-->

Kunci Jawaban TVRI 11-17 Mei Jenjang SD SMP SMA Minggu Kelima 2020


Kunci Jawaban TVRI 11-17 Mei Jenjang SD SMP SMA Minggu Kelima 2020

Buka Info-Berita Dan Informasi. Sahabat Yang Berbahagia Dalam Keadaan Pandemi Covid-19 Buka Info Tetap Selalu Semangat Dan Setia Memberikan Informasi Yang Dapat Sahabat Jadikan Bahan Referensi. Di Kesempatan Ini Buka Info Akan Share Mengenai Kunci Jawaban TVRI 11-17 Mei Jenjang SD SMP SMA Minggu Kelima 2020. Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan  program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi. Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif. Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.
Mari langsung saja sahabat simak untuk Kunci Jawaban TVRI 11 Mei SD 1-3 Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI LITERASI: Memahami isi tayangan, mengingat kembali inti tayangan, menyampaikan gagasan secara lisan, serta menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya.
Pertanyaan
1.   Apa akibatnya jika Wayan dan Chandra tidak mau mengalah?
2.   Mengapa Wayan harus belajar bertanggung jawab?
3.   Apa manfaat bekerja sama yang dilakukan Wayan dan teman-temannya?
Referensi Jawaban
1.   Karena Wayan dan Chandra sama-sama tidak mau mengalah untuk mengambil bola, akibatnya mereka tidak bisa lagi bermain bola.
2.   Karena Wayan yang menendang bola hingga keluar lapangan dan masuk ke dalam semak-semak liar.
3.   Karena Wayan dan teman-temannya bekerja sama, pekerjaan yang mereka lakukan lebih cepat selesai dan juga lebih mudah.
Kunci Jawaban TVRI 11 Mei SD 4-6 Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI NUMERASI:  Mengembangkan pemahaman operasi hitung bilangan pecahan
Pertanyaan
1.   Pada awalnya, drum air yang ada di taman rumah hanya berisi air 1/4 bagian. Karena semalam turun hujan lebat, maka isinya sekarang menjadi hampir penuh, yaitu 4/5 bagian. Berapa bagian banyak air hujan yang menambah isi dalam drum tersebut?
2.   Jumlah siswa kelas V ada 49 orang. Lima per tujuh bagian sedang berolahraga di lapangan. Dari peserta olahraga itu, 3/5 bagian adalah siswa laki-laki. Berapa banyak siswa perempuan yang berolahraga?
3.   Caca mempunyai 3/4 liter air mineral. Ia memberikan kepada Indri 5/8 liter. Kemudian Caca mengambil air mineral dari botolnya sebanyak 5/6 liter. Berapa liter air mineral Caca sekarang?
Referensi Jawaban 1
1.   Pernyataan :
Isi air hujan mula-mula = 1⁄4 bagian
Isi sekarang = 4⁄5 bagian
Ditanya :
Berapa banyak bagian tambahan air hujan?
Jawab :
Langkah pertama adalah menyamakan penyebutnya
1⁄4 dikali 5⁄5 = 5⁄20
4⁄5 dikali 4⁄4 = 16⁄20
16⁄20 – 5⁄20 = 11⁄20
Jadi, banyak air hujan yang menambah drum adalah 11⁄20 bagian
Referensi Jawaban 2
2.   Pernyataan :
Jumlah siswa kelas V = 49 orang
Siswa yang berolahraga = 5⁄7 bagian, dimana 3⁄5 bagiannya adalah siswa laki-laki
Ditanya :
Berapa banyak siswa perempuan yang berolahraga?
Jawab :
Jumlah siswa yang berolahraga 5⁄7 x 49 = 35 siswa
Jumlah siswa laki-laki yang berolahraga 3⁄5 x 35 = 21 siswa laki-laki
Jumlah siswa perempuan yang berolahraga adalah 35 – 21 = 14 siswi
Jadi banyak siswa perempuan yang berolahraga adalah 14 siswa perempuan
Referensi Jawaban 3
3.   Pernyataan
Jumlah air mineral Caca = 3⁄4 liter
Diberikan ke Indri = 5⁄8 liter
Mengambil air lagi = 5⁄6 liter
Ditanya :
Berapa liter air mineral Caca sekarang?
Jawab :
Langkah pertama adalah menyamakan penyebutnya
Jumlah air mineral Caca = 3⁄4 dikali 2⁄2 = 6⁄8
Diberikan ke Indri = 5⁄8 liter (tetap)
Jumlah air setelah diberikan ke Indri adalah 6⁄8 – 5⁄8 = 1⁄8 liter
Jumlah air mineral Caca sekarang
= 1⁄8 + 5⁄6
= 3⁄24 + 20⁄24
= 23⁄24 liter
Jadi jumlah air mineral Caca sekarang adalah 23⁄24 liter
Kunci Jawaban TVRI 11 Mei SMP Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI LITERASI: (1) Mengenali informasi yang akurat dan berdasar fakta; (2) Membuat hipotesis sederhana dalam konteks yang spesifik; (3) Menuliskan pengamatan dan pengalaman secara koheren dan padu menggunakan rujukan secara etis dan metodologi sederhana.
(VO sebelum video) Tidak semua sungai bisa menjadi tempat wisata. Banyak sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah, sehingga warna airnya menjadi cokelat bahkan kehitaman. Itulah yang kemudian menimbulkan polusi air. Mari kita tonton apa yang menyebabkan terjadinya polusi air.
Pertanyaan
1.   Polusi air terjadi karena campur tangan manusia. Jelaskan tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air!
2.   Usaha apa yang kamu lakukan jika di lingkungan sekitarmu ditemukan polusi air?
3.   Tuliskan urutan langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor dengan tepat!
Referensi Jawaban 1
1.   Beberapa contoh aktivitas manusia yang menyebabkan polusi air :
Pabrik-pabrik yang membuang limbahnya ke sungai. Limbah ini mengandung zat-zat berbahaya bagi manusia seperti mercury dan lain-lain. Membuang sampah ke sungai Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan Penggunaan detergen dalam rumah tangga Tumpahan minyak di laut Pertambangan Perusakan hutan Limbah Peternakan dan Pertanian.
Referensi Jawaban 2
2.   Beberapa usaha untuk mengurangi polusi air :
Tidak membuang sampah di sungai atau sumber air lainnya Menggunakan detergen yang ramah lingkungan Rutin melakukan upaya pembersihan sumber air Menanam pohon Menggunakan bahan- bahan yang ramah lingkungan Melakukan pengolahan limbah dengan benar Menjauhkan sumber polutan dari sumber air
Referensi Jawaban 3
3.   Langkah-langkah penjernihan air menggunakan biji kelor :
Belah buah kelor dengan pisau dan keluarkan bijinya Bersihkan bijinya, lalu tumbuk sampai halus biji kelor tersebut. Tambahkan sedikit air sampai biji kelor menjadi pasta Setelah menjadi pasta, masukkan pasta kelor ke dalam air kotor Aduk air dengan sendok secara cepat selama 1 menit Kemudian aduk secara perlahan selama 1 menit Endapkan air selama 1-2 jam atau sampai air menjadi jernih. Bandingkan air hasil penjernihan biji kelor dengan air kotor semula. Hasilnya, air hasil penjernihan biji kelor lebih jernih dibanding air kotor semula.
Kunci Jawaban TVRI 11 Mei SMA Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI LITERASI: Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi berdasarkan pengetahuan dan data yang dapat dipertanggungjawabkan.
(VO sebelum video)  Adakah teman-teman yang ingin menjadi penulis skenario atau sekadar ingin meningkatkan kemampuan sebagai penulis? Edy Cahyono, sutradara sekaligus penulis skenario film “Siti”, berbagi pengetahuan tentang cara menulis sebuah skenario film.
Pertanyaan
Segmen 1
1.   Jelaskan premis dari cuplikan film pendek tersebut!
2.   Ceritakan turning point atau titik balik kedua dalam film tersebut!
Segmen 2
1.   Peristiwa apa yang membuat klimaks dalam film tersebut?
2.   Berdasarkan format film yang telah dijelaskan dalam tayangan tadi, kalau kalian ingin membuat film berdurasi 60 menit, berapa halaman skenario film sebaiknya dibuat? Berikan penjelasan!
Referensi Jawaban
Segmen 1
1.   Premis atau ide pokok dalam film pendek tersebut adalah hubungan antara ayah dan anak yang tidak harmonis.
2.   Turning point ke-2 pada film pendek tersebut adalah saat Aldy meminta maaf kepada ayahnya karena meninggalkan ayahnya sendiri.
Segmen 2
1.   Peristiwa yang membuat klimaks pada film pendek tersebut adalah saat Aldy membangunkan ayahnya yang sedang tertidur di dalam mobil untuk menunaikan sholat. Ternyata sang ayah terlihat lemas dan tidak merespon Aldy. Akhirnya Aldy menangis karena sang ayah telah meninggal dunia.
2.   Bila ingin membuat film berdurasi 60 menit, maka halaman skenario yang dibutuhkan adalah 60 halaman , karena biasanya 1 halaman skenario untuk 1 menit adegan film.
Kunci Jawaban TVRI 12 Mei SD Kelas 1-3 Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI NUMERASI: Menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai tempat dan penjumlahan bilangan cacah sampai dengan 1.000, serta operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah
Pertanyaan di akhir video (2):
1.   Kerjakan soal berikut!
a)    … = 3 puluhan + 4 satuan
b)   57 = … puluhan + … satuan
Pertanyaan di akhir video (5):
2.   Kerjakan soal berikut!
Hitunglah dengan menggunakan bentuk panjang!
a)    48 + 52 = ….
b)   56 + 31 = ….
Pertanyaan di akhir video (6):
3.   Untuk kelas 3: Hitunglah hasil perkalian dan pembagian berikut!
a)    30 X … = 300
b)   40 X 10 = ….
c)    150 : 10 = ….
d)    … : 10 = 20
Referensi Jawaban : 1
a)    34 = 3 puluhan + 4 satuan
b)   57 = 5 puluhan + 7 satuan
Referensi Jawaban di akhir  vidio: 4
a)    34
40 +
74

b)   52
34 +
86
Referensi Jawaban di akhir  vidio: 5
a)    40 + 50 + 8 + 2 = 100
b)    50 + 30 + 6 + 1 = 87
Referensi Jawaban di akhir  vidio: 6
a)    30 X 10 = 300
b)   40 X 10 = 400
c)     150 : 10 = 15
d)   200 : 10 = 20
Kunci Jawaban TVRI 12 Mei SD Kelas 4-6 Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI LITERASI: Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskan kembali dan menanggapi menggunakan pengetahuannya
Pertanyaan :
1.   Ali berdiri di sebuah ruang besar dan Budi berdiri di tengah sawah jauh dari kampung. Mereka sama-sama berteriak. Apa yang terjadi? Jelaskan!
2.   Apa sifat-sifat cahaya? Berikan masing-masing contohnya!
3.   Rina bercermin di depan kaca cermin rias di kamarnya. Bagaimana bentuk dan sifat bayangan Rina pada cermin tersebut? Jelaskan!
Referensi Jawaban :1
1.   Bila Ali berteriak maka akan terjadi gaung. Gaung terjadi karena sumber bunyi dan dinding pemantulnya berjarak dekat Sedangkan bila Budi berteriak, maka akan terdengar gema. Gema terjadi karena sumber bunyi dan dinding pemantulnya berjarak cukup jauh.
Referensi Jawaban: 2
2.   Beberapa sifat cahaya dan contohnya :
Cahaya merambat lurus, contohnya: berkas cahaya pada sebuah lubang terlihat lurus Cahaya dapat dipantulkan, contohnya: cahaya senter terpantul pada cermin Cahaya dapat menembus benda bening, contohnya: cahaya dapat melewati gelas kaca Cahaya dapat dibiaskan, contohnya: pensil terlihat patah saat dimasukkan ke dalam gelas bening yang berisi air Cahaya terdiri dari berbagai warna, contohnya: warna pada pelangi.
Reeferensi Jawaban: 3
3.   Bentuk dan sifat bayangan Rina pada cermin tersebut adalah :
Bayangan bersifat maya Memiliki tinggi yang sama dengan objek Memiliki ukuran yang sama dengan objek Bayangan bersifat tegak Bayangan bersifat terbalik Memiliki jarak benda yang sama dgn jarak bayangannya Karena, bayangan yang terbentuk pada cermin datar akan menghasilkan bayangan seperti di atas.
Kunci Jawaban TVRI 12 Mei SMP Minggu Kelima 2020
KOMPETENSI NUMERASI: Memformulasikan cara menentukan luas permukaan dan volume bangun berdimensi tiga (balok, prisma, dan limas) dan menggunakan formula tersebut untuk menyelesaikan masalah kontekstual
Pertanyaan :
1.   Perhatikan gambar berikut!
Rendi membantu ibunya untuk memasukkan tahu yang sudah dibeli ke dalam tiga kotak dengan ukuran yang berbeda.
·        Kotak biru memiliki ukuran panjang 24 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 8 cm
·        Kotak ungu memiliki ukuran panjang 20 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 8 cm
·        Kotak hijau memiliki panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 6 cm
Ukuran tahu yang dibeli memiliki ukuran panjang 4 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 2 cm. Rendi mengatakan bahwa lebih dari 100 tahu dapat dimasukkan ke dalam tiga wadah tersebut. Setujukah kamu dengan pernyataan Rendi? Berikan alasanmu!
2.   Andri memiliki kawat sepanjang 15 meter. Dia akan membuat lima buah kubus dengan menjadikan kawat sebagai kerangka kubus tersebut. Andri ingin meminimalkan sisa dari kawat yang dimilikinya.
Andri mengatakan bahwa luas maksimal daerah permukaan masing-masing kubus tersebut adalah 4.704 cm2. Benarkah itu? Jelaskan alasanmu!
3.   Gambar berikut merupakan penampang sebuah limas pejal terbuat dari besi dengan alas berbentuk persegi diletakkan di dalam sebuah prisma.
Panjang sisi alas limas adalah 14 m dan tinggi limas adalah 24 m. Kakak mengatakan ia membutuhkan air 3.000 m3 untuk mengisi prisma. Benarkan itu? Jelaskan alasanmu!
Referensi Jawaban :
1.   Simak cara dan penjelasan di bawah ini :
Volume kotak biru = 24 x 10 x 8 = 1920 cm3
Volume kotak ungu = 20 x 8 x 8 = 1280 cm3
Volume kotak hijau = 12 x 8 x 6 = 576 cm3
Volume tahu = 4 x 4 x 2 = 32 cm3
Volume seluruh kotak = 1920 + 1280 + 576 = 3776 cm3
Jumlah tahu yang bisa dimasukkan dalam kotak = 3776 : 32 = 118 tahu
Jadi saya setuju dengan pernyataan Rendi, karena tahu yang bisa dimasukkan ke dalam kotak lebih dari 100 tahu.
2.    Perhatikan cara dan penjelasan di bawah ini :
Panjang kawat untuk 5 buah kubus = 15 m = 1500 cm
Panjang kawat untuk 1 buah kubus = 1500 : 5 = 300 cm
Banyak rusuk sebuah kubus = 12
Panjang sisi kubus adalah 300 : 12 = 25 cm
Rumus luas permukaan kubus adalah L = 6 x S x S
L kubus = 6 x 25 x 25 = 3750 cm2
Jadi, salah yang dikatakan Andri, karena luas maksimal daerah permukaan masing-masing kubus adalah 3750 cm2.
3.   Panjang sisi alas limas = panjang/ lebar prisma = 14 m
Tinggi limas = tinggi prisma = 24 m
Volume air  yang dibutuhkan untuk mengisi prisma = 3.000 m3
Langkah – langkah :
Volume limas = 1⁄3 x Luas alas x tinggi
Volume limas = 1⁄3 x (14 x 14) x 24
Volume limas = 1⁄3 x 4704
Volume limas = 1568 m3
Volume prisma = Luas alas x tinggi
Volume prisma = 14 x 14 x 24
Volume prisma = 4704 m3
Jadi volume air yang dibutuhkan untuk mengisi prisma adalah 4704 – 1568 = 3136 m3
Sekian yang dapat buka info share nantikan kembali kunci jawaban untuk tangal 13-17 mei mendatang tetap slalu stay di blog buka info dan jangan lupa sahabat tetap belajar terlebih dahulu karena jawaban ini hanya bersifat referensi mari kita sama sama belajar jika refernsi jawaban ada yang salah sahabat dalam mengirimkan di kolom komentar sekian dan terimakasih #MerdekaBelajar





















0 Response to "Kunci Jawaban TVRI 11-17 Mei Jenjang SD SMP SMA Minggu Kelima 2020"

Post a Comment

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel