Panduan Untuk Memilih Kosmetik Yang Aman Bagi Ibu Hamil

Buka Info


Sahabatku yang berbagia kali ini akan share ilmu bagaimana cara memilih kosmetik untuk wanita yang sedang hamil agar tetap terlihat cantik agar tidak salah dalam memilih kosmetik yang aman untuk ibu ibu yang sedang hamil. Kosmetik ini akan semakin penting pada ibu hamil, sebab penambahan berat badan dan perubahan hormon umumnya memengaruhi kulit dan tampilanya.
 Bahwa ibu ibu hamil harus mewaspadai berbagai kosmetikyang berbahaya , kosmetik yang digunakan pada  kulit yang dapat diserap oleh kulit, kemudian kosmetik akan masuk kealiran darah yang mungkin bisa memasuki plasenta janin, karna dari itu  sangatlah penting memastikan tidak ada bahan berbahaya pada kosmetik yang digunakan.
 
Berikut ini adalah beberapa panduan untuk memilih kosmetik yang aman bagi ibu hamil:
1.      Pewarna kuku
Untuk ibu hamil, hindari penggunaan pewarna kuku yang mengandung bahan phthalates. Bahan ini dicurigai berisiko menyebabkan kelainan bawaan pada bayi. Penelitian terhadap hewan menunjukkan, bahan ini mengganggu perkembangan seksual bayi laki-laki. Selain itu, phthalates juga biasa ditemukan pada produk hairspray.
Jika ibu hamil menggunakan pewarna kuku, pastikan berada di ruangan yang terbuka untuk meminimalisir menghirup bahan dari pewarna tersebut.
2.      Produk anti-jerawat
Tidak jarang perubahan hormon pada ibu hamil menyebabkan gangguan pada wajah, salah satunya berupa jerawat. Disarankan mewaspadai produk-produk tertentu yang ditelan untuk mengatasi jerawat. Misalnya, produk yang mengandung tretinoin atau isotretinoin. Selain itu, ada pula tetrasiklin yang juga berisiko menyebabkan kelainan bawaan pada bayi. Produk dengan asam salisilat yang umum digunakan untuk jerawat juga dianjurkan untuk dihindari. Produk asam salisilat untuk pengelupasan kulit dianggap berisiko, meski penggunaan dosis kecil pada toner masih dianggap aman. Konsultasikan dengan dokter jika jerawat sangat mengganggu ibu hamil. Produk krim dengan bahan benzoil peroksida kemungkinan dapat membantu.
3.      Pewarna Rambut
Bahan bahan kimia yang terkandung pada pewarna rambut memiliki kemungkinan masuk ke dalam kulit ibu hamil. Ammonia yang umum digunakan dalam produk tersebut, diketahui dapat menyebabkan rasa mual. Meski efek dari bahan pewarna rambut tersebut masih perlu diteliti, namun sebagian dokter menyarankan untuk menghindari produk pewarnaan rambut terutama pada kehamilan trimester pertama.
4.      Produk anti-penuaan
Produk antipenuaan bentuk oral yang mengandung retinoid, sejenis vitamin A, juga disarankan untuk dihindari. Umumnya, produk ini berfungsi  mengurangi kerut dan memperbaiki warna kulit. Berdasarkan beberapa studi, bahan ini diketahui dapat berisiko bagi janin dalam kandungan.
Jika ibu hamil tidak menyadari menggunakan produk produk kosmetik yang berisiko, tetap tenang dan segera berhentikanlah penggunaan kosmetik yang berbahaya ini, dan carilah produk kosmetik yang aman dan terjamin. Ini lah ilmu yang dapat di share oleh buka info, semoga bermanfaat dan dapat sebagai bahan bacaan sekian terimakasihhh......