Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buka Info


http://bukainfo17.blogspot.co.id/2017/11/manfaat-yoga-untuk-kesehatan-dan.html 
Buka Info – Hidup Sehat. Senam yoga ialah sebuah aktivitas olah tubuh yang mengombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, serta kondisi tubuh yang rileks pada saat melakukanya. Untuk postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen yang sangat utama. Sebenarnya praktek olah tubuh ini sudah sejak lama di lakukan sekitar 5000 tahun yang lalu yang di kenalkan di india dan telah banyak diadaptasi ke dalam berbagai variasi. Bagi kamu yang sibuk dengan pekerjaan kantor maupun aktivitas lainnya yang sehingga membuat tubuh terasa lelah dan sehingga membuat stres, senam yoga dapat menjadi alternatif salah satu jawabanya. Untuk melakukan senam yoga secara rutin sangat penting ia sangat membantu untuk para pemula, ibu hamil, dan berbagai masalah kesehatan lainya. Untuk manfaat senam yoga ini sebagai senam olah raga yang cocok dilakukan oleh semua umur tentu sangat penting bagi semua kalangan. Untuk senam yoga cocok dilakukan oleh semua usia, jenis kelamin, dan segala kondisi medis sesui dengan petunjuk dokter yang di anjurkanya.
baca juga: Tips Hidup Sehat Jus Sayuran Cocok Untuk Diet
Manfaat Senam Yoga Bagi Tubuh
Bukan hanya menjadi olah tubuh, ada berbagai manfaat yoga untuk kesehatan. Jika kalian masih merasa enggan untuk mempraktekkannya, mungkin daftar berbagai senam yoga berikut ini dapat membuat kalian membuat berubah pikiran.
1.      Sarana relaksasi
Untuk kategori yang pertama, untuk gerakan yang terdapat pada senam yoga merupakan bentuk gerakan tubuh dan anggota badan secara perlahan lahan. Denga gerakan badan secara perlahan lahan ini dapat membuat tubuh kalian akan merasakan rileks dan santai. Pada umumnya backsound atau suara yang melatarbelakangi pada saat melakukan senam yoga adalah suara suara alam. Seperti aliran air atau hembusan udara yang sangat membuat diri kalian memjadi rileks.
2.      Dapat mengurangi stress
3.      Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
4.      Menjadi lebih santai dan tenang dalam menjalani permasalahan hidup sehari hari
5.      Mengurangi risiko akibat penyakit kronis
6.      Meningkatkan daya imunitas tubuh
7.      Dapat meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh
8.      Meningkatkan keseimbangan
9.      Dapat menurunkan berat badan
10.  Menjaga kebugaran tubuh
11.  Menambah stamina tubuh
12.  Meningkatkan penguasaan emosional
13.  Mengembangkan emosional positif
14.  Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
15.  Melancarkan sirkulasi darah
16.  Membakar lemak
17.  Meningkatkan fungsi pernapasan
18.  Memperindah bentuk tubuh
19.  Meningkatkan kerja jantung
20.  Mengurangi gejala sakit pinggang
21.  Mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang
22.  Menghaluskan dan menyehatkan kulit
23.  Untuk mengoptimalkan organ organ tubuh
24.  Untuk menurunkan kadar gula darah
25.  Dapat mencegah diabetes
Inilah dari beberapa manfaat dari senam yoga, pada umumnya senam yoga memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan kita. Bukan hanya kesehatan tubuh dan fisik saja tetapi untuk kesehatan mental dan pikiran kalian pun akan terjaga kesehatanya. Hal seperti ini di sebabkan karena gerakan yan ada di dalam senam yoga disertai dengan relaksasi, dan secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan pikiran dan mental kalian juga.
Senam Yoga Bagi Pemula
meski kalian sudah memiliki buku panduan maupun kasetnya, alangkah baiknya bagi kalian yang pemula untuk berlatih dengan bantuan seorang instruktur, selai itu juga kalian dapat mengikitu kelas yoga bersama peserta lainya agar dapat membantu dalam melakukan gerakan senam yoga.
Kalian juga dapat mengikuti kelas kelas senam yoga baim di studio yoga atau pusat untuk kebugaran yang menawarkan kelas yoga. Untuk memilih instruktur dan tempat yang terpenting ialah agar tujuan kalian tercapai dan kalian terhindar dari cidera.
Jika kalian mau mencari tempat untuk melakukan senam yoga ini seketika suvei kalian dapat menanyakan apakah instrukturnya sudah berpengalaman, Apakah sudah memiliki sertifikat, dan sudah berapa lama untuk melatih senam yoga! Dan kalian harus memastikan apakah kelas yang kalian survei memang mengakomodasi untuk pemula,  dan untuk instrukturnya yang ada sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian sebelumnya belum pernah melakukan senam yoga pasti selalu timbul rasa kekhawatiran berikut ini untuk ulasan dari pertanyaan kekhawtiran kalian ini.
Apakah ada batasanya untuk tingkat usia dalam melakukan senam yoga?
Tidak sama sekali. Banyak ada beberapa orang untuk melakukan senam yoga ini di usia 70 tahun karena olah raga senam yoga ini dapat dilakukan siapa saja termasuk juga untuk anak anak jika itu memungkinkan dan kalian dapat mencari kelas senam yoga sesui dengan usia kalian.
Apakah senam yoga hanya di lakukan pada orang yang sudah berpengalaman?
Tidak. Untuk senam yoga justru sangat membantu kalian yang ingin memulai melatih tubuh agar menjadi lebih fleksibel dan bugar. Oleh karena itu ada tahapan jenis dan postur senam yoga yang diperuntukan bagi seseorang yang sudah terbiasa untuk melakukan gerakan dasar untuk pemula, dan kalian dapat mencoba hatha yoga. Hatha yoga merupakan rangkaian postur senam yoga yang sederhana dan banyak direkomendasikan bagi pemula.
Apakah senam yoga dapat mengakibatkan cidera?
Untuk cidera saat melakukan senam yoga pada umumnya disebabkan oleh peregangan yang dipaksakan. Namun untuk risiko ini dapat kalian perkecil dengan melakukan senam yoga bersama instruktur yang telah memiliki sertifikat dan bergabung dalam kelas yang sesui dengan kemampuan yang kalian miliki. Jika instruktur yang baik juga tidak akan memaksa kalian untuk melakukan postur senam yoga di luar dari kemampuan kalian untuk tahap awal.
Apakah ada kondisi tertentu untuk seseorang sebaiknya tidak melakukan senam yoga?
Pada umumnya, senam yoga dapat di praktikkan oleh siapa saja, namun beberapa kondisi kesehatan tertentu yang perlu memeriksakan diri terlebih dahulu sebelum untuk melakukan senam yoga. Contohnya bagi wanita hamil, untuk pengidap penyakit hernia, orang dengan gangguan pembekuan darah, seseorang yang mengalami penurunan fungsi tubuh, penderita osteoporosis tingkat lanjut, memilikai tekanan darah tidak terkontrol, memiliki gagguan pada mata. Pada umumnya penderita gangguan tersebut masih dapat mengikuti senam yoga, tapi dengan menghindari beberapa postur tertentu.
Jenis senam yoga yang baik untuk diikuti?
Untuk kalian yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari senam yoga ini, kalian harus perlu mengetahui kebutuhan dan kesesuaian denga kondisi pribadi kalian. Selain senam yoga hatha yang biasanya diperuntukan bagi kalangan umum dan pemula masih terdapat jenis senam yoga yang lainya antara lainnya:
1.      Senam yoga iyengar
2.      Senam yoga ashtanga
3.      Senam yoga bikram
4.      Senam yoga kundalini
5.      Senam yoga kripalu
Tips Untuk Mengikuti Senam Yoga Bagi Pemula
Bagi kalian benar benar ingin mengikuti kelas senam yoga agar kalian tidak merasa bingung coba kalian berpatokan dengan yang saya uraikan ini.
Pilihlah pelatih yang kalian sukai
Ketika kalian ingin berlatih dengan dengan instruktur yang nyaman dan latihan pun semakin menyenangkan kalian harus memastikan bahwa pelatih yang kalian pilih benar benar memberikan latihan senam yoga bagi pemula, karena ada pelatih di sanggar yang menginformasikan akan memberikan latihan khusus bagi pemula dan pada saat berlatih memberikan gerakan untuk level tinggi, bagi kalian untuk mengantisipasinya kalian bisa minta kelas privat.
Pilihlah senam yoga yang sesuai dengan kalian
Banyak ragam jenis senam yoga ini, dan beberapa diantaranya ada yang tidak cocok untuk pemula, karena itu pilihlah senam yoga yang sesuai dengan kebutuhan, dan kalian dapat mencari informasi sebelum berniat untuk bergabung dalam sanggar senam yoga tersebut.
Sesuaikan dengan kemampuan yang kalian miliki
Kalian dapat melakukan gerakan senam yoga bagi pemula semampu kalian, dan gunakan alat bantu seperti balok, tali atau handuk kecil, selama kalian berlatih. Agar kalian tidak banyak melakukan peregangan tubuh mintalah bantuan dengan instruktur kalian.
Jangan membandingkan dengan orang lain
Setiap kemampuan seseorang berbeda beda, apabila bagi kalian yang masih pemula, jangan membandingkan kemampuan kalian denga kemampuan peserta lainnya pada saat sedangang berlatih. Membandingkan diri dengan orang lain yang sudah ahli akan hanya membuat anda semakin stress.
Jangan memaksakan diri
Bagi kalian wajar sih jika ingin cepat mengusai gerakan gerakan senam yoga yang indah dan penuh manfaatnya. Namun kalian jangan pernah untuk memaksakan diri jika kalian merasakan sakit, itu adlah tanda bahwa kalian harus berhenti. Hal yang paling penting dalam yoga ialah fokusi pada kombinasi tubuh, pikiran, dan jiwa dan fokuskan perhatian agar kalian mendapat hasil yang optimal. Terimaksih semoga bermanfaat jangan lupa untuk di share.