SD Kelas 3 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------

Link Unduh Modul SD Kelas 4 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------

Link Unduh Modul SD Kelas 5 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------

Link Unduh Modul SD Kelas 6 Modul Belajar Siswa, Pendamping Bagi Guru, Pendamping Bagi Orang Tua.
---------------LinkDownload Disini---------------

Sekian Informasi Tentang Modul Pembelajaran Kurikulum Darurat Jenjang SD Kelas 1,2,3,4,5,6 Semoga Dapat bermanfaat bagi bapak ibu guru sekalian.








0 Response to "Modul Pembelajaran Kurikulum Darurat Jenjang SD Kelas 1,2,3,4,5,6"

Post a Comment

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel