-->

Hari Tari Sedunia



Berita dan Informasi. Sahabat Buka Info Yang Berbahagia Buka Info ingin mengucapkan bahwa tepatnya 29 April adalah Hari Tari Sedunia yang selalu diperingati setiap 29 April. Hari Tari Sedunia diperingati setiap tahunnya, sejak 1982. “ agar masyarakat dunia tidak melupakan kesenian tari tradisionalnya. Di Indonesia sendiri, tarian tidak bisa dipisahkan dari sejarah kebudayaan. selain itu, tarian tradisional merpakan salah satu daya tarik wisata unggulan.”

Sejumlah penari dan koreografer kondang akan menari bersama pada Rabu, 29 April 2020 secara online atau daring. Mereka menari dari rumah dan sanggar masing-masing seharian secara bergantian mulai pagi hingga sore dan berdiskusi dalam peringatan
Para penari dan koreografer yang sudah dikenal masyarakat itu tampil di acara bertajuk ISI Solo 24 Jam Menari Dialektika 24 Jam Biosphere VS Cybersphere. Mereka adalah Elly D. Luthan, Melati Suryodarmo, Rianto, Eko Supriyanto, Hartati, Kadek Puspasari, Faturahman, Nanu Munajar, Jarot B. Darsono, Yoyok B. Priambodo, Alfianto, Wahyu S.P. M dan Iwan Dadijono. Mereka akan mulai menari sejak pukul 10.00-17.00 WIB.
Helatan tari ini merupakan kerja inisiatif dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang diinisiasi oleh Eko Supriyanto. “Tidak hanya tampilkan koreografi, tapi juga mendiskusikan biosphere vs cyberspere ini. Bagaimana menyikapi pandemi dengaan tari sekaligus merayakan hari Tari Sedunia.
Selain kreasi dari ISI Solo, inisiatif menari bersama secara daring juga akan dihelat oleh Keluarga Tari Indonesia. Pertunjukan tari secara daring ini merupakan inisiatif kedua dari Keluarga Tari Indonesia.
Para penari profesional, amatir, pelajar menyumbangkan gerak koreografi tari mereka dalam Sujud Bumi. Mereka membuat video yang berdurasi satu menit diunggah di akun media sosial masing-masing dengan tagar #sujudbumi. “Ini terbuka bagi siapa pun tak hanya para koreografer atau penari, tapi yang bersentuhan dengan tari,” ujar Hartati, salah satu penggagasnya.
Untuk peringatan Hari Tari Sedunia ini, siapa pun diperbolehkan mengunggah video koreografi karya mereka. Video berdurasi satu menit dengan koreografi bertema, gaya, musik apa pun dengan teks Doa Tari Indonesia, sinopsis, dan tim kerja. Karya harus diunggah di akun media sosial serentak mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB, tidak mengandung unsur pornografi serta mematuhi nilai kesopanan dan kesantunan.
Saat mengunggah kreasi mereka, para penari atau koreografer harus memasang beberapa tagar seperti #worlddanceday #menariitusehat #haritaridunia #tariindonesia #arsiptariIndonesia #dirumahaja dan beberapa tagar lainnya.
Aritikel Buka Info Ini di Kutip dari Media Tempo. Selamat Hari Tari Mari bersama sama kita lestarikan budaya tradisional yang ada di indonesia agar tetap selalu di kenal sampai ke mancanegara.


0 Response to "Hari Tari Sedunia"

Post a Comment

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel