SETELAH PENCOPOTAN DARI MENTRI PENDIDIKAN ANIES BASWEDAN BERHARAP DUNIA PENDIDIKAN BERI WAKTU DAN DUKUNGAN PADA PAK MUHADJIR EFENDY

Buka Info

Sahabat buka info yang berbahagia kali ini akan share tentang harapan dari anies baswedan agar dunia pendidikan kedepanya semakin maju dan dapat mencerdaskan anak bangsa. Presiden Joko Widodo mencopot Anies Baswedan dari jabatanya dari Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan, Rabu ( 27/7/2016) lalu. Anies Baswedan dicopot bersama tujuh kabinet mentri lainya. Dari pencopotan Anies Baswedan dari Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan ini mengundang reaksi netizen. Dari delapan mentri yangdi copot, pencopotan Anies lah yang sangat di pertanyakan kenapa Anis di Gantikan? Kepada Kompas.com di kediamanya di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2016), saat di tanya Anies tidak banyak komentar soal spekulasi alasan mengapa presiden harus mencopotnya. Namun, dengan tegas Anies menampik jika pencopotan disebut-sebut lantaran kementrianya tidak memiliki prestasi atau kinerja yang baik. Jadi pencopotan ini bukan karena kinerja saja, mungkin adanya kepentingan lain yang harus diakomondasi, ada keperluan lain yang mengharuskan ada orang berbeda di tempat saya dahulu. Saya percaya apa yang dilakukan Presiden untuk memastikan pemerintahan berjalan baik ujarnya Anies Baswedan. Ia menegaskan, kementriannya telah mencapai hasil yang baik, meski diakui memang masih ada kekuranganya. Lalu apa saja prestasi Anies dalam mengembangkan dunia pendidikan tanah air semasa menjadi mentri? Dari KIP hingga Gerakan Antar Sekolah Pertama, distribusi kartu indonesia pintar (KIP). Meski diakui sempat tertahan pendistribusianya, Anies menyebutnya, distribusi KIP tahun 2015 dan 2016 kepada peserta didik terbilang sukses. Pada tahun lalu 2015 target peserta didik yang menerima KIP itu ada 17,9 juta namun berhasil membagikan 19,1 juta anak. Sementara tahun ini target distribusi sama dan sudah didistribusikan 93 persen Ujar Anies. Terlambatnya distribusi KIP sempat terjadi di awal hal itu lantaran kemendikbud mesti menunggu data jumlah peserta didik yang berhak menerima KIP dari badan Pusat Statistik (BPS).
Di awal Presiden memang sempat bertanya, kenapa KIP tidak berjalan, dan Anies menjawabnya menunggu data BPS. Namun begitu setelah data BPS ada. Langsung bergerak, dan bahkan melampaui target di tahun lalu ujarnya Anies. Kedua, terkait masa orientasi siswa (MOS) sebelunya , MOS di setiap sekolah di jadikan ajang perpeloncongan peserta didik. Di sela itu kerap muncul aksi kekerasan pemerintah pun cenderung membiarkan hal itu terjadi. Begitu anies Menjawab sebagai mendikbud ia galak kepada sekolah yang menerapkan MOS Ia menerbitkan surat edaran keseluruh sekolah untuk mengantisipasi peloncoan itu. Tahun ini nol yang meninggal dunia selama hari hari pertama tahun ajaran baru.MOS di hapus kekerasan dihapus jika perpeloncoanya masih adalah satu dua yang melapor tapi sudah tidak terlihat lagi anak sekolah kayak badut, revolusi mental itu jalan ujarnya Anies. Ketiga menciptakan sekolah aman Anies mengatakan bahwa sebelumya kekerasan di sekolah bukan di anggap persoalan pendidikan. Penyelesainya pun terpotong potong dan langsung masuk ranah hukum tanpa mempertimbangkan usia pelaku. Namun semenjak menjadi mendikbud Anies menegaskan bahwa negara harus hadir bahkan sampai keaktifitas peserta didik sehari hari. Keempat, yautu pemebenahan seleksi terbuka pejabat di kemendikbud jika sebelumnya proses penentuan pejabat eselon berlangsung tertutup, Anies mengubahnya menjadi terbuka. Kelima yang baru baru ini yakni menghimbau para orang tua mengantar anaknya sekolah pada tahun ajaran baru. Selain itu ada pula program program lain yang juga dinilai anies memiliki tingkat keberhasilan cukup tinggi antara lain penerapan kurikulum terbaru menyebarkan guru berkualitas hingga reformasi ujian nasional. Program yang masih belum selesai Ada satu program yang menurut Anies masih berjalan dan tidak sempat diselesaikanya yakni perencanaan kurikulum bagi sekolah kejuruan pada intinya adalah anak yang magang itu memiliki kurikulum dan bukan hanya sekedar ada dikantor untuk disuruh suruh tak jelas ujar Anies. Pada perinsipnya Anies Baswedan tidak kecewa terhadap pencopotan dirinya, Anies memuji di gantikan denagan Muhadjir Effendy sosok Muhadjir yang dikenal sosok pendidikan yan handal dan berkarakter ia yakin jike diberikan waktu yang cukup Muhadjir akan melanjutkan program program yang telah di mulainya. Berikanlah waktu yang mendukung dan memberikan opini yang obyektif kepada beliau. Jangan baru datang sudah langsung dinilai pak muhadjir ini punya track record dan bukan orang baru di dunia pendidikan ujar Anies.
Tags