Contoh
Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah
penulisan Ijazah yang sampai saat ini masih
menggunakan manual atau tulis tangan memang sangat rentan untuk terjadinya
kesalahan lulis identitas peserta didik pada blanko ijazah. Baik pada nama,
tanggal lahir, NISN (nomor induk siswa nasional) maupun dalam penulisan nama
orang tua.
Namun penulisan Ijazah baik sekolah/madrasah
yang menggunakan tulis tangan secara manual bukan tanpa alasan. alasan tersebut
untuk menghindari duplikasi ijazah, pemalsuan, menjaga orisinalitas ijazah, dan
lain sebagainya.
Terdapat 2 langkah yang dapat dilakukan oleh
pihak sekolah/madrasah jika terjadi kesalahan tulis ijazah. Pertama, meminta
blanko ijazah yang baru kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi atau
Dinas Pendidikan Provinsi dengan membawa surat rekomendasi dari Kantor Kemenag
Kab/Kota atau Kantor Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
Jika cara yang pertama tidak mungkin lagi ditempuh
karena masa pengembalian atau penukaran blanko Ijazah telah habis, maka pihak
sekolah/madrasah menempuh langkah kedua.
Kedua, melampiri Ijazah yang terdapat salah
penulisan nama dengan Surat Keterangan Kesalahan Tulis Identitas di Ijazah dan
diajukan kepada Kab/Kota untuk mendapat surat keterangan penulisan identitas di
lembar Ijazah.
Untuk cara kedua ini, mekanisme ditiap instansi
akan dapat berbeda tergantung kebijakan masing-masing. Oleh karena itu,
sekolah/madrasah dapat berperan aktif untuk mencari informasi terkait mekanisme
yang harus ditempuh diwilayah masing-masing jika terdapat kesalahan penulisan
identitas di Ijazah.
Bagi Bapak/Ibu yang
membutuhkan Contoh Surat Keterangan Kesalahan Tulis Identitas di Ijazah,
silahkan dapat mengunduhnya Disini.
Demikianlah informasi terkait Contoh Surat
Keterangan Kesalahan Tulis Identitas di Ijazah, semoga dapat membantu dan
bermanfaat bagi Bapak/Ibu yang mengalami kesalahan tulis identitas siswa di
Ijazah.
Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM