Pedoman Upacara Hari Guru Nasional 2018

Buka Info

Pedoman Upacara Hari Guru Nasional 2018 – sahabat bukainfo17.com yang berbahagia, pada kesempaan ini saya ingin share tentang  Pedoman, Tema dan Logo Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2018 yang tentunya bisa sahabat  unduh secara gratis di portal www.bukainfo17.com.
Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018
 
Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November, adapun kuitipan Pedoman Upacara HGN Tahun 2018 sebagai berikut; Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.
Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagal HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional tahun 2018.
Tema dari peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2018 adalah "Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21". Logo peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 dapat anda unduh pada laman www.kemdikbud.go.id. Penyelenggaran Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 26 November 2018 dapat dilakukan secara tertip, khidmat, dan sederhana yang mengacu pedoam upacar bendera
Tujuan dan Sasaran dan Tema
Tujuan
a.    Meningkatkan Peran Strategis Guru dan Tenaga Kependidikan Dalam  Membangun sikap, Keterampilan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidik.
b.   Meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat.
c.    Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun karakter bangsa.
Sasaran
Semua pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pegawai di lingkungan Pemerintah daerah, perwakilan indonesia di luar negeri, Unit Pelaksana Teknis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidik dan Tenaga kependidik, para pemangku kepentingan pendidik lainya. Para siswa di satuan pendidik seluruh indonesia baik di lingkungan pembina Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama serta siswa di satuan pendidik di luar negeri.
Selengkapnya, bagi sahabat  yang belum memiliki Pedoman, Tema dan Logo Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2018
Surat Edaran HGN 2018 Kemdikbud.pdf, Unduh
Pedoman Upacara HGN 2018.pdf, Unduh
Demikian Pedoman/ Juknis Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2018 yang dapat saya Share bagi sahabat sekalian, smeoga bermanfaat.
Sumber: http://websiteedukasi.com/
Tags