Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Pandemi Covid-19

Buka Info
0


Buka Info-Berita Dan Informasi. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup Dan Pandemi Covid-19 Dengan Semangat Merdeka Belajar. Dalam rangka mencegah penyebaran dan penularan  virus Corona Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan, Kemendikbud telah mengambil kebijakan untuk menutup sekolah selama masa pandemi Covid19. Selama masa penutupan, kegiatan belajar mengajar dialihkan melalui penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ), sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).
Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup Dan Pandemi Covid-19 Dengan Semangat Merdeka Belajar

Untuk memudahkan para guru melaksanakan pembelajaran jarah jauh (PJJ) maka dengan ini diterbitkan “Panduan Pembelajaran Jarak Jauh”.  Panduan ini diperlukan karena dalam PJJ,  terdapat sejumlah KBM yang  berbeda dengan KBM normal. Misalnya,  guru harus mereview kurikulum,  memfokuskan pada literasi dan numerasi, menyiapkan RPP yang berbeda, hingga menentukan metode dan interaksi yang dipakai dalam  penyampaian pembelajaran melalui daring, luring,  atau kombinasi keduanya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama masa pandemi. Semua kegiatan ini membutuhkan panduan  agar mutu KBM jarak jauh  tetap terjaga dan peserta didik tetap dapat layanan pendidikan selama darurat covid-19, meskipun peserta didik tertutup akses fisiknya ke sekolah. diharapkan agar panduan ini menjadi referensi yang dapat membantu guru, kepala sekolah  dan tenaga kependidikan  serta pemangku   kepentingan lainnya agar  pelaksanaan PJJ dapat terlaksana dengan baik.
Belajar dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.
1.   Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan.
2.   Memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19.
3.   Memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah.
4.   Memberikan umpan balik terhadap bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kualitatif.
Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Surat Edaran Sesjend Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020
1.   Belajar dari Rumah selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol penanganan COVID-19; dan
2.   Belajar dari Rumah melalui pembelajaran jarak jauh daring dan/atau luring dilaksanakan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan Belajar dari Rumah sebagaimana tercantum dalam Lampiran Surat Edaran Dokumen SE Sesjend 15 Tahun 2020 dapat dilihat melalui tautan Surat Edaran Sekjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)
Prinsip Pelaksanaan Belajar dari Rumah Surat Edaran Sesjend Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020
1.   Keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan dan seluruh warga satuan pendidikan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR.
2.   Kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani  tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum.
3.   BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi COVID-19
4.   Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik.
5.   Aktivitas dan penugasan selama BDR dapat bervariasi antar  daerah, satuan pendidikan dan Peserta Didik sesuai minat dan  kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas BDR.
6.   Hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif.
7.   Mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif  antara guru dengan orang tua/wali.
Peran penting guru:
·        Membantu siswa menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi
·        Melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.
·        Memfasilitasi pembelajaran jarak jauh secara daring, luring maupun kombinasi keduanya sesuai dengan kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran.
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah oleh Guru
Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, dimana guru harus memastikan beberapa hal berikut:
ü  memastikan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai, tidak memaksakan penuntasan kurikulum dan fokus pada pendidikan kecakapan hidup;
ü  menyiapkan materi pembelajaran dengan fokus materi pada Rencana Pelaksanaan:
literasi dan numerasi;
a.    pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19;
b.   Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas);
c.    kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik;
d.   spiritual keagamaan; dan/atau
e.    penguatan karakter dan budaya.
ü  menentukan metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui daring,  luring, atau kombinasi keduanya;
ü  menentukan jenis media pembelajaran, seperti format teks, audio/video simulasi, multimedia, alat  peraga, dan sebagainya yang sesuai dengan metode  pembelajaran yang digunakan; dan
ü  guru perlu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti pelatihan daring yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga nonpemerintah guna mendukung keterampilan menyelenggarakan PJJ pada situasi darurat COVID-19.
Unduh Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup Dan Pandemi Covid-19 Dengan Semangat Merdeka Belajar
---------------LinkDownload Disini---------------
Sekian Informasi Tentang Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Pandemi Covid-19 Semoga Bermanfaat.

Post a Comment

0Comments

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Post a Comment (0)