RISKESDAS 2018 Kota Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Asikkk,,,,

Buka Info

Saat detik – detik terakhir Training Center di Kota Jambi tepatnya di Hotel Novita pada awal bulan April lalu, ada ekspresi yang begitu sedih dan gak mau pisah dengan enum dari kota/kab lain. Hal itu karena selama kurang dari 9 hari di sana kami merasa sudah begitu dekat dan seperti keluarga baru. Tapi kembali lagi, di sini fokusnya adalah mengemban tugas negara. Mau tidak mau, suka tidak suka, kami harus pulang ke kota/kab masing – masing.
          Untuk Enumerator dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kami di kumpulkan lagi pada  tanggal 17 April 2018. Semua enumerator kab Tanjung Jabung Timur berkumpul di Dinas kesehatan (DINKES) kab Tanjung Jabung Timur untuk mengikuti pembukaan RISKESDAS 2018 wilayah kab Tanjung Jabung Timur. Dengan acara yang berlangsung cukup singkat, isinya sambutan sambutan saja. Eittttsssssss tapi tidak boleh berbahagia dulu, karena setiap enum mempunyai masing – masing tim yang ruta perjalananya dari yang mudah hingga yang sulit, sehingga harus kuat dari segi jasmani maupun rohani dong pastinya, dan bukan hanya dari segi perjalanan yang nantinya akan di hadapi setiap tim enum, tetapi harus menyatukan berbagai karakter yang ada di dalam setiap tim tersebut.
 
          Tepatnya pada tanggal 18 April 2018, kami TIM 5 Kab Tanjung Jabung Timur mulai melakukan puldat. Lokasi sasaran awal kami di Desa Sungai Jambat. Hmmmmm....... daerahya suku bugis asli dan itu merupakan lokasi terjauh dari tim kami. Kami ber 4 langsung terjun ke lapangan, lengkap dengan peralatan sniper perang. Hahahahahah,,, lebay iya, dan Alhamdulillahnya kami di sambut amat baik dengan warga di sana. Iya Walaupun ada 1 warga yang agak tempramental seketika mau enum wawancari mau menolak gitu sih, tapi setelah kita jelaskan panjang lebar dan akhirnya luluh juga hatinya heheheehehehe.
          Lanjut dari desa sungai jambat, kami ke sungai itik. Lokasinya kurang lebih 4 kilo meter dari sungai jambat. Lokasinya berbeda dari desa sungai jambat, maksudnya lokasi itu rata rata banyak orang orang penting, dan otomatis kami harus menyesuaikan bagaimana kami harus berkomunikasinya, maksud dari kedatangan kami, dan dari segi berpakaian juga kami perhatikan. Dengan karakter masarakat yang berbeda – beda ada yang terbuka, ada yang tertutup dan status pendidikan yang bermacam macampun tidak kami abaikan.
Jujur sebelum masuk kelapangan, pikiranku sudah jelek duluan gitu, di benak bayanganku nanti pasti kami akan di tanyain yang macem – macem yang sangat detail dulu baru orang tersebut mau di ambil data. Dan alhamdulialah tidak seburuk yang ada dalam benak kami, hehehehehe akhirnya kita di terima dengan baik kok sama mereka.
          Hari – hari berikutnya, kami juga turun ke lokasi yang berbeda – beda dan masih di daerah plosok, masih banyak kebun kelapa dan kebun pinang, jalan juga masih sangat jelek, sekolah pun lumayan jauh apalagi rumah sakit. Mata pencarian warganya rata rata buruh mengupas pinang dan mencungkil kelapa. Di tengah hiruk biruknya kota yang semakin maju, dan kebutuhan finansial yang semakin tinggi. Sangat banyak sekali di temui berbagai macam bentuk karakter dari responden.
 
          Dan akhirnya, banyak pelajaran yang bisa kami petik dari pengalaman – pengalaman kami ketika menjadi Enumerator RISKESDAS 2018 untuk wilayah kabupaten tanjung jabung timur. Memang sekilah melihat potretnya, banyak hal yang masih perlu di benahi. Kami hanya dapat berharap semoga apa yang telah kami lakukan bisa memberi manfaat. Bukan di lihat dari besarnya usaha yang kami keluarkan, tapi lebih kepada dampak yang di hasilkan., TERIMAKSIH SALAM KOMPAK BUAT ENUMERATOR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 2018
Tags