Kunci Jawaban TVRI 11-17 Mei Jenjang SD SMP SMA Minggu Kelima 2020 |
Buka
Info-Berita Dan Informasi. Sahabat Yang Berbahagia Dalam Keadaan Pandemi
Covid-19 Buka Info Tetap Selalu Semangat Dan Setia Memberikan Informasi Yang Dapat
Sahabat Jadikan Bahan Referensi. Di Kesempatan Ini Buka Info Akan Share
Mengenai Kunci Jawaban TVRI 11-17 Mei Jenjang SD SMP SMA Minggu Kelima 2020. Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan
pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik
COVID-19. Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan
sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program
keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan
kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi. Selain
untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR
adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya
antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan
serta menumbuhkan karakter positif. Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin
cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.
Mari langsung saja sahabat simak untuk Kunci Jawaban TVRI 11 Mei SD 1-3 Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI LITERASI:
Memahami isi tayangan, mengingat kembali inti tayangan, menyampaikan gagasan
secara lisan, serta menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya.
Pertanyaan
1.
Apa akibatnya jika Wayan dan Chandra
tidak mau mengalah?
2.
Mengapa Wayan harus belajar
bertanggung jawab?
3.
Apa manfaat bekerja sama yang
dilakukan Wayan dan teman-temannya?
Referensi Jawaban
1.
Karena Wayan dan Chandra sama-sama
tidak mau mengalah untuk mengambil bola, akibatnya mereka tidak bisa lagi
bermain bola.
2.
Karena Wayan yang menendang bola
hingga keluar lapangan dan masuk ke dalam semak-semak liar.
3.
Karena Wayan dan teman-temannya
bekerja sama, pekerjaan yang mereka lakukan lebih cepat selesai dan juga lebih
mudah.
Kunci
Jawaban TVRI 11 Mei SD 4-6 Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI
NUMERASI: Mengembangkan
pemahaman operasi hitung bilangan pecahan
Pertanyaan
1.
Pada awalnya, drum air yang ada di
taman rumah hanya berisi air 1/4 bagian. Karena semalam turun hujan lebat, maka
isinya sekarang menjadi hampir penuh, yaitu 4/5 bagian. Berapa bagian banyak
air hujan yang menambah isi dalam drum tersebut?
2.
Jumlah siswa kelas V ada 49 orang.
Lima per tujuh bagian sedang berolahraga di lapangan. Dari peserta olahraga
itu, 3/5 bagian adalah siswa laki-laki. Berapa banyak siswa perempuan yang
berolahraga?
3.
Caca mempunyai 3/4 liter air mineral.
Ia memberikan kepada Indri 5/8 liter. Kemudian Caca mengambil air mineral dari
botolnya sebanyak 5/6 liter. Berapa liter air mineral Caca sekarang?
Referensi Jawaban 1
1.
Pernyataan :
Isi air hujan mula-mula = 1⁄4 bagian
Isi sekarang = 4⁄5 bagian
Ditanya :
Berapa banyak bagian tambahan air hujan?
Jawab :
Langkah pertama adalah menyamakan penyebutnya
1⁄4 dikali 5⁄5 = 5⁄20
4⁄5 dikali 4⁄4 = 16⁄20
16⁄20 – 5⁄20 = 11⁄20
Jadi, banyak air hujan yang menambah drum adalah
11⁄20 bagian
Referensi Jawaban 2
2.
Pernyataan :
Jumlah siswa kelas V = 49 orang
Siswa yang berolahraga = 5⁄7 bagian, dimana 3⁄5
bagiannya adalah siswa laki-laki
Ditanya :
Berapa banyak siswa perempuan yang berolahraga?
Jawab :
Jumlah siswa yang berolahraga 5⁄7 x 49 = 35 siswa
Jumlah siswa laki-laki yang berolahraga 3⁄5 x 35 =
21 siswa laki-laki
Jumlah siswa perempuan yang berolahraga adalah 35
– 21 = 14 siswi
Jadi banyak siswa perempuan yang berolahraga
adalah 14 siswa perempuan
Referensi Jawaban 3
3.
Pernyataan
Jumlah air mineral Caca = 3⁄4 liter
Diberikan ke Indri = 5⁄8 liter
Mengambil air lagi = 5⁄6 liter
Ditanya :
Berapa liter air mineral Caca sekarang?
