Berhati-Hatilah, Jika Stres Berat di Tempat Kerja Memicu Penyakit Yang Serius



Sahabat yang berbahagia kali ini akan share kepada sahabat sekalian tentang masalah stres, penyakit stres ini banyak penyebabnya apalagi bagi yang Bekerja di  perkantoran adalah bagian dari aktivitas di keseharian. Rutinitas ini tentu saja akan berdampak langsung kepada kondisi kesehatan seseorang.  
Sebagaimana tekanan dan situasi yang tidak sesuai harapan di tempat kerja akhirnya hanya akan menyebabkan kemunculan stres berat apalagi jika di kejar dengan pekerjaan yang  banyak dan harus di selesaikan hari itu juga pasti kita akan merasa stres dengan pekerjaan yang begitu banyak.  Sahabat pada umumnya, stres dianggap sebagai kondisi normal yang sebenarnya dapat membantu Anda untuk tetap fokus, terutama jika sedang menyelesaikan pekerjaan dengan tenggat waktu di depan mata. Namun stres di tempat kerja yang terjadi hampir tiap hari pada akhirnya menjadikan Anda lebih berisiko untuk sakit secara psikologis maupun fisik.sahabat sekalian Stres berat dalam jangka panjang bukan tidak mungkin menyebabkan gangguan kesehatan serius, seperti depresi, sakit punggung, tekanan darah tinggi, hingga sakit jantung. Seorang dokter kardiologi di Amerika Serikat meyakinkan bahwa stres berat di tempat kerja buruk bagi jantung Anda, bahkan dipercaya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Dalam jangka panjang, stres berat di tempat kerja bahkan menjadi salah satu kemungkinan penyebab utama kematian. Kondisi psikologi terkait erat dengan kondisi perut sebagaimana seseorang yang mengalami stres bisa terkena gangguan perut. Misalnya penyakit asam lambung atau GERD (gastroesopheal reflux disease), yaitu saat asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit asam lambung dapat menimpa Anda yang mengalami stres berat di dalam pekerjaan.
Apakah kalian Termasuk ke Dalam Kriteria Stres ini?
Sahabat bagaimana cara mengenali bahwa seseorang sedang mengalami stres berat di dalam pekerjaan? Beberapa tanda utama kepada stres meliputi rasa lelah berlebihan dan mudah marah, detak jantung meningkat, lebih gampang sakit, sulit berkonsentrasi, dan sulit tidur di malam hari. Oleh sebab itu, jangan enggan untuk memeriksakan diri sendiri ke dokter karena siapa yang tahu bahwa Anda sedang mengalami stres berat yang belum disadari atau bahkan diri sendiri tidak mengakuinya. Untuk memudahkan Anda mendeteksi stres berat di tempat kerja, sebelumnya mari cermati kondisi-kondisi yang berisiko memicu stres dan perlu diantisipasi berikut. 

Baca juga: 6 Manfaat Daun Mint Yang Harus Kamu Ketahui
1.    Bertambahnya beban tanggung jawab. Anda dapat berisiko stres berat jika menangani jumlah pekerjaan yang melebihi tanggung jawab. Apalagi jika Anda adalah orang yang tidak dapat berkata tidak, meski pekerjaan tersebut bisa Anda tolak atau dapat dialihkan ke orang lain.
2.    Kurangnya kendali. Persoalan terbesar yang dapat memicu stres berat adalah ketika Anda tidak memiliki kendali atas pekerjaan. Ini dapat terjadi ketika tuntasnya pekerjaan Anda bergantung kepada pihak lain yang tidak dapat diandalkan atau dikendalikan.
3.    Tingkat kepuasaan dalam bekerja. Stres berat muncul saat merasa pekerjaan tidak berarti ataupun merasa khawatir akan kemampuannya. Ini dapat juga terjadi ketika pekerjaan Anda tidak pernah diapresiasi oleh atasan atau orang lain.
4.    Ketidakjelasan peran atau posisi. Memiliki dua atasan yang saling bertentangan ataupun tidak memiliki deskripsi pekerjaan yang tetap dapat menjadikan Anda stres berat karena kebingungan menetapkan target.
5.    Lingkungan kerja yang tidak sehat. Bising, penuh asap rokok dan polusi, kemudian kurangnya ventilasi ataupun penerangan adalah landasan kepada ketidaknyamanan pekerjaan. Dalam jangka panjang, situasi ini menyebabkan stres berat. Lebih jauh lagi selain stres berat, seseorang yang bekerja di dalam lingkungan semacam itu dapat mengalami gangguan kesehatan, seperti sakit kepala Selain itu, lingkungan kerja yang terdiri dari pekerja yang saling menjelek-jelekkan, saling bergunjing, hingga saling bersaing tidak sehat turut memberi dampak kepada penyebab stres berat.
Bagaimana sahabat sudah cukup jelas bukan ada lima kriteria Stres. Stres berat dalam pekerjaan dapat menjadi makin membahayakan jika cara Anda menanganinya justru hanya merugikan kesehatan, seperti merokok dan mengonsumsi minuman keras berlebihan. Dua kebiasaan buruk ini tidak memberikan solusi secara psikologis, melainkan akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Carilah cara mengelola stres di tempat kerja dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif sehingga fikiran akan terasa fress kembali,sehingga stres akan hilang dengan berlahan lahan sahabat, semoga banyak bermanfaat ya sahabat sekian dan terimakasihh.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Berhati-Hatilah, Jika Stres Berat di Tempat Kerja Memicu Penyakit Yang Serius"

  1. ane sering strees juga, tapi mudah juga sembuhnya gan.. Semoga dari tips tips agan makin memudahkan mengurangi strees.. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga dapat membantu dan dapat meminim kan rasa stres dengan tips yang sudah di jelaskan di atas

      Delete