-->

Cara Verval PIP Madrasah Terbaru 2022

 

Cara Verval PIP Madrasah Terbaru 2022

Cara Verval PIP Madrasah Terbaru 2022

Proses penyaluran bantuan program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2022 kini sampai pada tahap verifikasi dan validasi peserta didik penerima bantuan ini melalui laman Verval PIP Madrasah Tahun 2022 yang beralamat di https://emadrasah.kemenag.go.id/verval.

Laman verval PIP Madrasah ini di gunakan sebagai upaya untuk meningkatkan ketapatan sasaran bantuan program Indonesia pintar bagi peserta didik di madrasah sebelum di tetapkan sebagai penerima.

Sebelumnya, melalui SK Dirjen Pendis Kemenag Nomor 873 Tahun 2022 telah ditetapkan petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) pada Madrasah di bawah naungan Kementerian Agama Tahun 2022.

Terdapat 4 (empat) fitur utama di dalam aplikasi Verval PIP Madrasah 2022 antara lain:



§  Nominasi Siswa; fitur ini berisikan peserta didik yang telah melakukan aktivasi rekening PIP Madrasah dan masih aktif di madrasah pada semester genap Tahun 2022.

§  Validasi Siswa; fitur ini berisikan peserta didik yang tidak melakukan aktivasi rekening tetapi saat ini masih aktif di madrasah semester genap Tahun 2022.

§   Residu Siswa; dala fitur ini berisikan peserta didik yang tidak sesuai dengan data pada Emis 4.0 karena terdapat kesalahan pada penulisan nama, tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

§   Konfirmasi Data; fitur ini dugunakan apabila semua proses validasi dan verifikasi data penerima PIP telah selesai dilakukan dan madrasah menetapkan peserta didik tersebut sebagai calon penerima Program Indonesia Pintar Tahap I Tahun 2022.


Cara melakukan Verval PIP Madrasah Kemenag Tahun 2022 ini terdapat 5 langkah yang harus di lakukan oleh operator madrasah untuk melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik di madrasahnya sebelum di ajukan dan nantinya di tetapkan sebagai penerima manfaat PIP Madrasah 2022.

Adapun 5 (lima) langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1.   Login Akun verval PIP Madrasah di https://emadrasah.kemenag.go.id/verval atau melalui https://pipmadrasah.kemenag.go.id.

2.   Membuka Halaman Nominasi dan melakukan cek data peserta didik.

3.   Membuka Halaman Validasi Siswa dan melakukan validasi data peserta didik calon penerima PIP Madrasah 2022.

4.   Membuka halaman Residu dan memperbaiki data peserta didik yang tidak sama (singkron) dengan Emis Madrasah 4.0.

5.   Konfirmasi Data peserta didik yang telah selesai di verifikasi dan validasi dan telah sesuai dengan Emis Madrasah.

Penggunaan Aplikasi Verval PIP Madrasah Tahun 2022 jugadi sediakan dalam format PDF yang dapat dibaca dan di pelajari oleh madrasah sebelum melakukan proses verifikasi dan validasi data peserta didik di website verval program Indonesia pintar pada madrasah.

Silahkan unduh Panduan Penggunaan Aplikasi Verval PIP Madrasah Tahun 2022 disini:

Sekian Informasi tentang Cara Verval PIP Madrasah Terbaru 2022 Semoga dapat bermanfaat bagi bapak ibu sekalian

 

 

 

0 Response to " Cara Verval PIP Madrasah Terbaru 2022"

Post a Comment

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel