Buka
Info_Berita dan Informasi. Sahabat Yang berbahagia buka info ingin share
Mengenai Kunci Jawaban Program Belajar dari rumah Minggu Keempat Tanggal 4-8
Mei 2020 Mari Kita simak Bersama sama:
Penyelesaian Pertanyaan
Untuk SD Kelas 1-3 Tanggal 4 Mei 2020 :
1.
Tuliskan 3 hal baik yang ditunjukkan oleh teman-teman Wayan dalam membantu
persiapan lomba!
2.
Bagaimana pendapatmu tentang usaha Wayan dalam berlatih?
3.
Teman-teman Wayan tetap menganggap Wayan juara sejati. Setujukah kamu? Jelaskan
alasanmu ya!
Referensi Jawaban Untuk
SD Kelas 1-3 Tanggal 4 Mei 2020 :
1.
Tiga (3) hal baik yang ditunjukkan oleh teman-teman Wayan adalah : Teman-teman
Wayan selalu memberi semangat kepada wayan supaya tetap ikut lomba meskipun
kakinya mengalami cedera. Candra menemani Wayan memeriksakan kakinya yang
cedera ke puskesmas untuk memastikan Wayan bisa ikut lomba atau tidak. Menemani
Wayan berlatih dan memberi semangat agar menang lomba
2.
Semangat Wayan sangat tinggi untuk berlatih dan memenangkan lomba bersama
teman-temannya. Dia menunjukkan cara berlatih secara efisien sesering mungkin.
3.
Sangat setuju karena juara sejati itu tidak selalu menjadi pemenang, berikut
penjelasannya.
Menurut
Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI), kata juara juga diartikan sebagai orang
yang gagah berani. Jadi, untuk menjadi juara, tidak selalu kita harus dapat
memenangkan suatu pertandingan. Dengan kata lain, ia berhak mendapatkan julukan
sebagai sang juara meskipun ia tidak mendapatkan medali ataupun piala. Juara
seperti ini, dinamakan juara sejati.
Mari Kita Lanjut Ke soal
dan jawaban TVRI 5 Mei 2020 SD kelas 1 – 3 selengkapnya.
Penyelesaian Pertanyaan
Untuk SD Kelas 1-3 Tanggal 5 Mei 2020 :
1.
Buktikan bahwa berat 2 piring yang sama bahannya, namun berbeda ukuran, akan
berbeda beratnya!
2.
Ukurlah berat 3 alat dapur di rumahmu, lalu urutkan dari yang paling berat!
Caranya, siapkan gantungan baju dan kantong plastik di masing-masing ujungnya. Masukkan
1 alat dapur ke salah satu kantong plastik dan benda lain, sebagai alat ukur,
ke kantong plastik lainnya. Lakukan bergantian untuk ketiga alat dapur yang
kamu pilih sehingga kamu bisa mengurutkan beratnya.
3.
Berat sebuah mangga sama dengan berat dua buah apel yang sama besar. Jika berat
mangga 30 ons, berapa ons berat sebuah apel?
Referensi Jawaban
Untuk SD Kelas 1-3 Tanggal 5 Mei 2020 :
1.
Meskipun 2 piring dengan bahan sama, tapi bila ukurannya berbeda, pasti
beratnya juga berbeda. Hal itu dikarenakan, berat benda tak hanya dipengaruhi
oleh bahannya saja, namun ada beberapa faktor salah satunya adalah ukuran atau
dimensi benda.
2.
Saya telah mengukur berat 3 benda di rumah saya yaitu, handphone, jam dinding,
piring plastik. Ternyata urutan berat benda tersebut mulai dari yang paling
berat sampai yang paling ringan adalah Jam Dinding > Handphone > Piring
Plastik
3.
Diketahui :
Berat
mangga = 30 ons = 2 buah apel
Ditanya
:
Berat
1 buah apel?
Jawab
:
30
: 2 = 15
Jadi
berat sebuah apel adalah 15 ons
Mari Kita Lanjut Ke Soal
dan Jawaban TVRI 6 Mei 2020 SD Kelas 1 – 3
Penyelesaian Pertanyaan
Untuk SD Kelas 1-3 Tanggal 6 Mei 2020 :
1.
Tuliskan dua hal yang kamu ketahui tentang Ambon dari cerita tersebut!
2.
a. Alat transportasi apa yang dapat digunakan untuk bisa sampai ke Ambon?
b. Hal-hal baik apa yang dilakukan Wayan dan
teman-teman terhadap Martha?
3.
Nisa dan Martha memiliki makanan favorit sesuai daerah masing-masing. Apa
makanan favorit keluargamu? Tuliskan bagaimana cara membuatnya! Mintalah
bantuan orang tua di rumah. Uang selalu datang melimpah, jika benda ini ada
dirumah! Ingin hidup 120 tahun? Bersihkan pembuluh darah! Ini caranya
Referensi Jawaban : SD
Kelas 1-3 Tanggal 6 Mei 2020
1.
Dari tayangan Sahabat Pelangi tadi, dua hal yang saya ketahui tentang Ambon
adalah :
Harga
tiket Pesawat dari Bali ke Ambon sebesar 1.300.000. Kota Ambon lebih jauh Dari
Bali.
2.
a. Ada 2 alat transportasi untuk bisa ke Ambon yaitu : transportasi Udara,
menggunakan Pesawat terbang lebih cepat tapi biayanya mahal. Alat transportasi
Air, menggunakan Kapal Laut lebih Murah biayanya tapi perjalanan lebih lama
b.
Memberikan bantuan berupa uang ke martha biaya pergi ke Ambon merupakan bentuk
peduli mereka terhadap martha walaupun sederhana
3.
Menu favorit keluarga saya adalah nasi goreng ala Papa, begini cara buatnya :
Bahan-bahan
:
1
piring nasi
1,5
centong Nasi
Gubis
yg sudah diiris
1
butir telur
2
buah sosis ayam
2
siung bawang putih
3
siung bawang merah
4
buah cabe rawit
2
sdt garam
Seiris
terasi atau sesuai selera
2
sendok kecap manis
1
sendok saus pedas
Topping
:
Udang
Ayam
Bawang
goreng
Tomat
Cara
pembuatan :
1
Siapkan semua bahan. Uleg bawang putih, bawang merah, garam, dan terasi. Untuk
cabe sebaiknya diiris saja biar lebih nikmat. Tumis bumbu halus hingga wangi.
Selanjutnya masukkan irisan cabai
2
Masukkan telur, sosis. Lalu kubis. Setelah kubis setengah matang, masukkan
nasi. Selanjutnya tambahkan kecap, dan saos. Koreksi rasa.
3
Buat topping. Goreng udang dan ayam. Sajikan diatas nasi goreng. Jangan lupa
tambahkan bawang goreng. Dan siap dinikmati. Yummy
Mari Kita Lanjut Soal
dan Jawaban TVRI 8 Mei 2020 SD Kelas 1 – 3
Penyelesaian Pertanyaan
:
1.
Apa yang dilakukan Wayan, Chandra, dan Nisa ketika menerima informasi yang
belum jelas kebenarannya tentang Martha?
2.
Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Chandra
kepada Teteh Dewi? Tuliskan pengalamanmu!
3.
Bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya?
Referensi Jawaban :
1.
Ketika Wayan, Chandra dan Nisa mendengar kalau martha tidak naik kelas, mereka
tidak langsung percaya, tapi mencari tahu kebenarannya. Mereka berencana ke
rumah teteh Dewi untuk memastikan berita tersebut. Selanjutnya Mereka juga
langsung menanyakan kebenaran berita tersebut ke Martha.
2.
Pada soal no. 2 inis, adik-adik bisa menceritakan pengalaman adik-adik
sehari-hari, misal membantu teman yang sedang kesusahan atau membantu tetangga.
3.
Pendapat saya tentang berita yang belum jelas kebenarannya adalah : Tidak boleh
langsung mudah percaya. Mencari sumber berita tersebut, apakah sumber berita
benar Jangan menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya, apalagi terkait
dengan masalah pribadi yang dapat merugikan orang lain.
Soal dan Jawaban TVRI
4 Mei 2020 SD Kelas 4 – 6
Penyelesaian Pertanyaan
:
1.
Seekor cacing berada 20 cm di bawah permukaan tanah. Puncak sebuah rumah berada
500 cm dari permukaan tanah. Jika seekor burung berjarak 200 cm di atas puncak
rumah, berapa selisih jarak antara burung tersebut dan cacing?
2.
Ibu membuat 20 dus kue kering untuk dijual. Setiap dus berisi 9 toples. Kue
tersebut akan diantarkan oleh pegawai kepada para pembeli. Setiap pegawai hanya
bisa mengantar 12 toples saja. Berapa pegawai yg diperlukan untuk mengantar
semua kue tersebut?
3.
Dalam sebuah ujian matematika terdapat 30 soal. Jawaban benar bernilai 3,
jawaban salah bernilai -2, dan tidak dijawab bernilai -1. Dodi menjawab soal
benar 5 kali dari soal salah, dan soal yang tidak dijawab adalah soal nomor 20
dan 26. Berapa jumlah nilai yang didapat Dodi?
Referensi Jawaban :
1.
Diketahui :
Letak
cacing : 20 cm dari permukaan tanah
Puncak
rumah : 500 cm dari permukaan tanah
Letak
burung : 200 cm di atas puncak rumah
Ditanya
:
Berapa
selisih jarak antara burung dengan cacing?
Jawab
:
Jarak
burung dan cacing = 20 + 500 + 200 = 720 cm
Jadi
jarak burung dan cacing adalah 720 cm
2.
Diketahui
Banyak
dus = 20
1
dus = 9 toples
20
dus = 20 x 9 = 180 toples
Ditanya
:
Berapa
pegawai yang diperlukan untuk mengantar semua kue tersebut?
Jawab
:
180
toples : 12 toples = 15 pegawai
Jadi
banyak diperlukan untuk mengantar semua kue adalah 15 pegawai
Mari kita Lajut Ke Soal
dan Jawaban TVRI 5 Mei 2020 SD Kelas 4 – 6
Penyelesaian Pertanyaan
:
1.
Jelaskan 3 contoh aktivitas kalian yang menggunakan sifat gaya ketika membantu
ibu di rumah!
2.
Lakukan percobaan! Jatuhkan dua buah batu dengan ukuran berbeda secara
bersamaan dari ketinggian yang sama. Apa yang akan terjadi ? Tuliskan hasil
percobaanmu!
Referensi Jawaban :
1.
Contoh aktivitas yang menggunakan sifat gaya :
Memotong
sayuran (gaya otot)
Menanak
nasi dengan magic com (gaya listrik)
Mengasah
pisau (gaya gesek)
Mengangkat
galon (gaya otot)
2.
Kedua batu tersebut akan jatuh bersamaan, karena semua benda yang dilepaskan di
atas permukaan bumi akan mengalami percepatan yang sama, nggak peduli berapa
massanya.
Mari akita Lanjut Soal
dan Jawaban TVRI 6 Mei 2020 SD Kelas 4 – 6
Penyelesaian Pertanyaan
:
1.
Tuliskan ciri-ciri pantun!
2.
Buatlah satu bait pantun teka-teki!
3.
Buatlah satu bait pantun nasehat dengan tema menjaga kesehatan!
4.
Tuliskan salah satu pantun yang ada di lagu Kicir-Kicir!
Referensi Jawaban :
1.
Ciri-ciri pantun antara lain :
Terdiri
dari empat baris, setiap baris terdiri dari minimal 8 kata dan maksimal 12
kata.
Ciri-ciri
pantun yang mudah dikenali adalah bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan
a-a-a-a
Terdiri
atas dua bagian yaitu sampiran dan isi. Dua baris pertama disebut dengan
sampiran, sampiran kerap kali berkaitan dengan alam dan biasanya tak punya
hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan
rima sajak. Sementara isi berada pada baris ketiga dan keempat yang berisi
pesan atau makna utama dari sebuah pantun. Pada pantun tidak terdapat nama
penulis, berbeda dengan puisi atau karya sastra lainnya. Hal ini karena dahulu
penyebaran pantun dilakukan secara lisan.
2.
Pilih salah satu pantun teka-teki di bawah ini
Pantun
1
Pemandangan
indah membuat terpana
Dingin
sejuk mebuat lapar perut
Kalau
nyonya orang yang bijaksana
Hewan
apa yng tanduknya di mulut
Pantun
2
Indahnya
pelangi karena warna
Dilihat
ketika sore hari
Kalau
tuan orang yang bijaksana
Hewan
apa yng tanduknya di kaki
3.
Pilih salah satu pantun nasehat di bawah ini
Pantun
1
Hari
Lebaran makan ketupat
Tak
lupa juga makan tape uli
Jika
ingin sehat dan kuat
Makanlah
makanan bergizi
Pantun
2
Minum
teh selagi hangat
Sambil
ngemil boleh juga
Hendaklah
kita selalu ingat
Kesehatan
sangatlah berharga
4.
Beberapa pantun yang ada di lagu Kicir-Kicir
Pantun
1
Burung
dara burung merpati
Terbang
cepat ya tuan tiada tara
Bilalah
kita ya tuan suka menyanyi
Badanlah
sehat ya tuan hati gembira
Pantun
2
Buah
mangga enak rasanya
Si
manalagi ya tuan paling ternama
Siapa
saya ya tuan rajin bekerja
Pasti
menjadi menjadi warga berguna
Mari Kita Lanjut
Ke Soal dan Jawaban TVRI 7 Mei 2020 SD
Kelas 4 – 6
Penyelesaian Pembahasan
:
Segmen
1
Mengisi
waktu di rumah saja selama wabah COVID-19 bisa dengan berbagai macam aktivitas
positif, salah satunya dengan membuat kerajinan melipat kertas atau origami
yang tidak memerlukan material mahal. Cukup dengan 4 lembar kertas warna ukuran
kecil kita sudah bisa membuat bentuk bunga semanggi empat daun.
Segmen
2
Berikutnya,
kita akan membuat bunga cantik berbentuk bola Sebelumnya kamu harus menggunting
sejumlah kertas menjadi bentuk lingkaran. Bentuklah kertas ini menjadi bentuk
limas lingkaran lalu satukan dengan kertas serupa sehingga membentuk bunga
berbentuk bola. Cukup mudah bukan?
Segmen
3
Setelah
membuat bunga yang cukup mudah, kita akan diajarkan melipat kertas hingga
membentuk buah strawberry. Siapkan dua kertas berukuran cukup besar,
masing-masing berwarna merah dan hijau serta gunting. Walau proses pembuatannya
lebih rumit dibanding bunga, namun kamu pasti bisa mempraktikkannya di rumah.
Selamat mencoba!
Mari Kita Lanjut Soal
dan Jawaban TVRI 4 Mei 2020 SMP Kelas 7, 8, 9
Penyelesaian Pertanyaan
:
1.
Terdapat dua corak batik yang dipakai keluarga kerajaan, yaitu Parang dan
Truntum. Menurutmu, bagaimana perbedaan falsafah kedua corak batik tersebut?
2.
Jika kamu diwariskan keterampilan membatik, bagaimana cara kamu mengajarkan
keterampilan batik kepada temanmu agar menjadi keterampilan yang diminati?
Referensi Jawaban :
1.
Perbedaan falsafah atau makna dari batik Parang dan Truntum adalah :
Motif
Batik Truntum bermakna cinta yang tumbuh kembali. Motif batik ini sebagai
simbol cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin terasa
subur berkembang. Karena maknanya, kain bermotif truntum biasa dipakai oleh
orang tua pengantin pada hari penikahan. Harapannya adalah agar cinta kasih
yang tumaruntum ini akan menghinggapi kedua mempelai. Kadang dimaknai pula
bahwa orang tua berkewajiban untuk “menuntun” kedua mempelai untuk memasuki
kehidupan baru.
Motif
Batik Parang memiliki kandungan makna yang tinggi. Bahasa simbol yang
terkandung di dalamnya adalah sebuah pesan bahwa sebagai manusia hendaknya
tidak pernah menyerah dalam mengarungi kehidupan, sebagaimana ombak di samudera
yang tak pernah lelah untuk bergerak. Bentuk motif batik parang yang saling
berkesinambungan, menggambarkan jalinan hidup yang tidak pernah putus, selalu
konsisten dalam upaya untuk memperbaiki diri, memperjuangkan kesejahteraan,
maupun dalam menjaga hubungan antara manusia dengan alam, manusia dengan
manusia dan manusia dengan Tuhannya.
Garis
diagonal yang terdapat dalam motif batik Parang, memberi gambaran bahwa manusia
harus memiliki cita-cita yang luhur, kokoh dalam pendirian, serta setia pada
nilai kebenaran. Dinamika dalam pola parang ini juga disebut ketangkasan,
kewaspadaan, dan kontituinitas antara satu dengan yang lainnya.
2.
Jika saya memiliki keahlian untuk membatik, saya akan membuka sanggar khusus
untuk belajar batik, di mana semua orang bisa belajar gratis di sanggar
tersebut.
Agar
teman-teman kita juga tertarik dengan batik, kita sampaikan pada mereka
keunggulan kain batik dibandingkan dengan kain modern lainnya. Kita sampaikan
pula bahwa dengan memiliki keahlian membatik, kita juga bisa membuka wirausaha
untuk memproduksi dan menjual kain maupun baju batik sendiri. Dan akhirnya
mereka tertarik untuk belajar membatik karena ada nilai ekonomis di dalamnya.
Mari Kita Lanjut Ke Soal
dan Jawaban TVRI 5 Mei 2020 SMP Kelas 7, 8, 9
Penyelesian Pertanyaan
:
1.
Sebuah mobil boks memiliki kapasitas total angkut 1.930 kg. Berat supir 70 kg
dan berat kernetnya 60 kg. Supir mengatakan bahwa mobil dapat mengangkut lebih
dari 45 kotak barang yang berat tiap kotaknya 40 kg untuk sekali pengangkutan.
Apakah kamu setuju dengan pernyataan supir tersebut?
Referensi Jawaban :
1.
Diketahui :
Kapasitas
total = 1930 kg
Berat
sopir = 70 kg
Berat
kernet = 60 kg
Berat
kotak = 45 kotak x 40 kg = 1800 kg
Jawab
:
Total
berat = Berat sopir + berat kernet + berat kotak
=
70 + 60 + 1800
=
1930 kg
Tidak
setuju, karena mobil tersebut hanya mampu mengangkut maksimal 45 kotak, tidak
lebih
Mari kita Lanjut Ke Soal
dan Jawaban TVRI 4 Mei 2020 SMA Kelas 10, 11, 12
Penyelesaian Pembahasan
:
Segmen
1
Piers
Steel, ahli tingkah laku manusia bilang, 95 dari 100 orang suka menunda
pekerjaannya. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan kita depresi, lho. Nah,
bagaimana cara mengubah kebiasaan menunda ini?
Segmen
2
Teman-teman
tentu pernah kesulitan berkonsentrasi pada saat belajar. Ada saja hal-hal yang
dapat mengganggu konsentrasimu. Misalnya, ada telepon dari teman, baca pesan
atau email, buka-buka internet, dan lain sebagainya.
Dari
tayangan tersebut, agar seseorang bisa berkonsentrasi penuh, perlu melakukan
“deep work”. Nah, sekarang tulislah jawabanmu untuk pertanyaan berikut.
Penyelesaian Pertanyaan
:
1.
Menurutmu apa dampak negatif jika seseorang suka menunda-nunda pekerjaan? Bulan
Mei ini, tuliskan jurnal harian tentang rencana dan kegiatanmu sehari-hari.
Kamu dapat melihat contohnya dari berbagai sumber dan sesuaikan dengan
kegiatanmu
Referensi Jawaban :
1.
Beberapa dampak negatif bila suka
menunda-nunda pekerjaan : Pekerjaan akan semakin menumpuk Tidak bisa
mengerjakan tugas secara maksimal Merasa semakin malas Tidak menggunakan waktu
secara maksimal Panik dan stres Kesehatan menurun Menjadi tidak disiplin
Sekian
Yang buka Info share Jika ada jawaban yang belum benar bisa tulis di komentar
karena jawaban tersebut masih bersifat referensi jadi kita bisa saling berbagi
pendapat jawaban yang benarnya.
Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM