DOWNLOAD LINK MODUL REFERENSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Buka Info
0

 

DOWNLOAD LINK MODUL REFERENSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

DOWNLOAD LINK MODUL REFERENSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah: 1) Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila; 2) Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi; 3) Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Pada tahun pelajaran 2022/2023, baik kemendikbud maupun kemenag akan mulai melakukan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri. Berkait dengan hal tersebut pihak kemendikbud telah menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kepmendikbudrsitek) Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Sedangkan Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.

Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dari usia 5 (lima) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, kelas IV, kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri tahun ajaran 2022/2023 terdiri dari 3 (tiga) kategori pelaksanaan implementasi: 1) mandiri belajar; 2) mandiri berubah, atau 3) mandiri berbagi.

Berikut Kumpulan Link  Download Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka

Merdeka Belajar

Aplikasi Merdeka Mengajar

Tanya jawab Kurikulum Merdeka

Pedoman Penerapan Kurikulum

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Capaian Pembelajaran Revisi 2022

Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Panduan Pembelajaran & Asesmen

Panduan & Contoh Kurikulum Operasional PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK

Modul Ajar PAUD TK, SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK Semua Mapel

Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK

Kepmendikbudristek Nomor 371/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak 

Produk Pelatihan Mandiri

Apa Itu Bukti Karya?

Video Cara Unggah Karya keBukti Karya

Eksplor Karya Guru di Seluruh Indonesia

Panduan Lengkap Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar

Merdeka Belajar EpisodeKelima Belas oleh Mendikbudristek

Materi Paparan Merdeka Belajar Episode Kelima Belas

Kumpulan Video Tutorial Penggunaan Platform Merdeka Mengajar

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar

Video Ad Platform Merdeka Mengajar

Testimoni Guru Tentang Platform Merdeka Mengajar

Video Cara Aktivasi AkunPembelajaran

Tanya Jawab Kurikulum Merdeka

Materi Pelatihan Kurikulum Merdeka Untuk Guru

Modul Pelatihan Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru (Guru)

Modul Pelatihan Kepemimpinan dan Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru (Kepala Sekolah/Pengawas Sekolah)

Panduan dan contoh kurikulum operasional sekolah

Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Referensi Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Model Layanan Bimbingan Konseling

Panduan Pendidikan Khusus

Dokumen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAUD/TK SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK

Dokumen Modul Ajar PAUD-TK SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK

All Contents Kurikulum Merdeka

Link unduhan informasi dan cara penggunaan Platform Merdeka Mengajar

 Infografik Mengenal Platform Merdeka Mengajar

 Infografik Cara Instal dan Masuk Platform Merdeka Mengajar

 Infografik Menggunakan Kelas dan Asesmen Murid

 Infografik Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi

 Infografik Menggunakan Aksi Nyata

 Infografik Pengenalan Bukti Karya Saya

 Infografik Cara Menggunakan Bukti Karya Saya

 Video Tutorial Panduan Penggunaan Merdeka Mengajar

 User Manual Instal dan Masuk PMM

 User Manual Menu Kelas

 User Manual Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi

 User Manual Bukti Karya Saya

 User Manual Asesmen Murid

 User Manual Perangkat Ajar

Link Video Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka

Topik: Merdeka Belajar

Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik  

Apa Peran Saya Sebagai Guru 

Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya  

Mendidik dan Mengajar

Mendidik Menyeluruh  

Pendidikan Selama Satu Abad  

Menjadi Manusia (secara) Utuh  

Mendampingi Murid Dengan Utuh dan Menyeluruh

Kodrat keadaan  

Kodrat Alam  

Kodrat Zaman  

Asas Trikon  

Pendidikan Yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan

Selamat dan Bahagia 

Sistem Among 

Merdeka Belajar Abad 21 

Medidik dan melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Budi Pekerti

Teori Konvergensi dan Pengaruh Pendidikan

Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Terbaik bagi Murid

Membimbing Murid, memperbaiki bangsa  

Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat   

Topik: Kurikulum

Kurikulum

Apa ituKurikulum?  

Mengapa Kurikulum perlu diubah?  

Mengapa kurikulum perlu diadaptasi? 

Kurikulum dalam Pembelajaran 

Pembelajaran  dengan Paradigma Baru

Prinsip umum pembelajaran 

Capaian Pembelajaran  

Capaian Pembelajaran dan Kurikulum 

Kompetensi, Capaian  Pembelajaran  dan Profil Pelajar Pancasila

Struktur Pembelajaran dengan Paradigma Baru  

Topik: Perencanaan Pembelajaran

Kurikulum Operasional Sekolah

         Visi dan misi sekolah 

         Lingkungan Belajar yang Nyaman 

Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)

         Panduan Umum Merumuskan Alur TujuanPembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)

         Merumuskan ATP dan TP (IPAS)

         Contoh ATP dan TP IPAS Fase B

         Merumuskan ATP dan TP (PPKn)

         Contoh ATP dan TP PPKn SMP Fase D

         Merumuskan ATP dan TP (Seni Rupa)

         Contoh ATP dan TP Seni Rupa Fase E

         Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) PAUD 

         Contoh TP PAUD 

Membuat dan memodifikasi modul  ajar

         Pemahaman bermakna dan Pertanyaan Pemantik 

         Indikator Pencapaian Kompetensi 

         Merancang Asesmen pembelajaran PAUD  

         Contoh Indikator Pencapaian Kompetensi IPAS SD 

         Merancang Asesmen pembelajaran SD   

         Contoh Rubrik dan Lembaran Aktivitas Asesmen pembelajaran SD  

         Contoh Indikator Pencapaian Kompetensi PPKn SMP  

         Merancang Asesmen pembelajaran SMP  

         Merancang Asesmen pembelajaran SMA/SMK 

Merumuskan Modul Ajar  

         Media Pembelajaran

         Modul Ajar  

         Membuat Modul Ajar PAUD 

         Contoh Modul Ajar PAUD 

         Memodifikasi Modul Ajar PAUD 

         Contoh modifikasi Modul Ajar PAUD 

         Membuat Modul Ajar SD (IPAS)  

         Contoh Modul Ajar SD (IPAS)  

         Memodifikasi Modul Ajar SD (Matematika)  

         Contoh Modifikasi Modul Ajar SD (Matematika)  

         Membuat Modul Ajar SMP (PPKn) 

         Contoh Modul Ajar SMP (PPKn) 

         Memodifikasi Modul Ajar SMP (BahasaIndonesia) 

         Contoh Modul Ajar SMP (Bahasa Indonesia) 

         Modul Ajar SMA (Sejarah) 

         Contoh Modul Ajar SMA (Sejarah) 

         Memodifikasi Modul Ajar SMA (Seni) 

Refleksi dalam pembelajaran

         Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di PAUD 

         Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di SD  

         Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di SMP dan SMA/SMK

Asesmen

Memahami Asesmen

         Asesmen sebagai bukti pembelajaran 

         Contoh pertantayaan refleksi asesmen 

         Asesmen as, for dan of learning 

         Metode Asesmen 

         Format Asesmen  

         Kurikulum dan Asesmen  

Menyiapkan Asesmen

         Asesmen Diagnostik  

         Asesmen Diagnostik PJOK   

         Contoh Rubrik Penilaian PJOK    

         Membuat lembar amatan Bahasa Indonesia (JenjangSMP-SMA/SMK) 

         Contoh lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SMP-SMA/SMK) 

         Membuat Rubrik  Penilaian  Informatika   (Jenjang SMP-SMA/SMK) 

         Contoh  Rubrik  Penilaian  Informatika  (Jenjang SMP-SMA/SMK) 

         Membuat lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SD) 

         Contoh Lembar amatan Bahasa Indonesia (Jenjang SD) 

         Asesmen Harian (PAUD)  

         Membuat lembar amatan (PAUD)

Menggunakan Asesmen

         Merencanakan tindak-lanjut  asesmen  (semua jenjang) 

         Merencanakan tindak-lanjut asesmen PAUD 

         Merencanakan tindak-lanjut asesmen Matematika(SD, SMP, SMA/SMK)

         Memberikan umpan balik (semua jenjang)

         Laporan Hasil Belajar PAUD  

         Pelaporan Hasil Belajar PAUD  

         Memberi Umpan Balik hasil asesmen PAUD  

         Menganalisis dan mengolah hasil asesmen PAUD  

         Mengolah hasil Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 1 (SD, SMP, SMA/SMK) 

         Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 1 (SD, SMP, SMA/SMK

         Mengolah hasil Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 2 (SD, SMP, SMA/SMK) 

         Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 2 (SD, SMP, SMA/SMK) 

         Mengolah hasil Asesmen dan Laporan Hasil BelajarAlternatif 3 (SD, SMP, SMA/SMK) 

         Contoh hasil Asesmen dan Laporan Hasil Belajar Alternatif 3 (SD, SMP, SMA/SMK) 

         Pelaporan belajar oleh murid (semuajenjang) 

Topik: Profil Pelajar Pancasila

Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila

         Urgensi Profil Pelajar Pancasila 

         Dimensi Profil Pelajar Pancasila 

         Bagaimana dimensi Profil Pelajardikembangkan  

Dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

         Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Muli

         Dimensi Berkebinekaan Global 

         Dimensi Bergotong Royong  

         Dimensi Mandiri   

         Dimensi Bernalar Kritis  

         Dimensi Kreatif  

Elemen dalam Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

         Elemen Akhlak Beragama

         Alur Perkembangan Elemen Akhlak Beragama

         Elemen Akhlak Pribadi

         Alur Perkembangan Elemen Akhlak Pribadi

         Elemen Akhlak Kepada Manusia

         Alur Perkembangan Elemen Akhlak kepada Manusia

         Teknik 'MATA' untuk Membangun Empati di Kelas

         Elemen akhlak kepada alam

         Alur Perkembangan Elemen kepada Alam

         Elemen Akhlak Bernegara

         Alur Perkembangan Elemen Akhlak Bernegara

Elemen dalam Dimensi Berkinekaan Global

         Elemen Mengenal dan Menghargai Budaya

         Alur Perkembangan Elemen Mengenal danMenghargai Budaya

         Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya

         Alur Perkembangan Elemen Komunikasi danInteraksi Antarbudaya

         Elemen Refleksi dan Bertanggung JawabTerhadap Pengalaman Kebinekaan

         Alur Perkembangan Elemen Refleksi danBertanggung Jawab terhadap Pengalaman Kebinekaan

