Cara Menyiasati Risiko Bahaya Makan Gorengan



www.bukainfo17.blogspot.com 
Bukainfo17.blogspot.com – Edukasi Kesehatan sahabat yang berbahagia buka info ingin berbagi kepada sahabat sekalian bagaimana kita harus menyiasati dari dampak risiko seketika kita mengomsumsi gorengan. Siapasih yang tidak menyukai dengan jenis makanan yang satu ini yaitu gorengan, sahabat sekalian makan yang digoreng dapat ditemukan mulai dari sajian utama hingga camilan. Dengan rasa yang  gurih dan renyah dari makanan gorengan kadang dapat membuat penikmatnya hingga lupa diri, padahal ada risiko dibalik makanan  gorengan tersebut.
Sahabat sekalian makanan yang digoreng cenderung mengandung banyak lemak, kalori dan garam. Sebab, proses penggorengan makanan dapat mengubah kualitas nutrisi dan meningkatkan kandungan kalori. Apalagi, jika minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah dipakai berulang kali warnanya pun sehingga berbentuk hitam kecoklat coklatan sehingga mengandung lemak trans.
Risiko Apa Saja yang Akan Ditimbulkan Dari Makan Gorengan?
Seketika kita mengonsumsi makanan gorengan dalam porsi besar kerap dihubungkan dengan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi dan obesitas. Ada sebuah penelitan pun menyebutkan, semakin banyak Anda mengonsumsi makanan gorengan maka risiko terserang penyakit diabetes 2 dan penyakit jantung cenderung lebih meningkat. Khusus untuk pada pria, sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi gorengan dalam jangka waktu yang lama yaitu lebih dari sekali dalam waktu seminggu, dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat bagi pria.
Terlalu banyak mengonsumsi makanan gorengan juga sering kali dihubungkan dengan kolesterol tinggi. Makin tinggi tingkat kolesterol, makin meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah. Seketika sahabat mengonsumsi lebih dari yang dibutuhkan tubuh, maka kolesterol dapat menyebabkan terbentuknya plak yang dapat menghambat aliran pembuluh darah, sebagaimana pipa yang tersumbat. Komplikasi dari terganggu aliran darah adalah stroke, aterosklerosis dan serangan jantung. Khususnya untuk Wanita yang sedang Mengandung, mengonsumsi gorengan secara berlebihan memiliki risiko tersendiri. Berdasarkan penelitian, kebiasaan mengonsumsi gorengan sebelum hamil dapat meningkatkan risiko diabetes selama kehamilan. Diabetes yang terjadi selama masa kehamilan disebut dengan diabetes gestasional.
Dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi gorengan kurang dari satu kali per minggu sebelum masa kehamilan, risiko untuk mengalami diabetes gestasional lebih tinggi 13 persen khusus bagi yang mengonsumsi gorengan sebanyak tiga kali per minggu. Risiko tersebut meningkat seiring dengan jumlah gorengan yang dikonsumsi per minggu.
Upaya Untuk Menurunkan Dari Risiko Mengkomsumsi Gorengan?
Sahabat yang berbahagia jika kita ingin mengurangi risiko buruk konsumsi gorengan, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti minyak trans atau minyak yang telah mengalami hidrogenasi dengan jenis minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun kanola, jagung, biji bunga matahari dan minyak wijen. Agar minyak tidak menyerap ke dalam makanan yang digoreng, disarankan untuk menggoreng makanan pada suhu 176-1900C. Jika suhu menggoreng berada di bawah suhu tersebut, minyak dapat meresap ke dalam makanan. Sebaliknya, jika suhu terlalu tinggi, makanan akan menjadi terlalu kering dan minyak juga dapat teroksidasi. Adapun cara lain yang bisa dilakukan dalam meminimalisir proses menggoreng makanan adalah dengan memanggang makanan menggunakan oven. Sebelum memanggang daging, oleskan minyak zaitun, sehingga daging akan menjadi lebih renyah saat dikonsumsi. Hal yang tak kalah penting dalam meminimalisir dampak buruk dari makanan yang digoreng adalah menghindari penggunaan minyak secara berulang. Lebih disarankan, minyak hanya digunakan sekali pakai dalam menggoreng. Agar makanan yang telah digoreng tidak terlalu berminyak, disarankan pula untuk menggunakan tisu kertas agar minyak yang berlebih dapat diserap. Jika Anda ingin mengonsumsi gorengan, sebaiknya membuat sendiri di rumah, dibandingkan membelinya. Gorengan yang dibuat di rumah cenderung lebih sehat karena Anda dapat dengan bijak memilih minyak serta cara menggorengnya. Sekian informasi yang dapat buka info sampaikan semoga banyak bermanfaat bagi sahabat sekalian dan menambah ilmu, khususnya bagi yang pecinta makan gorengan harap untuk mengurangi mengkonsumsinya semoga bermanfaat, mohon untuk share kepada sahabat yang lainnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Cara Menyiasati Risiko Bahaya Makan Gorengan "

Sangat berfaedah gan http://www.cryspypasta.tk

terimaksih jika artikelnya sangat bermanfaat.

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

 
Copyright © 2015 BUKA INFO - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top