A.
Sasaran
Tujuan
dari kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) adalah untuk merubah
perilaku sesuai dengan pesan yang disampaikan. Agar penyampaian pesan dapat
terlaksana dengan berhasil guna dan berdaya guna (efisien dan efektif) maka
tahap awal dari kegiatan tersebut adalah menentukan siapa sasaran yang akan
dituju. Prinsip dalam menentukan sasaran KIE Gizi Seimbang adalah “Sasaran
bukan hanya sebagai objek saja tetapi juga sebagai subjek”. Dalam kaitan dengan
tujuan KIE Gizi Seimbang untuk merubah perilaku seluruh lapisan masyarakat,
maka sasaran dari KIE Gizi Seimbang adalah :
1. Sasaran utama :
a. Masyarakat dari
berbagai kelompok usia
b. Masyarakat dari
berbagai lapisan ekonomi
c. Masyarakat dari
berbagai lapisan pendidikan
2. Sasaran antara :
a. Penentu kebijakan
b. Pengelola Program
c. Lembaga Swadaya
Masyarakat
d. Kader
e. Organisasi Profesi
f. Media Massa
g. Dunia Usaha
h. Mitra Pembangunan
Internasional
i. Lembaga pendidikan:
1) Sekolah : TK, SD,
SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi
2) Madrasah : RA, MI,
MTs., MA, PTAI
3) Pondok Pesantren
j. Lembaga sosial
dankeagamaan
k. Kelompok Komunitas
B.
Metode
Setelah
sasaran ditentukan, tahap selanjutnya adalah menentukan metode yang tepat agar
proses penyampaian pesan dapat berjalan dengan baik dan benar. Metode yang
dipilih adalah metode yang dapat mengembangkan prinsip “komunikasi
partisipatif/komunikasi dua arah” yang dilaksanakan baik secara formal maupun
informal. Jenis metode yang perlu dilaksanakan dalam KIE Gizi Seimbang adalah :
1. Penyampaian secara
langsung yaitu :
a. Social
marketing/pemasaran sosial seperti kampanye, penyuluhan, pencanangan, siaran
melalui media, penyebaran melalui media cetak, penyebar luasan melalui media
sosial misalnya facebook, twitter
dan Internet
b. Melalui lomba
c. Sayembara
d. Pengangkatan seorang
duta Gizi Seimbang sebagai panutan untuk memotivasi perubahan perilaku
2. Penyampaian secara
tidak langsung seperti :
a. Pelatihan dan
pendidikan secara berjenjang
b.
Semiloka/lokakarya/sarahsehan
c. Pembentukan kelompok
diskusi terarah (Focus Group Discussion)
C.
Media dan Alat
Agar
metode yang dipilih dapat berjalan efektif dan efisien, perlu didukung dengan
media dan alat yang tepat. Berbagai media dan alat yang tersedia di masyarakat
dapat digunakan secara optimal. Media yang dapat dapat digunakan dalam kegiatan
KIE Gizi Seimbang adalah:
1. Media elektronik
seperti radio, televisi, bioskop, telepon dan video
2. Media cetak seperti
koran, majalah, brosur, leaflet, booklet, kalender, lembar balik dan buku saku
3. Media online seperti
web, facebook, twitter dan youtube
4. Media audio seperti
lagu, jingle dan yel - yel.
D.
Lingkup Materi
Sesuai
dengan tujuan KIE untuk mengubah perilaku maka lingkup materi sebagai pesan
yang akan disampaikan harus jelas, mudah dipahami, mudah dimengerti dan mudah
dipraktekkan. Dalam kaitan dengan pendidikan Gizi Seimbang yang bertujuan untuk
mengubah perilaku masyarakat ke arah “pola konsumsi gizi seimbang”, materi yang
akan disampaikan meliputi :
1. Pengertian dan
prinsip Gizi Seimbang
2. Pesan Gizi Seimbang
baik yang bersifat umum maupun khusus
3. Slogan dan visual
Gizi Seimbang
4. Contoh-contoh menu
sehat dan bergizi
Jangan lewatkan:
Jangan lewatkan: