-->

Panduan Kerja Kepala Madrasah RA, MI, MTs, MA/MAK Pada Masa Covid – 19



Buka Info-Berita dan Informasi. Pandemi covid-19 masih betah mengusik dunia. Berbagai upaya terus dilakukan agar segera dapat mengakhiri masa pandemi, juga agar pandemi tidak mencekik seluruh sektor kehidupan termasuk pendidikan.

Di tengah pandemi yang terus melaju, dunia pendidikan tetap harus terus mendapatkan perhatian agar tidak terdampak buruk. Tentu kita tidak menginginkan pandemi corona mengancam dunia pendidikan.

Dampak yang terjadi dunia pendidikan, khususnya pelaksanaan tugas pengawas yang dilakukan kepala madrasah mengalami perubahan mendasar dalam memberikan layanan pembelajaran kepada peserta didiknya. Pembelajaran yang selama ini dilakukan dengan tatap muka, dalam waktu singkat telah berubah pada umumnya menjadi Teaching From Home ( TFH).

Dalam kontek ini, maka kepala madrasah dalam menjalankan tugas dan fungsinya, mendasar amanah supervisi kepada para guru dan tenaga kependidikan pada peraturan menteri agama nomor 58 tahun 2017, yaitu menciptakan  budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik, suka atau tidak suka mesti mengadaptasi perubahan tersebut. Prinsipnya merencanakan program supervisi akademik untuk meningkatkan profesional guru:

1.   Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru

2.   Dengan mengunakan pendekatan dan supervisi yang tepat

3.   Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru untuk peningkatan profesional guru tetap jalan pada masa pandemi.

Kepala madrasah sebagai manager di madrasah memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah dalam menata dan memprogram segala bentuk kegiatan pada masa normal apalagi pada situasi pandemi ini, jika tidak dibarengi dengan keikhlasan dan kejernihan dalam merancang dan mengimplementasikan kegiatan yang menjadi tupoksinya.

Kepala madrasah merupakan bagian yang tidak luput dari penyebab terjadinya musibah dan bencana, sehingga peran kepala madrasah dalam ikut bertahan dan memberikan pelayanan pembelajaran kepada peserta didik mutlak diperlukan, dan dibutuhkan perencanaan sampai outcome yang baik, sehingga tidak terjadi lost lerning bagi peserta didik pada masa pandemi ini.

Manajemen yang harus dilakukan kepada madrasah pada masa pandemi ini, tidaklah berat jika dapat melibatkan semua elemen yang ada di madrasah apalagi dapat menganjak stakeholder yang lain untuk bersama sama berfikir tentang pembelajaran pada masa pandemi, sehingga peran dan fungsi kepala madrasah akan sanagat dibutuhkan dalam rangka menjamin keberlangsungan pembelajaran dengan baik, sesuai dengan takaran pada masa pandemi.

Dengan demikian, perlu ada pedoman pelaksanaan tugas kepala madrasah yang dapat membantu kepala madrasah dalam menjalankan tugas dan fungsinya di madrasah yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pedoman ini memberikan arah yang jelas bagi kepala madrasah RA, MI, MTs, dan MA/MAK dapat memastikan keberlangsungan pembelajaran (learning continuty) baik melalui media dalam jaringan, luar jaringan maupun blended Learning  dan memastikan tidak terjadi lost learning. Kepala madrasah harus mendampingi guru, dan tenaga kependidikan agar memberikan pelayanan kepada peseta didik dengan segala keterbatasannya, tidak dapat dilakukan secara normal sebagaimana mestinya, dengan demikian peran kepala madrasah di masa pandemi ini menjadi sangat setrategis dalam menawal keberlangsungan pembelajaran, mengelola, mendampingi dan mengevaluasinya.

Pedoman kerja kepala madrasah pada masa pandemi ini memuat penjelasan tentang latar belakang,dasar hukum, tujuan, sasaran, peran dan tugas,  pengelolaan manajerial, pengelolaan pembelajaran yang efektif, konsep pembelajaran, supervisi guru dan tenaga kependidikan madrasah, langkah langkah supervisi pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi supervisi kepala madrasah pada masa pandemi covid-19, serta E-Tanggap covid-19 (ETC-19) untuk madrasah.

Berikut Unduh Panduan Kerja Kepala Madrasah RA, Mi, MTs, MA/MAK Pada Masa Covid – 19 Disini

Semoga dengan adannya pedoman ini benar-benar dapat dijadikan starting point  bagi para kepala madrasah dalam menunjang kinerjanya di masa pandemi covid-19 ini

0 Response to "Panduan Kerja Kepala Madrasah RA, MI, MTs, MA/MAK Pada Masa Covid – 19"

Post a Comment

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel