Buka Info-Administrasi Guru.Kurikulum 2013
dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan,
keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan
memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik
terpadu.
Untuk mendukung
ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas
yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan. Buku
tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa
mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif,
menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan
kepada nilai-nilai luhur. Peran guru
sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan
ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya
pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi
dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.
Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.
Download Buku Guru K13 Kelas 4 Tematik SD/MI Revisi 2017 |
Buku ini bersifat
terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang.
Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritikan, dan
masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.
Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak dalam
penyempurnaan buku ini.
Tentang
Buku Guru
Buku ini disusun agar
guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.
1.
Jaringan tema yang memberi gambaran
kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD)
dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
2.
Kegiatan pembelajaran tematik terpadu
untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
3.
Pengalaman belajar yang bermakna untuk
membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir
saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri,
kreativitas, dan pribadi reflektif.
4.
Berbagai teknik penilaian peserta
didik.
5.
Informasi yang menjadi acuan kegiatan
remedial dan pengayaan.
6.
Kegiatan interaksi guru dan orang tua
yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif
melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
7.
Petunjuk penggunaan buku peserta
didik.
Kegiatan pembelajaran
di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan
keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.
1.
Membuka pelajaran yang menarik
perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi,
permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
2.
Menginformasikan tujuan pembelajaran
sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa
yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
3.
Memantik pengetahuan peserta didik
yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan
terdahulu dan yang akan dipelajari.
4.
Pemberian tugas yang bertahap guna
membantu peserta didik memahami konsep.
5.
Penugasan yang membutuhkan
keterampilan tingkat tinggi.
6.
Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan
atau konsep yang telah dipelajari.
7.
Pemberian umpan balik yang akan
menguatkan pemahaman peserta didik.
Ketika pembelajaran
Matematika dan PJOK dalam buku tematik terpadu kelas IV SD terkait dengan mata
pelajaran lainnya (tanda biru) maka guru tetap menggunakan buku ini. Namun,
ketika Matematika dan PJOK tidak terkait dengan mata pelajaran lainnya (tanda
merah) guru menggunakan buku Matematika dan PJOK yang telah ditetapkan
kelayakan penggunaannya di sekolah berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan.
Bagaimana
Menggunakan Buku Guru
Buku Panduan Guru
memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku peserta didik dan
sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini,
disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
1.
Bacalah halaman demi halaman dengan
teliti.
2.
Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan
Indikator yang dikaitkan dengan tema.
3.
Upayakan untuk mencakup Kompetensi
Inti KI-1 dan KI-2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan
penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
4.
Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti
KI-I dan KI-2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
5.
Cocokkanlah setiap langkah kegiatan
yang berhubungan dengan buku peserta didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
6.
Kembangkan ide-ide kreatif dalam
memilih metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi
yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, peserta didik tidak
bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
7.
Beragam strategi pembelajaran yang
akan dikembangkan (misalnya peserta didik bermain peran, mengamati, bertanya,
bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan peserta didik secara
langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
8.
Guru diharapkan mengembangkan:
a.
metode pembelajaran aktif, inovatif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM),
b.
keterampilan bertanya yang berorientasi
pada kemampuan berpikir tingkat tinggi,
c.
keterampilan membuka dan menutup
pembelajaran, dan
d.
keterampilan mengelola kelas dan
pajangan kelas.
9.
Gunakanlah media atau sumber belajar
alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
10. Pada
semester I terdapat 5 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing
subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan
selesai dalam 1 hari.
11. Tiga
subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
12. Aktivitas
minggu ke-4 adalah kegiatan Aku Cinta Membaca. Tujuan kegiatan ini adalah untuk
meningkatkan keterampilan membaca siswa dan menanamkan rasa cinta membaca.
13. Perkiraan
alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi
waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan
sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan
tematik-terpadu.
14. Buku
peserta didik dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan
pencapaian kompetensi.
15. Hasil
karya peserta didik dan bukti penilaiannya dapat dimasukkan ke dalam portofolio
peserta didik.
16. Sebagai
upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai.
Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik,
kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih
lanjut.
17. Libatkan
semua peserta didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap peserta didik cerdas
dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan
majemuk, gaya belajar peserta didik serta beragam faktor penyebab efektivitas
dan kesulitan belajar peserta didik, sangat dibutuhkan.
18. Demi
pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh
hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Secara khusus, di
setiap awal sub tema Buku Peserta didik terdapat lembar untuk orang tua yang
berjudul ‘Kerjasama dengan Orang tua’. Halaman ini berisi materi yang akan
dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orangtua di rumah,
serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua
diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar anak. Saran-saran
untuk kegiatan bersama antara peserta didik dan orang tua dicantumkan juga pada
akhir setiap pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang
tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan
peserta didik di rumah.
Link Download Buku
Guru K13 Kelas 4 Semester 1 dan Semster 2 Tematik SD/MI Revisi 2017 di Tautan
Berikut Ini:
Sekian Informasi
Tentang Download Buku Guru K13 Kelas 4 Tematik SD/MI Revisi 2017 Semoga dapat
bermanfaat bagi bapak ibu guru sekalian.
Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM