Buka Info-Buku Siswa.Kurikulum 2013
dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan,
keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan
memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik
terpadu.
Untuk mendukung
ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas
yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan. Buku
tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa
mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif,
menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan
kepada nilai-nilai luhur.
Download Buku Siswa K13 Kelas 4 Tematik SD/MI Revisi 2017 |
Peran guru
sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan
ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya
pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi
dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.
Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.
Buku ini bersifat
terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang.
Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritikan, dan
masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.
Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak dalam
penyempurnaan buku ini.
Tentang
Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV
1.
Buku Siswa merupakan buku panduan
sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran.
2.
Buku Siswa dilengkapi dengan
penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan
dalam Buku Guru.
3.
Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku
Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan
pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut
dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam
Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
4.
Pada semester 1 terdapat 5 tema. Tiap
tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu
pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran
diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
5.
Tiga subtema yang ada direncanakan
selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Aku
Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan
menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.
6.
Struktur penulisan buku semaksimal
mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan
melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo
Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan
Orang Tua.
7.
Buku ini dapat digunakan oleh orang
tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
8.
Di setiap awal subtema, terdapat
lembar untuk orang tua yang berjudul Belajar di Rumah. Halaman ini berisi
materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama
orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan.
Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Saran-saran
untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap
akhir pembelajaran.
9.
Buku Siswa ini berbasis kegiatan
(activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi
materi dari berbagai sumber.
10. Di
sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi
dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman
lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap
yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau
menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.
11. Kegiatan-kegiatan
dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang
ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa,
guru, sekolah, dan lingkungan.
12. Pada
beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk
menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun,
sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada
ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada
buku tugas. Ketika pembelajaran Matematika dan PJOK dalam buku tematik terpadu
kelas IV SD terkait dengan mata pelajaran lainnya (tanda biru) maka guru tetap
menggunakan buku ini. Namun, ketika Matematika dan PJOK tidak terkait dengan
mata pelajaran lainnya (tanda merah) guru menggunakan buku Matematika dan PJOK
yang telah ditetapkan kelayakan penggunaannya di sekolah berdasarkan keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Kerja
Sama dengan Orang Tua
Secara khusus, di
setiap awal sub tema Buku Peserta didik terdapat lembar untuk orang tua yang
berjudul ‘Kerjasama dengan Orang tua’. Halaman ini berisi materi yang akan
dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orangtua di rumah,
serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua
diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar anak. Saran-saran
untuk kegiatan bersama antara peserta didik dan orang tua dicantumkan juga pada
akhir setiap pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang
tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan
peserta didik di rumah.
Link Download Buku
Siswa K13 Kelas 4 Semester 1 dan Semster 2 Tematik SD/MI Revisi 2017 di Tautan
Berikut Ini:
Disklaimer:
Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka
implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai
pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan
dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan
“dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan
sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan
yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau
melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku
ini.
Sekian Informasi
Tentang Download Buku Siswa K13 Kelas 4 Tematik SD/MI Revisi 2017 Semoga dapat
bermanfaat bagi bapak ibu guru sekalian.
Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM