Lomba Foto dan Lomba Tulisan Jurnalistik 2020 Pendidikan dan Kebudayaan

Buka Info
0



Buka Info-Berita dan Informasi.Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan,evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain adalah pelaksanaan Lomba, Festival, dan Kompetisi.

Pada tahun 2020, pertama kalinya Pusat Prestasi Nasional akan menyelenggarakan Lomba Jurnalistik Siswa Indonesia (LJSI) yang dibuka untuk peserta didik SMA/SMK/MA. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter mengutamakan kejujuran, kebenaran dan verifikasi atau validitas suatu berita. Selain itu, dengan kegiatan ini, diharapkan peserta didik akan menjadi pribadi yang mampu berempati terhadap lingkungan sekitarnya, cerdas dalam menangkap suatu kejadian dan mengabadikannya dalam bentuk tulisan maupun fotografi, serta mampu menyampaikan pesan-pesan positif dalam tulisan maupun foto yang diciptakannya. Dengan demikian, LJSI menjadi wadah bagi para siswa SMA/SMK/MA untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam bidang jurnalistik dan fotografi.

Lomba Foto dan Lomba Tulisan Jurnalistik 2020 Pendidikan dan Kebudayaan

Secara bahasa (Indonesia), jurnalistik adalah hal yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran dan seni kejuruan yang bersangkutan dengan pemberitaan dan persuratkabaran (KBBI). Journalisme (journalism) diartikan sebagai “the activity or profession of writing for newspapers, magazines, or news websites or preparing news to be broadcast.” (aktivitas atau profesi penulisan untuk suratkabar, majalah, atau situs web berita atau menyiapkan berita untuk disiarkan). Jurnalistik merupakan proses, teknik, dan ilmu peliputan, penulisan, dan penyebarluasan informasi aktual (berita) melalui media massa.

Dalam rangka meningkatkan motivasi peserta didik SMA/SMK/MA dalam situasi pandemic Covid-19, maka Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merasa perlu mewadahi prestasi peserta didik dari rumah, khususnya peserta didik SMA/SMK/MA di bidang jurnalistik. Jurnalistik menjadi penting untuk para peserta didik, karena di dalam jurnalisme terdapat elemen-elemen yang relevan yang perlu diajarkan kepada para peserta didik tentang bagaimana mereka harus menjalani hidup sehari-hari (teori ini dibahas oleh Bill Kovach dan Tom Rosentiel). Elemen pertama adalah kebenaran. Bukankah hidup pun begitu? Hidup bukan hanya tentang menjalani kegembiraan dan kesakitan. Kita harus tahu kebenaran sesungguhnya, mengapa manusia ada? Mengapa kita melakukan ini dan itu dalam hidup? Elemen yang ke dua adalah “Loyalitas pertama jurnalisme  adalah pada masyarakat”. Bukankah manusia memang begitu? Hidup bukan untuk kepentingan pribadi  tetapi kepentingan sesama? Dalam lingkup kecil, kita memperjuangkan kelompok mikro kita yaitu keluarga dan teman-teman dekat. Dalam lingkup besar, kita memperjuangkan kelompok makro kita yaitu masyarakat luas, negara, bahkan dunia. Elemen ketiga jurnalistik yaitu “Intisari jurnalisme adalah  disiplin veri­kasi.” Sebagai seorang perempuan, saya dikelilingi oleh sesama perempuan. Tidak ingin mengeneralisasi, tetapi kebanyakan perempuan suka bergosip, suka dengan rumor-rumor. Saya tak suka itu. Saya lebih suka bertanya pada subjek yang menjadi “sumber omongan”. Kalau mau tahu ya...tanya.  Jangan berspekulasi. Elemen yang ke-empat adalah “Praktisi jurnalisme harus menjaga independensi  terhadap sumber berita.” Keberpihakan manusia kepada mereka yang dekat secara emosional terkadang  dapat disalahgunakan. Pembelaan mati-matian kepada orang terdekatnya dilakukan walau mereka tahu bahwa yang benar adalah pihak lain. Selanjutnya adalah “Jurnalisme harus menjadi pemantau kekuasaan.” Saling mengingatkan. Setiap manusia bisa khilaf, lupa diri. Bahkan para pemuka agama sekalipun. Hidup bersama, untuk bersama. Bukan hanya untuk mereka para petinggi dan pengambil  keputusan. Namun juga orang-orang disekitar kita. Bahkan diri kita sendiri. Elemen yang keenam adalah “Jurnalisme harus menyediakan forum kritik maupun dukungan masyarakat.” Berhubungan dengan elemen sebelumnya. Manusia yang diciptakan hidup bersama tak bisa seenaknya saja. Manusia unik, setiap orang berbeda, satu keputusan belum tentu membuat mayoritas manusia lainnya puas. Demokrasi harus dijunjung tinggi. Seperti seorang anak yang lulus sekolah menengah, ia punya hak untuk menentukan kelanjutan hidupnya dan orang tuanya punya hak untuk didengar sarannya. Jurnalisme mengajarkan para peserta didik untuk menjalani hidup menjadi menarik dan relevan. Berdasarkan hal tersebut, maka Pusat Prestasi Nasional, khususnya Bidang Pendidikan Menengah bekerjasama dengan Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat akan menyelenggarakan Lomba Jurnalistik Siswa Indonesia (LJSI). Adapun bidang yang dilombakan dalam LJSI adalah Kategori Feature dan Fotografi.

Tujuan dari kompetisi ini adalah sebagai berikut:
1.    Mewadahi peserta didik SMA/SMK/MA untuk terus berprestasi dari rumah di bidang jurnalistik
2.    Melatih peserta didik SMA/SMK/MA, untuk mendalami dan mempraktekkan ilmu jurnalisme yang tetap memperhatikan kode etik penulisan, menulis secara akurat, dan melakukan verifikasi data sebelum menerbitkan berita.
3.    Memperoleh konten-konten positif tentang features dan fotografi dari peserta didik SMA/SMK/MA untuk selanjutnya mempersuasi peserta didik lainnya untuk terus berkarya secara positif.

Hasil yang Diharapkan
1.    Terwadahinya minat dan bakat peserta didik SMA/SMK/MA di bidang jurnalistik.
2.    Terlatihnya peserta didik SMA/SMK/MA, untuk mendalami dan mempraktekkan ilmu jurnalisme yang tetap memperhatikan kode etik penulisan, menulis secara akurat, dan melakukan verifikasi data sebelum menerbitkan berita.
3.    Diperolehnya konten-konten positif tentang features dan fotografi dari peserta didik SMA/SMK/MA untuk selanjutnya mempersuasi peserta didik lainnya untuk terus berkarya secara positif.

Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar lomba foto serta artikel jurnalistik terkait pendidikan dan kebudayaan. Lomba ini dapat diikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA, guru, dosen, wartawan, dan masyarakat umum lain yang tidak termasuk kategori tersebut.
Tema lomba adalah "Merdeka Belajar, Gelora Budaya, Indonesia Bahagia".

Selain pelajar SMA/SMK/MA yang hanya dapat mengikuti satu lomba saja, peserta kategori lain dapat mengikuti lomba foto dan lomba artikel sekaligus, atau hanya salah satu saja. Namun, peserta hanya diperkenankan mengikuti satu kategori untuk masing-masing lomba, sesuai dengan profesi peserta tersebut. Bila diketahui ada peserta yanng mengikuti lebih dari satu kategori pada lomba yang sama, peserta tersebut akan didiskualifikasi.

Pendaftaran dan pengiriman karya lomba dimulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2020 pada tautan yang tersedia. Pemenang akan diumumkan pada akhir September 2020 melalui laman dan akun resmi media sosial Kemendikbud.

Lomba ini tidak dipungut biaya.
Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
Kriteria lomba dan cara pendaftaran untuk masing2 kategori, dapat melihat pada tautan berikut:

LOMBA FOTO:
Lomba foto kategori PELAJAR SMA/SMK/MA (unduhketentuan di sini)
Lomba foto kategori GURU (lihat ketentuan disini)
Lomba foto kategori DOSEN (lihat ketentuan disini)
Lomba foto kategori WARTAWAN (lihat ketentuandi sini)
Lomba foto kategori UMUM (lihat ketentuan disini)

LOMBA ARTIKEL JURNALISTIK:
Lomba artikel kategori PELAJAR SMA/SMK/MA (unduh ketentuan di sini)
Lomba artikel kategori GURU (lihat ketentuandi sini)
Lomba artikel kategori DOSEN (lihat ketentuandi sini)
Lomba feature kategori WARTAWAN (lihatketentuan di sini)
Lomba artikel kategori UMUM (lihat ketentuandi sini)

Berikut informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan Lomba Jurnalistik sebagai pedoman bagi penyelenggara Lomba Jurnalistik Siswa Indonesia Tahun 2020. Akhir kata, semoga penyelenggaraan Lomba Jurnalistik tahun 2020 berjalan lancar meski dalam kondisi pandemi Covid-19, dan peserta didik dapat terus berprestasi dari rumah.

#LombaFotoKemendikbud2020
#LombaArtikelKemendikbud2020
#MerdekaBelajar
#IndonesiaBahagia
#BerprestasiDariRumah.

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/lomba-foto-dan-artikel-jurnalistik-2020


Post a Comment

0Comments

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Post a Comment (0)