         Elemen berkeadilan sosial

         Alur Perkembangan Elemen Berkeadilan Sosial 

Elemen dalam Dimensi Bergotong Royong

         Elemen Kolaborasi

         Alur Perkembangan Elemen Kolaborasi

         Elemen kepedulian

         Alur Perkembangan Elemen Kepedulian

         Elemen berbagi

         Alur Perkembangan Elemen berbagi

Elemen dalam Dimensi Mandiri

         Elemen pemahaman diri dan situasi yangdihadapi

         Alur Perkembangan Elemen Pemahaman Diri danSituasi yang Dihadapi

         Elemen regulasi diri

         Alur Perkembangan Elemen Regulasi Diri

Elemen dalam Dimensi Bernalar Kritis

         Elemen memperoleh dan memproses informasi dangagasan

         Alur Perkembangan Elemen Memperoleh danMemproses Informasi dan Gagasan

         Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran

         Alur Perkembangan Elemen Menganalisis danMengevaluasi Penalaran

         Elemen refleksi pemikiran dan proses berpikir

         Alur Perkembangan Elemen Refleksi Pemikirandan Proses Berpikir

Elemen dalam Dimensi Kreatif

         Elemen menghasilkan gagasan yang orisinal

         Alur Perkembangan Elemen Menghasilkan Gagasanyang Orisinal

         Elemen Menghasilkan Karya dan Tindakan yangOrisinal

         Alur Perkembangan Elemen Menghasilkan Karyadan Tindakan yang Orisinal

         Elemen Memiliki Keluwesan Berpikir danMencari Alternatif Solusi Permasalahan

         Alur Perkembangan Elemen Memiliki KeluwesanBerpikir dan Mencari Alternatif Solusi Permasalahan

Profil Pelajar Pancasila  dalam Pembelajaran

         Profil Pelajar Pancasila  dalam pembelajaran (1)

         Profil Pelajar Pancasila  dalam pembelajaran (2)

         Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaranprojek penguatan pancasila Solusi Permasalahan

         Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaranekstrakurikuler

Topik: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

         Apa itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  

         Peran projek dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila 

         Prinsip projek penguatan Profil PelajarPancasila  

Tema Projek 

         Tema projek  

         Gaya hidup Berkelanjutan (SD-SMA/K)  

         Kearifan lokal (SD-SMA/K)  

         Bhineka Tunggal Ika (SD-SMA/K)  

         Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP-SMA/K)  

         Suara Demokrasi (SMP-SMA/K)  

         Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD-SMA/SMK) 

         Kewirausahaan (SD-SMA/SMK)  

         Peran Tema dalam Menguatkan Profil Pelajar Pancasila 

Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila 

         Peran setiap pemangku kepentingan  

         Identifikasi Tahapan Kesiapan  

         Pengembangan tema projek setiap fase/ jenjang  

         Perencanaan Projek Sebagai Asesmen  

Pelaksanaan Projek SMP-SMA/K

         Pelibatan murid dalam projek SMP - SMA/K

         Pelibatan Mitra

         Peran fasilitator dalam projek

         Perayaan hasil belajar projek

Merancang Modul  Projek 

         Pemilihan Elemen dan Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila serta penentuan kriteria pencapaian 

         Merancang rubrik asesmen projek SD 

         Contoh rubrik asesmen projek SD 

         Merancang rubrik asesmen projek SMP  

         Merancang rubrik asesmen projek SMA/SMK

         Contoh rubrik asesmen projek SMA/SMK  

         Merancang Modul Projek (P5) SMA/K Bangun Jiwa Raga

         Merancang Modul Projek (P5) SMA/K Berekayasa dan Berteknologi untuk NKRI

         Merancang Modul Projek (P5) SMK  Keberkerjaan

         Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SMP Suara Demokrasi

         Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SMP Bhinneka Tunggal Ika

         Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Gaya Hidup Berkelanjutan) 

         Contoh Modul Projek SD (Gaya Hidup Berkelanjutan) 

         Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (KearifanLokal) 

         Contoh Modul Projek SD (Kearifan Lokal) 

         Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Kewirausahaan)

         Contoh Modul Projek SD (Kewirausahaan)

Sekian Informasi Tentang Modul Referensi Implementasi Kurikulum Merdeka Semoga dapat bermanfaat bagi bapak ibu sekalian.

 

 

Post a Comment

0Comments

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Post a Comment (0)