DOWNLOAD LINK MODUL
REFERENSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Sebagai bagian dari upaya
pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai
kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih
fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter
dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang
mendukung pemulihan pembelajaran adalah: 1) Pembelajaran berbasis projek untuk
pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila; 2) Fokus
pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam
bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi; 3) Fleksibilitas bagi guru
untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan
peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Pada tahun pelajaran
2022/2023, baik kemendikbud maupun kemenag akan mulai melakukan Implementasi
Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri. Berkait dengan hal tersebut pihak kemendikbud
telah menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi (Kepmendikbudrsitek) Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan
Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Sedangkan Kementerian Agama
(Kemenag) telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022
Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Implementasi Kurikulum
Merdeka melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dari usia 5
(lima) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta
peserta didik kelas I, kelas IV, kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan
dasar dan pendidikan menengah.
Satuan pendidikan
pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri tahun ajaran
2022/2023 terdiri dari 3 (tiga) kategori pelaksanaan implementasi: 1) mandiri
belajar; 2) mandiri berubah, atau 3) mandiri berbagi.
Berikut
Kumpulan Link Download Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka
Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Capaian Pembelajaran Revisi 2022
Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Panduan Pembelajaran & Asesmen
Panduan & Contoh Kurikulum Operasional PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Modul Ajar PAUD TK, SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK Semua Mapel
Contoh Modul Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
Kepmendikbudristek
Nomor 371/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak
Produk Pelatihan Mandiri
Video Cara Unggah Karya keBukti Karya
Eksplor Karya Guru di Seluruh Indonesia
Panduan Lengkap Platform Merdeka Mengajar
Platform Merdeka Mengajar
Merdeka Belajar EpisodeKelima Belas
oleh Mendikbudristek
Materi Paparan Merdeka Belajar Episode Kelima Belas
Kumpulan Video Tutorial Penggunaan Platform Merdeka Mengajar
Buku Saku Platform Merdeka Mengajar
Video Ad Platform Merdeka Mengajar
Testimoni Guru Tentang Platform
Merdeka Mengajar
Video Cara Aktivasi AkunPembelajaran
Materi Pelatihan Kurikulum Merdeka Untuk Guru
Modul Pelatihan Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru (Guru)
Panduan dan contoh kurikulum operasional sekolah
Panduan Pembelajaran dan Asesmen
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Referensi Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Model Layanan Bimbingan Konseling
Dokumen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAUD/TK SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK
Dokumen Modul Ajar PAUD-TK SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK
All Contents Kurikulum Merdeka
Link unduhan
informasi dan cara penggunaan Platform Merdeka Mengajar
Infografik Mengenal Platform Merdeka Mengajar
Infografik Cara Instal dan Masuk Platform Merdeka Mengajar
Infografik Menggunakan Kelas dan Asesmen Murid
Infografik Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi
Infografik Menggunakan Aksi Nyata
Infografik Pengenalan Bukti Karya Saya
Infografik Cara Menggunakan Bukti Karya Saya
Video Tutorial Panduan Penggunaan Merdeka Mengajar
User Manual Instal dan Masuk PMM
User Manual Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi
Link Video Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka
Topik: Merdeka
Belajar
Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik
Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
Mendidik dan Mengajar
Mendampingi Murid Dengan Utuh dan Menyeluruh
Pendidikan Yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan
Medidik dan melatih Kecerdasan Budi Pekerti
Teori Konvergensi dan Pengaruh Pendidikan
Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Terbaik bagi Murid
Membimbing Murid, memperbaiki bangsa
Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
Topik: Kurikulum
Kurikulum
Mengapa Kurikulum perlu diubah?
Mengapa kurikulum perlu diadaptasi?
Pembelajaran dengan Paradigma Baru
Capaian Pembelajaran dan Kurikulum
Kompetensi, Capaian Pembelajaran
dan Profil Pelajar Pancasila
Struktur Pembelajaran dengan
Paradigma Baru
Topik: Perencanaan
Pembelajaran
Kurikulum Operasional Sekolah
Lingkungan
Belajar yang Nyaman
Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
Panduan Umum
Merumuskan Alur TujuanPembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
Merumuskan ATP
dan TP (IPAS)
Contoh ATP dan
TP IPAS Fase B
Merumuskan ATP
dan TP (PPKn)
Contoh ATP dan
TP PPKn SMP Fase D
Merumuskan ATP
dan TP (Seni Rupa)
Contoh ATP dan
TP Seni Rupa Fase E
Merumuskan
Tujuan Pembelajaran (TP) PAUD
Membuat dan memodifikasi modul ajar
Pemahaman bermakna dan Pertanyaan
Pemantik
Indikator Pencapaian Kompetensi
Merancang
Asesmen pembelajaran PAUD
Contoh Indikator Pencapaian Kompetensi IPAS SD
Merancang
Asesmen pembelajaran SD
Contoh Rubrik
dan Lembaran Aktivitas Asesmen pembelajaran SD
Contoh Indikator Pencapaian Kompetensi PPKn SMP
Merancang
Asesmen pembelajaran SMP
Merancang
Asesmen pembelajaran SMA/SMK
Merumuskan Modul Ajar
Memodifikasi Modul Ajar PAUD
Contoh
modifikasi Modul Ajar PAUD
Membuat Modul Ajar SD
(IPAS)
Memodifikasi
Modul Ajar SD (Matematika)
Contoh Modifikasi Modul Ajar SD (Matematika)
Membuat Modul Ajar SMP (PPKn)
Contoh Modul Ajar SMP (PPKn)
Memodifikasi
Modul Ajar SMP (BahasaIndonesia)
Contoh Modul Ajar SMP (Bahasa Indonesia)
Contoh Modul
Ajar SMA (Sejarah)
Memodifikasi
Modul Ajar SMA (Seni)
Refleksi dalam pembelajaran
Refleksi sebagai bagian dari
pembelajaran di PAUD
Refleksi sebagai
bagian dari pembelajaran di SD
Refleksi sebagai
bagian dari pembelajaran di SMP dan SMA/SMK
Asesmen
Memahami Asesmen
Asesmen sebagai bukti pembelajaran
Contoh pertantayaan refleksi asesmen
Asesmen as, for
dan of learning
Menyiapkan Asesmen
Contoh Rubrik
Penilaian PJOK
Membuat lembar
amatan Bahasa Indonesia (JenjangSMP-SMA/SMK)
Contoh lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SMP-SMA/SMK)
Membuat Rubrik
Penilaian Informatika (Jenjang SMP-SMA/SMK)
Contoh
Rubrik Penilaian Informatika (Jenjang SMP-SMA/SMK)
Membuat lembar
amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SD)
Contoh Lembar
amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SD)
Membuat lembar amatan
(PAUD)
Menggunakan Asesmen
Merencanakan tindak-lanjut
asesmen (semua jenjang)
Merencanakan
tindak-lanjut asesmen PAUD
Merencanakan tindak-lanjut asesmen
Matematika(SD, SMP, SMA/SMK)
Memberikan umpan
balik (semua jenjang)
Pelaporan Hasil
Belajar PAUD
Memberi Umpan
Balik hasil asesmen PAUD
Menganalisis dan
mengolah hasil asesmen PAUD
Mengolah hasil
Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 1 (SD, SMP, SMA/SMK)
Contoh hasil Asesmen
dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 1 (SD, SMP, SMA/SMK
Mengolah hasil
Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 2 (SD, SMP, SMA/SMK)
Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 2 (SD, SMP,
SMA/SMK)
Mengolah hasil
Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 3 (SD, SMP, SMA/SMK)
Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 3 (SD, SMP,
SMA/SMK)
Pelaporan
belajar oleh murid (semuajenjang)
Topik: Profil
Pelajar Pancasila
Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila
Urgensi Profil
Pelajar Pancasila
Dimensi Profil
Pelajar Pancasila
Bagaimana
dimensi Profil Pelajardikembangkan
Dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Dimensi Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
Dimensi
Berkebinekaan Global
Elemen dalam
Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
Alur
Perkembangan Elemen Akhlak Beragama
Alur Perkembangan Elemen Akhlak Pribadi
Elemen Akhlak
Kepada Manusia
Alur Perkembangan Elemen Akhlak kepada Manusia
Teknik 'MATA' untuk Membangun Empati di Kelas
Alur
Perkembangan Elemen kepada Alam
Alur Perkembangan Elemen Akhlak Bernegara
Elemen dalam
Dimensi Berkinekaan Global
Elemen Mengenal
dan Menghargai Budaya
Alur Perkembangan Elemen Mengenal danMenghargai Budaya
Elemen
komunikasi dan interaksi antar budaya
Alur Perkembangan Elemen Komunikasi danInteraksi Antarbudaya
Elemen Refleksi
dan Bertanggung JawabTerhadap Pengalaman Kebinekaan
Alur Perkembangan Elemen Refleksi danBertanggung Jawab terhadap
Pengalaman Kebinekaan
Alur Perkembangan Elemen Berkeadilan Sosial
Elemen dalam
Dimensi Bergotong Royong
Alur Perkembangan Elemen Kolaborasi
Alur Perkembangan Elemen Kepedulian
Alur Perkembangan Elemen berbagi
Elemen dalam
Dimensi Mandiri
Elemen pemahaman
diri dan situasi yangdihadapi
Alur Perkembangan Elemen Pemahaman Diri danSituasi yang Dihadapi
Alur Perkembangan Elemen Regulasi Diri
Elemen dalam
Dimensi Bernalar Kritis
Elemen
memperoleh dan memproses informasi dangagasan
Alur Perkembangan Elemen Memperoleh danMemproses Informasi dan Gagasan
Elemen
menganalisis dan mengevaluasi penalaran
Alur Perkembangan Elemen Menganalisis danMengevaluasi Penalaran
Elemen refleksi pemikiran dan proses
berpikir
Alur
Perkembangan Elemen Refleksi Pemikirandan Proses Berpikir
Elemen dalam
Dimensi Kreatif
Elemen
menghasilkan gagasan yang orisinal
Alur
Perkembangan Elemen Menghasilkan Gagasanyang Orisinal
Elemen
Menghasilkan Karya dan Tindakan yangOrisinal
Alur
Perkembangan Elemen Menghasilkan Karyadan Tindakan yang Orisinal
Elemen Memiliki
Keluwesan Berpikir danMencari Alternatif Solusi Permasalahan
Alur
Perkembangan Elemen Memiliki KeluwesanBerpikir dan Mencari Alternatif Solusi
Permasalahan
Profil Pelajar
Pancasila dalam Pembelajaran
Profil Pelajar Pancasila dalam
pembelajaran (1)
Profil Pelajar Pancasila dalam
pembelajaran (2)
Profil Pelajar
Pancasila dalam pembelajaranprojek penguatan pancasila Solusi Permasalahan
Profil Pelajar
Pancasila dalam pembelajaranekstrakurikuler
Topik: Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Apa itu Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Peran projek
dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila
Prinsip projek
penguatan Profil PelajarPancasila
Tema Projek
Gaya hidup
Berkelanjutan (SD-SMA/K)
Bhineka Tunggal
Ika (SD-SMA/K)
Bangunlah Jiwa
dan Raganya (SMP-SMA/K)
Berekayasa dan
Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD-SMA/SMK)
Peran Tema dalam
Menguatkan Profil Pelajar Pancasila
Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila
Peran setiap
pemangku kepentingan
Identifikasi Tahapan Kesiapan
Pengembangan
tema projek setiap fase/ jenjang
Perencanaan
Projek Sebagai Asesmen
Pelaksanaan Projek SMP-SMA/K
Pelibatan murid
dalam projek SMP - SMA/K
Peran fasilitator dalam projek
Perayaan hasil belajar projek
Merancang Modul Projek
Pemilihan Elemen dan Sub-elemen Profil Pelajar
Pancasila serta penentuan kriteria pencapaian
Merancang rubrik
asesmen projek SD
Contoh rubrik asesmen projek SD
Merancang rubrik
asesmen projek SMP
Merancang rubrik
asesmen projek SMA/SMK
Contoh rubrik
asesmen projek SMA/SMK
Merancang Modul
Projek (P5) SMA/K Bangun Jiwa Raga
Merancang Modul
Projek (P5) SMA/K Berekayasa dan Berteknologi untuk NKRI
Merancang Modul
Projek (P5) SMK Keberkerjaan
Merancang/
Memodifikasi Modul Projek SMP Suara Demokrasi
Merancang/
Memodifikasi Modul Projek SMP Bhinneka Tunggal Ika
Merancang/
Memodifikasi Modul Projek SD (Gaya Hidup Berkelanjutan)
Contoh Modul
Projek SD (Gaya Hidup Berkelanjutan)
Merancang/
Memodifikasi Modul Projek SD (KearifanLokal)
Contoh Modul
Projek SD (Kearifan Lokal)
Merancang/
Memodifikasi Modul Projek SD (Kewirausahaan)
Contoh Modul Projek SD (Kewirausahaan)
Sekian Informasi Tentang
Modul Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka Semoga dapat bermanfaat bagi
bapak ibu sekalian.
Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM