-->

Pemenuhan Persyaratan Penyaluran Dana BOS tahap 3 Tahun 2020



Buka Info-Berita dan Informasi. Kemendikbud memberikan Surat Pemberitahuan terkait permasalahan yang menjadi salah satu penyebab BOS Reguler tahap III belum dicairkan di beberapa sekolah. Dalam Surat tersebut yang diterbitkan oleh Dirjen Pauddikdasmen Nomor : 11548/C/BP/2020 6 November 2020 tentang Pemberitahuan Pemenuhan Persyaratan Penyaluran Dana BOS Tahap 3 Tahun 2020 diharapkan sekolah segera melengkapi persyaratan pencairan dana BOS bagi yang belum lengkap sehingga dapat segera dibuatkan SK penyaluran dana BOS Reguler Tahap III Gelombang 3 Tahun 2020.

Salinan Dirjen Pauddikdasmen Nomor : 11548/C/BP/2020, menyatakan bahwa Dalam rangka persiapan penyaluran dana BOS Reguler Tahap III Gelombang 3 Tahun 2020 dengan mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 9/PMK.07/2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 48/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik dan Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1.   Penyaluran dana BOS dilaksanakan dengan cara pemindahbukuan dari rekening kas umum negara (RKUN) langsung ke rekening sekolah.

2.   Sekolah penerima dana BOS Reguler dilakukan berdasarkan pada Dapodik per tanggal 31 Agustus 2020 yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri.

3.   Terdapat 6.527 sekolah yang sudah melakukan sinkronisasi Dapodik, tetapi belum ditetapkan sebagai penerima dana BOS Reguler Tahap 3 Tahun 2020 karena belum memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a.    Melengkapi izin operasional bagi sekolah yang diselenggakan oleh masyarakat;

b.   Menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana BOS pada tahap 1 tahun 2020; dan

c.    Memperbaiki/memberikan informasi data rekening atas nama sekolah.

4.   Berdasarkan butir 3 (tiga), maka:

Sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat yang belum melengkapi data izin operasional, agar melakukan pemutakhiran data melalui laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

Sekolah yang belum menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana BOS Tahap I, agar melakukan penginputan laporan tersebut pada aplikasi RKAS atau laman https://bos.kemdikbud.go.id

Sekolah melakukan perbaikan atau penginputan informasi data rekening atas nama sekolah pada laman https://bos.kemdikbud.go.id.

Proses pelaksanaan sebagaimana huruf 4a, huruf 4b, dan huruf 4c harus diselesaikan oleh Sekolah selambat-lambatnya tanggal 13 November 2020.

Sekolah yang tidak melaksanakan pemenuhan persyaratan sebagaimana butir 3 (tiga) sesuai ketentuan sebagaimana butir 4 (empat) huruf d, tidak menerima dana BOS tahap 3 tahun 2020.

5.   Data rincian sekolah sebagaimana butir 3 (tiga) dapat diunduh pada laman https://bos.kemdikbud.go.id.

6.   Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota melakukan pendampingan kepada Sekolah dalam pelaksanaan pemenuhan persyaratan penyaluran dana BOS.

7.   Sekolah yang tidak menerima penyaluran dana BOS menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah sesuai yang tertuang pada Pasal 16 Permendikbud No 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.

Berikut bapak ibu dapat mengunduh data Rekapitulasi sekolah belum salur tahap 3 Unduh Disini

Sekian informasi tentang Pemberitahuan Pemenuhan Persyaratan Penyaluran Dana BOS Tahap 3 Tahun 2020 semoga dapat bermanfaat dan para sekolah yg belum cair dana bos tahap III untuk dapat melengkapi berkas yang di butuhkan.

 

0 Response to " Pemenuhan Persyaratan Penyaluran Dana BOS tahap 3 Tahun 2020"

Post a Comment

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel