7 Manfaat Lemak Tak Jenuh Tunggal Bagi Kesehatan Tubuh

Buka Info


7 Manfaat Lemak Tak Jenuh Tunggal Bagi Kesehatan Tubuh Sahabat buka info yang berbahagia kali ini akan share iilmu kepada sahabat tentang manfaat dari lemak tak jenuh tunggal bagi tubuh kita Lemak tak jenuh tunggal merupakan jenis lemak yang bersahabat. 
 
Mengganti asupan lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tak jenuh tunggal merupakan cara yang ampuh untuk bisa hidup lebih sehat. Apabila sahabat ketika  mendengar kata lemak, Anda pasti akan membayangkan berbagai macam penyakit yang mengintai yang akan membuat tubuh kita tidak sehat. Padahal, lemak tak selamanya membawa dampak buruk bagi tubuh. Pada dasarnya, kehadiran lemak tetap diandalkan tubuh demi bisa menjalani fungsinya secara keseluruhan dan untuk sebagai cadangan untuk energi bagi tubuh kita. Meski begitu, Anda harus lebih jeli dalam memilah asupan lemak, antara yang baik dan buruk. Lemak baik yang berjenis lemak tak jenuh tunggal bisa menjadi pilihan utama sebagai bagian dari asupan konsumsi untuk sehari-hari bagi kita.  Berikut ini akan di uraiakan ada 7 manfaat dari lemak tunggal untuk kesehatan tubuh kita:

Baca juga: Obat Alami Ambeien pada Ibu Hamil sebelum ke Dokter
Manfaat di Balik Lemak Tak Jenuh Tunggal
Bahwa sudah sepantasnya lemak tak jenuh tunggal dijadikan sahabat Anda. Bukannya tanpa alasan, berikut manfaat-manfaat yang bisa dicerna untuk kebaikan tubuh.
1.    Mengurangi risiko penyakit jantung
Sahabat salah satu makanan yang tinggi akan kandungan lemak tak jenuh tunggal adalah almond. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan serat pada almond terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi sekitar 40 gram kacang almond efektif dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Selain tinggi akan kandungan lemak dan kalori, kacang almond dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena memberikan efek yang kenyang jika mengonsumsinya.
2.    Menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh
Sahabat bahwa lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan menjaga kadar HDL (kolesterol baik) dalam tubuh kita.
3.    Membantu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh
Sahabat pasti sudah mengetahuinya ya bahwa lemak tak jenuh tunggal membantu mengembangkan dan memelihara sel-sel tubuh Anda. Kandungan vitamin E yang tinggi pada lemak ini juga dibutuhkan untuk mempertahankan penglihatan yang sehat, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan manfaat-manfaat lainnya bagi kesehatan bagi tubuh.
4.    Baik untuk penderita diabetes tipe 2
Sahabat bahwa lemak tak jenuh tunggal juga dapat membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah. Ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dapat mengontrol kadar insulin dan kadar gula darah yang dapat membantu penderita diabetes tipe 2 dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.
5.    Baik untuk kesehatan kulit wajah
Sahabat jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh tunggal dengan kadar yang tepat akan membuat Anda terlihat awet muda. Hal ini dikarenakan wajah merupakan bagian tubuh yang memerlukan asupan lemak. Lemak pada wajah mampu memperkuat sel-sel kulit wajah serta dapat mengatasi kerutan. Kandungan lemak tak jenuh yang bisa didapatkan dari minyak zaitun, avokad, dan kacang-kacangan juga mampu menjaga kelembapan kulit dan meminimalkan risiko mengalami peradangan.
6.    Mengurangi tingkat depresi
Dalam penelitian menunjukkan bahwa negara-negara di kawasan Mediterania mengalami penurunan terkait tingkat depresi dan bunuh diri dibandingkan dengan negara di kawasan Eropa Utara. Salah satu alasannya adalah berkat menjalani diet Mediterania dengan mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal lebih tinggi dari minyak zaitun dan lemak tak jenuh ganda dari minyak ikan.
7.    Penuhi Kebutuhan Lemak Tak Jenuh Tunggal
Sahabat jangan pernah ragu untuk mengomsumsi lemak tak jenuh tunggal ini, lemak tak jenuh tunggal bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti minyak biji bunga matahari, kacang-kacangan, almond, biji wijen, minyak zaitun yang dapat Anda masukkan ke dalam penganan hari-hari seperti berikut ini:
1.    Untuk camilan, Anda bisa mengganti cookies kesukaan Anda atau keripik kentang dengan kacang-kacangan sebagai bentuk alternatif camilan sehat.
2.    Tambahkan avokad untuk salad dan roti lapis.
3.    Ganti mentega dengan minyak zaitun atau minyak canola untuk menggoreng makanan.
Lemak tak jenuh tunggal memang baik untuk tubuh, namun sahabat tetaplah disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.semua jenis lemak, termasuk lemak tak jenuh tunggal, pada dasarnya mengandung tinggi kalori. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal secara bijak merupakan langkah yang tepat yang bisa sahabat lakukan agar tidak menimbulkan akibat yang merugikan bagi kesehatan tubuh sahabat.sekian informasi yang dapat di bagikan kepada sahabat sekalian semoga bermanfaat. Terimakasihhh.