Jawab :
Langkah pertama adalah menyamakan penyebutnya
Jumlah air mineral Caca = 3⁄4 dikali 2⁄2 = 6⁄8
Diberikan ke Indri = 5⁄8 liter (tetap)
Jumlah air setelah diberikan ke Indri adalah 6⁄8 –
5⁄8 = 1⁄8 liter
Jumlah air mineral Caca sekarang
= 1⁄8 + 5⁄6
= 3⁄24 + 20⁄24
= 23⁄24 liter
Jadi jumlah air mineral Caca sekarang adalah 23⁄24
liter
Kunci
Jawaban TVRI 11 Mei SMP Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI LITERASI:
(1) Mengenali informasi yang akurat dan berdasar fakta; (2) Membuat hipotesis
sederhana dalam konteks yang spesifik; (3) Menuliskan pengamatan dan pengalaman
secara koheren dan padu menggunakan rujukan secara etis dan metodologi
sederhana.
(VO sebelum video)
Tidak semua sungai bisa menjadi tempat wisata. Banyak sungai yang menjadi
tempat pembuangan limbah, sehingga warna airnya menjadi cokelat bahkan
kehitaman. Itulah yang kemudian menimbulkan polusi air. Mari kita tonton apa
yang menyebabkan terjadinya polusi air.
Pertanyaan
1.
Polusi air terjadi karena campur
tangan manusia. Jelaskan tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan
terjadinya polusi air!
2.
Usaha apa yang kamu lakukan jika di
lingkungan sekitarmu ditemukan polusi air?
3.
Tuliskan urutan langkah prosedur
penjernihan air menggunakan biji kelor dengan tepat!
Referensi Jawaban 1
1.
Beberapa contoh aktivitas manusia yang
menyebabkan polusi air :
Pabrik-pabrik yang membuang limbahnya ke sungai.
Limbah ini mengandung zat-zat berbahaya bagi manusia seperti mercury dan
lain-lain. Membuang sampah ke sungai Penggunaan bahan peledak untuk menangkap
ikan Penggunaan detergen dalam rumah tangga Tumpahan minyak di laut Pertambangan
Perusakan hutan Limbah Peternakan dan Pertanian.
Referensi Jawaban 2
2.
Beberapa usaha untuk mengurangi polusi
air :
Tidak membuang sampah di sungai atau sumber air
lainnya Menggunakan detergen yang ramah lingkungan Rutin melakukan upaya
pembersihan sumber air Menanam pohon Menggunakan bahan- bahan yang ramah
lingkungan Melakukan pengolahan limbah dengan benar Menjauhkan sumber polutan
dari sumber air
Referensi Jawaban 3
3.
Langkah-langkah penjernihan air
menggunakan biji kelor :
Belah buah kelor dengan pisau dan keluarkan
bijinya Bersihkan bijinya, lalu tumbuk sampai halus biji kelor tersebut. Tambahkan
sedikit air sampai biji kelor menjadi pasta Setelah menjadi pasta, masukkan pasta
kelor ke dalam air kotor Aduk air dengan sendok secara cepat selama 1 menit Kemudian
aduk secara perlahan selama 1 menit Endapkan air selama 1-2 jam atau sampai air
menjadi jernih. Bandingkan air hasil penjernihan biji kelor dengan air kotor
semula. Hasilnya, air hasil penjernihan biji kelor lebih jernih dibanding air
kotor semula.
Kunci
Jawaban TVRI 11 Mei SMA Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI
LITERASI: Mengenali akurasi informasi,
menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi
berdasarkan pengetahuan dan data yang dapat dipertanggungjawabkan.
(VO sebelum video)
Adakah teman-teman yang ingin menjadi
penulis skenario atau sekadar ingin meningkatkan kemampuan sebagai penulis? Edy
Cahyono, sutradara sekaligus penulis skenario film “Siti”, berbagi pengetahuan
tentang cara menulis sebuah skenario film.
Pertanyaan
Segmen 1
1.
Jelaskan premis dari cuplikan film
pendek tersebut!
2.
Ceritakan turning point atau titik
balik kedua dalam film tersebut!
Segmen 2
1.
Peristiwa apa yang membuat klimaks
dalam film tersebut?
2.
Berdasarkan format film yang telah
dijelaskan dalam tayangan tadi, kalau kalian ingin membuat film berdurasi 60
menit, berapa halaman skenario film sebaiknya dibuat? Berikan penjelasan!
Referensi Jawaban
Segmen 1
1.
Premis atau ide pokok dalam film
pendek tersebut adalah hubungan antara ayah dan anak yang tidak harmonis.
2.
Turning point ke-2 pada film pendek
tersebut adalah saat Aldy meminta maaf kepada ayahnya karena meninggalkan
ayahnya sendiri.
Segmen 2
1.
Peristiwa yang membuat klimaks pada
film pendek tersebut adalah saat Aldy membangunkan ayahnya yang sedang tertidur
di dalam mobil untuk menunaikan sholat. Ternyata sang ayah terlihat lemas dan
tidak merespon Aldy. Akhirnya Aldy menangis karena sang ayah telah meninggal
dunia.
2.
Bila ingin membuat film berdurasi 60
menit, maka halaman skenario yang dibutuhkan adalah 60 halaman , karena
biasanya 1 halaman skenario untuk 1 menit adegan film.
Kunci
Jawaban TVRI 12 Mei SD Kelas 1-3 Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI
NUMERASI: Menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai tempat dan penjumlahan
bilangan cacah sampai dengan 1.000, serta operasi perkalian dan pembagian
bilangan cacah
Pertanyaan di akhir
video (2):
1.
Kerjakan soal berikut!
a)
… = 3 puluhan + 4 satuan
b)
57 = … puluhan + … satuan
Pertanyaan di akhir
video (5):
2.
Kerjakan soal berikut!
Hitunglah dengan menggunakan bentuk panjang!
a)
48 + 52 = ….
b)
56 + 31 = ….
Pertanyaan di akhir
video (6):
3.
Untuk kelas 3: Hitunglah hasil
perkalian dan pembagian berikut!
a)
30 X … = 300
b)
40 X 10 = ….
c)
150 : 10 = ….
d)
… : 10 = 20
Referensi Jawaban : 1
a)
34 = 3 puluhan + 4 satuan
b)
57 = 5 puluhan + 7 satuan
Referensi Jawaban di akhir vidio: 4
a)
34
40
+
74
b)
52
34
+
86
Referensi Jawaban di
akhir vidio: 5
a)
40 + 50 + 8 + 2 = 100
b)
50 + 30 + 6 + 1 = 87
Referensi Jawaban di
akhir vidio: 6
a)
30 X 10 = 300
b)
40 X 10 = 400
c)
150 : 10 = 15
d)
200 : 10 = 20
Kunci
Jawaban TVRI 12 Mei SD Kelas 4-6 Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI LITERASI:
Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok
dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskan kembali dan
menanggapi menggunakan pengetahuannya
Pertanyaan :
1.
Ali berdiri di sebuah ruang besar dan
Budi berdiri di tengah sawah jauh dari kampung. Mereka sama-sama berteriak. Apa
yang terjadi? Jelaskan!
2.
Apa sifat-sifat cahaya? Berikan
masing-masing contohnya!
3.
Rina bercermin di depan kaca cermin
rias di kamarnya. Bagaimana bentuk dan sifat bayangan Rina pada cermin
tersebut? Jelaskan!
Referensi Jawaban :1
1.
Bila Ali berteriak maka akan terjadi
gaung. Gaung terjadi karena sumber bunyi dan dinding pemantulnya berjarak dekat
Sedangkan bila Budi berteriak, maka akan terdengar gema. Gema terjadi karena
sumber bunyi dan dinding pemantulnya berjarak cukup jauh.
Referensi Jawaban: 2
2.
Beberapa sifat cahaya dan contohnya :
Cahaya merambat lurus, contohnya: berkas cahaya
pada sebuah lubang terlihat lurus Cahaya dapat dipantulkan, contohnya: cahaya
senter terpantul pada cermin Cahaya dapat menembus benda bening, contohnya:
cahaya dapat melewati gelas kaca Cahaya dapat dibiaskan, contohnya: pensil
terlihat patah saat dimasukkan ke dalam gelas bening yang berisi air Cahaya
terdiri dari berbagai warna, contohnya: warna pada pelangi.
Reeferensi Jawaban: 3
3.
Bentuk dan sifat bayangan Rina pada
cermin tersebut adalah :
Bayangan bersifat maya Memiliki tinggi yang sama
dengan objek Memiliki ukuran yang sama dengan objek Bayangan bersifat tegak Bayangan
bersifat terbalik Memiliki jarak benda yang sama dgn jarak bayangannya Karena,
bayangan yang terbentuk pada cermin datar akan menghasilkan bayangan seperti di
atas.
Kunci
Jawaban TVRI 12 Mei SMP Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI NUMERASI:
Memformulasikan cara menentukan luas permukaan dan volume bangun berdimensi
tiga (balok, prisma, dan limas) dan menggunakan formula tersebut untuk
menyelesaikan masalah kontekstual
Pertanyaan :
1.
Perhatikan gambar berikut!
Rendi membantu ibunya untuk memasukkan tahu yang
sudah dibeli ke dalam tiga kotak dengan ukuran yang berbeda.
·
Kotak biru memiliki ukuran panjang 24
cm, lebar 10 cm, dan tinggi 8 cm
·
Kotak ungu memiliki ukuran panjang 20
cm, lebar 8 cm, dan tinggi 8 cm
·
Kotak hijau memiliki panjang 12 cm,
lebar 8 cm, dan tinggi 6 cm
Ukuran
tahu yang dibeli memiliki ukuran panjang 4 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 2 cm.
Rendi mengatakan bahwa lebih dari 100 tahu dapat dimasukkan ke dalam tiga wadah
tersebut. Setujukah kamu dengan pernyataan Rendi? Berikan alasanmu!
2.
Andri memiliki kawat sepanjang 15
meter. Dia akan membuat lima buah kubus dengan menjadikan kawat sebagai
kerangka kubus tersebut. Andri ingin meminimalkan sisa dari kawat yang
dimilikinya.
Andri mengatakan bahwa luas maksimal daerah
permukaan masing-masing kubus tersebut adalah 4.704 cm2. Benarkah itu? Jelaskan
alasanmu!
3.
Gambar berikut merupakan penampang
sebuah limas pejal terbuat dari besi dengan alas berbentuk persegi diletakkan
di dalam sebuah prisma.
Panjang sisi alas limas adalah 14 m dan tinggi
limas adalah 24 m. Kakak mengatakan ia membutuhkan air 3.000 m3 untuk mengisi
prisma. Benarkan itu? Jelaskan alasanmu!
Referensi Jawaban :
1.
Simak cara dan penjelasan di bawah ini
:
Volume kotak biru = 24 x 10 x 8 = 1920 cm3
Volume kotak ungu = 20 x 8 x 8 = 1280 cm3
Volume kotak hijau = 12 x 8 x 6 = 576 cm3
Volume tahu = 4 x 4 x 2 = 32 cm3
Volume seluruh kotak = 1920 + 1280 + 576 = 3776
cm3
Jumlah tahu yang bisa dimasukkan dalam kotak =
3776 : 32 = 118 tahu
Jadi
saya setuju dengan pernyataan Rendi, karena tahu yang bisa dimasukkan ke dalam
kotak lebih dari 100 tahu.
2.
Perhatikan cara dan penjelasan di bawah ini :
Panjang kawat untuk 5 buah kubus = 15 m = 1500 cm
Panjang kawat untuk 1 buah kubus = 1500 : 5 = 300
cm
Banyak rusuk sebuah kubus = 12
Panjang sisi kubus adalah 300 : 12 = 25 cm
Rumus luas permukaan kubus adalah L = 6 x S x S
L kubus = 6 x 25 x 25 = 3750 cm2
Jadi,
salah yang dikatakan Andri, karena luas maksimal daerah permukaan masing-masing
kubus adalah 3750 cm2.
3.
Panjang sisi alas limas = panjang/ lebar
prisma = 14 m
Tinggi limas = tinggi prisma = 24 m
Volume air yang dibutuhkan untuk mengisi prisma = 3.000
m3
Langkah
– langkah :
Volume limas = 1⁄3 x Luas alas x tinggi
Volume limas = 1⁄3 x (14 x 14) x 24
Volume limas = 1⁄3 x 4704
Volume limas = 1568 m3
Volume prisma = Luas alas x tinggi
Volume prisma = 14 x 14 x 24
Volume prisma = 4704 m3
Jadi
volume air yang dibutuhkan untuk mengisi prisma adalah 4704 – 1568 = 3136 m3
Sekian
yang dapat buka info share nantikan kembali kunci jawaban untuk tangal 13-17
mei mendatang tetap slalu stay di blog buka info dan jangan lupa sahabat tetap
belajar terlebih dahulu karena jawaban ini hanya bersifat referensi mari kita
sama sama belajar jika refernsi jawaban ada yang salah sahabat dalam
mengirimkan di kolom komentar sekian dan terimakasih #MerdekaBelajar
Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM