Buku Petunjuk Sekolah
Kedinasan 2022
Jadwal Pendaftaran Sekolah
Kedinasan 2021 akan segera dimulai hal ini ditandai dengan rilis Buku
Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. Buku ini berisi tata cara
pendaftaran, alur pendaftaran, hal – hal yang harus disiapkan saat melakuna
pendaftaran sekolah kedinasan, serta lainnya.
Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah
Kedinasan 2022, pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait
jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan
sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan
pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang
diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Rapor SMA/Sederajat
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang
akan dilamar
Bagaimana Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan
2022. Dalam Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022, diuraikan
bahwa langkah-langkah Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 adalah sebagai
berikut.
1. Pelamar
harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
2. Pelamar
pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat
akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
3. Pelamar
melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
4. Pelamar
melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi
form isian Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan
lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan
cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan
5. Pelamar
memasukkan Nilai
6. Pelamar
melengkapi Biodata
7. Pelamar
mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
8. Pelamar
mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
9. Pelamar
mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
10. Pelamar
mengecek hasil verifikasi
11. Pelamar
yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode
untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web
instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
12. Pelamar
yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan
Kartu Ujian
13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
14. Pelamar
mengecek hasil kelulusan tes seleksi
15. Pelamar
yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap
menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya
Berikut ini Tata Cara
Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran
Sekolah Kedinasan 2022.
1. Klik Registrasi atau
Daftar
2. Masukan Nomor Induk
Kependudukan (NIK)
3. Masukan Nomor Kartu
Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga Apabila
pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga,
silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar
bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi
Nasional (Panselnas)
4. Nama lengkap sesuai KTP
5. Tanggal lahir sesuai
KTP
6. Kabupaten/Kota sesuai
KTP
7. Masukan kode captcha
yang terlampir
8. Setelah data di atas
dimasukan, klik . Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun
SSCASN Sekolah Kedinasan.
9. Lengkapi data-data yang
terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari
data :
a) Alamat
Isi alamat sesuai dengan
KTP
b) Tempat Lahir
Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota),
sesuai dengan ijazah
c) Tanggal Lahir
Isi tanggal lahir sesuai
dengan ijazah
d) Jenis kelamin
Pilih jenis kelamin yang
sesuai
e) E-mail
Masukan e-mail aktif dan
valid
f) Password
Masukan password yang
mudah diingat.
Harap catat dan simpan
password Anda karena akan digunakan untuk login
g) Konfirmasi Password
Masukkan kembali password
telah Anda masukan
h) Pertanyaan Pengaman 1
Pilih pertanyaan pengaman
Anda
i) Jawaban Pengaman
Masukan jawaban pertanyaan
pengaman 1 yang telah Anda pilih
j) Pertanyaan Pengaman 2
Pilih pertanyaan pengaman
Anda
k) Jawaban Pengaman
Masukan jawaban pertanyaan
pengaman 2 yang telah Anda pilih
l) Captcha
Masukan kode captcha yang
tampil di layar
10. Upload pas foto dengan
latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb
11. Pastikan Anda mengisi
semua data dengan benar dan lengkap
12. Selanjutnya klik
Lanjutkan
13. Halaman Pendaftaran
Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu
diperbaiki klik Kembali dan jika sudah benar klik Proses Pendaftaran Akun
Akan tampil halaman
pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 berhasil, klik
Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti
bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik. Klik
Lanjutkan Login Pendaftaran untuk ke form berikutnya.
Berdasarkan Buku Petunjuk
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022, tata cara Login ke Portal SSCASN Sekolah
Kedinasan dan Isi Biodata, adalah sebagai berikut.
1. Setelah
pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://dikdin.bkn.go.id
dengan klik tombol yang tertera di sudut kanan atas
2. Masukan
NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form
Biodata Peserta
a.
Upload Swafoto
Upload foto selfie dengan
memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap
selanjutnya seperti contoh gambar di bawah ini:
Klik tombol Choose File
cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120
kb dan maksimal 200kb
b.
Mendaftar Formasi
1) Pilih Sekolah dan Jenis
Formasi sesuai dengan peminatan
2) Klik tombol Pilih
3) Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK
Anda berada
4) Isi nama Sekolah Anda
sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
5) Isi Tahun Lulus
6) Isi nomor ijazah
pendidikan terakhir Anda
7) Isi tahun lulus
pendidikan terakhir Anda
8) Isi tahun lulus
pendidikan terakhir Anda
9) Isi kode captcha yang
tampil
10) Bila data sudah terisi
dengan lengkap dan benar, klik tombol
Bila ada data yang kurang
lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi.
c.
Pengisian Nilai
Pelamar memasukkan nilai
rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan
dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan
memiliki aturan yang berbeda-beda.
a. Pengisian Biodata
Pada form ini, pelamar
harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat
memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal
Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.
Data Diri Pelamar:
Alamat Domisili, Provinsi,
Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung
(termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan
dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor
Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.
Data Diri Orang Tua:
NIK Ayah, Nama Ayah,
Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat
Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal
Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.
Isi kode captcha yang
tampil pada kolom yang disediakan. Klik Selanjutnya untuk ke halaman
selanjutnya.
b. Unggah Dokumen
Pelamar mengunggah dokumen
yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang
diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.
Untuk mengunggah dokumen,
klik tombol Unggah, cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen.
Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol lihat.
Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol Unggah untuk mengganti
dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. dokumen telah diunggah
atau belum. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya
c. Resume
Setelah pelamar melengkapi
semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan
bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah
dilengkapi oleh Pelamar.
Centang (v) pernyataan
yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses Pendaftaran.
Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah
dikirim ke sistem dengan alasan apapun.
Selanjutnya klik tombol
Iya , dan tombol Cetak Kartu Informasi Akun dan Cetak Kartu Pendaftaan Dikdin
akan tampil. Bila pelamar klik tombol Pendaftaan Dikdin akan tampil Kartu
Pendaftaran.
Kartu Pendaftaran SSCASN
Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Berikut Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan 2022
Sekian informasi ini
semoga bermanfaat bagi bapak ibu sekalian.
Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM