Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan 2022

Buka Info
0

 

Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan 2022

Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan 2022

Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 akan segera dimulai hal ini ditandai dengan rilis Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. Buku ini berisi tata cara pendaftaran, alur pendaftaran, hal – hal yang harus disiapkan saat melakuna pendaftaran sekolah kedinasan, serta lainnya.

Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022, pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah

4. Rapor SMA/Sederajat

5. Pas foto

6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Bagaimana Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. Dalam Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022, diuraikan bahwa langkah-langkah Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 adalah sebagai berikut.

1.   Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id

2.   Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id

3.   Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4.   Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan

5.   Pelamar memasukkan Nilai

6.   Pelamar melengkapi Biodata

7.   Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan

8.   Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)

9.   Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian

13.  Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya

Berikut ini Tata Cara Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022.

1. Klik Registrasi atau Daftar

2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)

4. Nama lengkap sesuai KTP

5. Tanggal lahir sesuai KTP

6. Kabupaten/Kota sesuai KTP

7. Masukan kode captcha yang terlampir

8. Setelah data di atas dimasukan, klik . Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.

9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data :

a) Alamat

Isi alamat sesuai dengan KTP

b) Tempat Lahir

Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah

c) Tanggal Lahir

Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah

d) Jenis kelamin

Pilih jenis kelamin yang sesuai

e) E-mail

Masukan e-mail aktif dan valid

f) Password

Masukan password yang mudah diingat.

Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login

g) Konfirmasi Password

Masukkan kembali password telah Anda masukan

h) Pertanyaan Pengaman 1

Pilih pertanyaan pengaman Anda

i) Jawaban Pengaman

Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih

j) Pertanyaan Pengaman 2

Pilih pertanyaan pengaman Anda

k) Jawaban Pengaman

Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih

l) Captcha

Masukan kode captcha yang tampil di layar

10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb

11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap

12. Selanjutnya klik Lanjutkan

13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik Kembali dan jika sudah benar klik Proses Pendaftaran Akun

Akan tampil halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 berhasil, klik Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik. Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk ke form berikutnya.

Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022, tata cara Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata, adalah sebagai berikut.

1.   Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://dikdin.bkn.go.id dengan klik tombol yang tertera di sudut kanan atas

2.   Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta

a.   Upload Swafoto

Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya seperti contoh gambar di bawah ini:

Klik tombol Choose File cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb

b.   Mendaftar Formasi

1) Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan

2) Klik tombol Pilih

3) Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK Anda berada

4) Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)

5) Isi Tahun Lulus

6) Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda

7) Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda

8) Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda

9) Isi kode captcha yang tampil

10) Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol

Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi.

c.   Pengisian Nilai

Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.

a. Pengisian Biodata

Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.

Data Diri Pelamar:

Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.

Data Diri Orang Tua:

NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.

Isi kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.

b. Unggah Dokumen

Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.

Untuk mengunggah dokumen, klik tombol Unggah, cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol lihat. Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol Unggah untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. dokumen telah diunggah atau belum. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya

c. Resume

Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.

Centang (v) pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses Pendaftaran. Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.

Selanjutnya klik tombol Iya , dan tombol Cetak Kartu Informasi Akun dan Cetak Kartu Pendaftaan Dikdin akan tampil. Bila pelamar klik tombol Pendaftaan Dikdin akan tampil Kartu Pendaftaran.

Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Berikut Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan 2022

Sekian informasi ini semoga bermanfaat bagi bapak ibu sekalian.

 

 

Post a Comment

0Comments

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Post a Comment (0)