Yuk Lakukan Germas Di Perkantoran



Jika rata-rata kita bekerja 8 jam perhari, dan dalam satu hari ada 24 jam, berarti kita telah menghabiskan 1/3 waktu kita untuk bekerja. Untuk bisa mendapatkan hidup sehat dari sepertiga waktu hidup di lingkup berkerja, kita harus terus mengupayakan pola hidup sehat dengan melaksanakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Karena 1/3 waktu lainya kita biasa habiskan dengan beristirahat/ tidur selama 6-8 jam. Germas dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat. Tujuan Germas antara lain: 1) Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan; 2) Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; 3) Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Gerakan ini berfokus pada 3 kegiatan, yaitu meningkatkanaktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM). Pada pelaksanaan Germas di perkantoran diperlukan ide inspiratif. Berikut ini beberapa ide yang bisa coba diterapkan di kantor agar bisa bekerja lebih sehat bugar dan produktivitas meningkat. 
Baca Juga: Ayo Lakukan Peregangan Di Sela Waktu Kerja
1. Snack sehat di ruang rapat
Biasanya setiap rapat selalu diberikan selingan makanan ringan. Kita bisa memulai dengan menyediakan makanan ringan yang sehat seperti buah atau salad. Bisa juga diberikan makanan dengan kadar gula dan kalori rendah.
2. Hari tanpa kendaraan
Pada beberapa instansi pemerintah telah dilakukan kebijakan untuk tidak membawa kendaraan pribadi ataupun kendaraan dinas pada hari tertentu, dan menggunakan transportasi umum. Jika tidak memungkinkan, dapat dilakukan penerapan parkir di luar lingkungan kantor. Artinya, pegawai tetap bergerak, berjalan menuju tempat kerja dengan jarak ideal.
3. Hari tanpa nasi
Di hari tertentu diterapkan hari tanpa nasi di lingkungan kantor. Hal ini berlaku untuk makan siang yang dipesan saat rapat ataupun menu harian. Diharapkan pula ada pola keberagaman makanan yang dikonsumsi dalam 1 minggu.
4. Snack sehat di tangga kantor
Pada hari tertentu, disediakan makanan ringan yang sehat seperti buah pada jalur tangga di lantai 2 dan 3 kantor. Buah atau makanan sehat ini diberikan kepada para pekerja yang memilih untuk menggunakan tangga untuk mencapai ruang kerjanya.
 5. Perubahan gambar pintu lift
Diberikan aneka gambar yang bagus dan unik di area tangga agar para pekerja lebih memilih menggunakan tangga daripada lift.
6. Memberlakukan hari tanpa lift
Kebijakan ini tidak mutlak benar harus dilakukan. Misalnya dengan melakukan pembatasan akses penggunaan lift, hanya satu atau dua unit saja di lantai 1, dan berfungsi normal mulai di lantai 2. Hal ini untuk mendorong para pekerja menggunakan tangga terlebih dahulu di lantai 2 atau lantai 3.
7. Hari rapat berdiri
Biasanya rapat dilakukan dengan membuat lingkaran diskusi lengkap dengan meja dan kursi yang nyaman. Namun pada hari yang ditentukan rapat dilakukan dengan berdiri. Ya berdiri, karena dengan berdiri bisa membantu peredaran darah lebih baik. Juga bisa memberikan suasana berbeda sehingga diharapkan bisa menumbuhkan inspirasi baru. Tentunya rapat yang dilakukan adalah yang berdurasi relatif singkat.
8. Hari serba merah
Serupa dengan hari tanpa nasi, namun pada hari tersebut disepakati untuk mengganti semua nasi dengan nasi merah. Hal ini diberlakukan untuk semua menu yang disediakan dalam rapat, menu yang ada di kantin, dan menu yang menjadi bekal para pekerja. Imbalannya, pekerja akan mendapatkan buah merah gratis, misalnya apel merah yang segar.
9. Peregangan di sela waktu kerja
Untuk peregangan ini, bagi yang berkerja di Kementerian Kesehatan bukan hal yang baru karena peregangan ini rutin dilakukan setiap hari sebanyak dua kali sehari pada jam 10 pagi dan jam 2 siang. Peregangan ini juga tetap dilakukan di sela waktu rapat dan diskusi ataupun dalam acara launcing yang melibatkan banyak peserta dengan bantuan video contoh peregangan. Bagi yang belum menerapkan bisa langsung dicoba untuk menerapkanya di kantor.
10. Hari olahraga
Penerapan hari olahraga ini biasanya dilaksanakan pada hari Jumat, dimana bisa dilaksanakan senam bersama dan olahraga sesuai dengan kegemaran masing masing. Pemanfaatan hari olahraga ini juga didukung oleh seluruh divisi dalam kantor dengan tetap melakukan absen pagi sama dengan hari biasa; menggunakan pakaian olahraga dan sepatu olahraga, dan memulai aktivitas kantor seperti undangan rapat dan diskusi dimulai pada jam 9.30 pagi.
11. Hari tumbler/botol minum pribadi
Pada hari ini dihimbau bagi para karyawan untuk membawa botol minum pribadi ke kantor, dengan harapan bisa meningkatkan asupan air selama berkerja lebih optimal.
12. Hari jus segar dan salad
Pada kesempatan ini pekerja yang dapat menunjukkan jus dalam tumbler masingmasing akan diberikan salad buah segar gratis. Dan masih banyak hal lain lagi yang bisa diterapkan di kantor untuk mendukung Germas. Ada yang bisa menambahkan ide lain untuk bisa diterapkan? Mari kita ubah pola kerja menjadi lebih sehat dan bugar agar produktivitas meningkat.
Share Artikel ini,Yuuk!!! :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Yuk Lakukan Germas Di Perkantoran"

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

 
Copyright © 2015 BUKA INFO - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top