-->

Cek NISH Siswa SD SMP SMA Secara Online Terbaru 2020



Sahabat Yang Berbahagia di kesempatan ini buka info ingin share bagaiamana Cek NISH Siswa SD SMP SMA Secara Online Terbaru 2020.
1.   Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

2.   Tujuan dan Manfaat
o    Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
o    Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
o    Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Kebutuhan NISN saat ini menjadi signifikan mengingat NISN merupakan salah satu syarat pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) ke semua jenjang. Bagi orangtua peserta didik yang ingin mengetahui NISN Anaknya bisa dilakukan secara mandiri dari rumah dengan menyiapkan beberapa data penting dan valid berikut:
  1. NISN Valid (Sesuai Ijazah)
  2. Nama Ibu (Valid Sesuai Dokumen sah)
  3. Ponsel Android/Laptop
  4. Paket Internet
Berikut ini guru-id tuliskan langkah-langkah singkat dan mudah cara mengetahui atau CEK NISN siswa secara daring melalui laman resmi NISN milik kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Langkah Pertama : buka browser internet, kemudian klik Link Berikut : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/, Jika muncul notifikasi "Dikarenakan masih ada proses konfigurasi server, maka untuk sementara alamat pencarian NISN (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/) dirubah ke alamat ini." klik tombol Close.

Langkah kedua: Pada form pencarian NISN siswa, Ketikkan NISN (10 Digit), Nama Ibu Kandung, Kode Capctha (Harus sesuai, perhatikan huruf kecil dan kapitalnya), kemudian klik Tombol "Cari Data"

Langkah ketiga: Untuk mencetak hasil pencarian NISN tersebut, cukup di screenshot saja kemudian pindahkan / kirim ke Laptop dan cetak. Nah dokumen inilah yang nantinya menjadi syarat untuk Pendaftaran Peserta didik Baru yang valid untuk diserahkan ke panitia PPDB Sekolah yang di lamar.

Semoga bermanfaat artikel yang buka info share kepada sahabat sekalian dan jangan lupa share.

0 Response to "Cek NISH Siswa SD SMP SMA Secara Online Terbaru 2020"

Post a Comment

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel