Panduan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Kedua Batas akhir pendaftaran 23 April 2020

Buka Info
0


Buka Info_Berita Dan Informasi. Sahabat buka info yang berbahagia berhubung masih banyak yang belum tau pembukaan pendaftaran kartu pra kerja, disini buka info akan share mulai pembukaan daftar kartu prakerja yang di mulai tanggal 20-23 April 2020. Dan saya share panduan untuk cara daftarnya yang di kutip dari https://www.prakerja.go.id/.
Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Apa sih tujuan Kartu Prakerja?
Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.
Apakah Kartu Prakerja menggaji pengganguran?
Tidak. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, bukan untuk menggaji pengangguran ya!

Siapa aja sih yang bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?
Kamu bisa mendaftar jika kamu adalah WNI usia 18 tahun keatas dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Awalnya, program diprioritaskan untuk pengangguran muda. Namun untuk merespon COVID-19, program diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Eh, apakah harus menganggur?
Tidak kok! Orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Prakerja.
Apakah lulusan universitas unggulan dan sudah bekerja bisa dapat manfaat  Kartu Prakerja?
Tentu saja bisa! Karena pekerja baik itu lulusan universitas unggulan ataupun tidak juga butuh peningkatan kompetensi kerja dan keahlian. Namun, prioritas tetap diberikan pada pengangguran muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.
Siapa yang akan melaksanakan operasional Kartu Prakerja dan memberikan persetujuan manfaat Kartu Prakerja?
Manajemen Pelaksana yang berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Semua kebijakan Kartu Prakerja dirumuskan oleh Komite yang terdiri dari 8 (delapan) Menteri.

Akun Saya
Bagaimana cara Daftar Akun
Daftar akun Kartu Prakerja itu sangat mudah. Kamu bisa pakai email kamu yang aktif. Berikut panduannya:

Masukkan nama lengkap kami, email dan password
Klik Daftar.
Kamu akan menerima notifikasi

Selanjutnya buka email kamu, dan lakukan verifikasi email kamu

Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Bagaimana ya cara Login Akun?
Buka laman www.prakerja.go.id
Klik Login atau Masuk pada Laman Depan

Masukkan email dan password akun kamu. Klik Login.
Berhasil masuk ke akun.

Saya lupa password bagaimana?
Klik Masuk atau Login pada situs Kartu Prakerja.

Klik Lupa Password?
Masukkan alamat email kamu yang telah terdaftar, lalu klik Kirim.


Kamu akan menerima email link verifikasi, klik link tersebut untuk melanjutkan.

Setelah itu, masukkan password baru kamu

Klik Atur Ulang.
Kamu telah berhasil merubah password.

Saya tidak menerima Kode Verifikasi atau OTP
Kode Verifikasi atau OTP (One-Time Password) adalah password dinamis yang terdiri dari 4 maupun 6 digit angka unik dan rahasia yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau email yang tercantum pada akun Kartu Prakerja kamu. Kode ini berfungsi sebagai alat validasi untuk mencegah adanya tindakan penyalahgunaan akun. Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama beberapa menit.

Kamu tidak akan menerima kode OTP apabila nomor telepon atau email yang tercantum pada akun sudah tidak digunakan atau sudah tidak aktif. Untuk itu, kamu harus pastikan bahwa nomor telepon maupun email yang terdaftar pada akun kamu sudah sesuai dengan yang digunakan saat ini.
Apabila nomor telepon dan email yang kamu gunakan saat ini masih aktif namun kamu tidak menerima kode OTP, silakan hubungi kami di info@prakerja.go.id

Akun saya diblokir
Manajemen Pelaksana sebagai pengelola situs Kartu Prakerja berhak memblokir akun pengguna yang melanggar Syarat dan Ketentuan. Pastikan bahwa kamu telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan.

Apabila kamu merasa tidak melakukan pelanggaran yang ada di bagian Syarat dan Ketentuan Kartu Prakerja namun akun kamu diblokir, silakan hubungi kami di info@prakerja.go.id

Saya ingin ubah nama akun
Akun Kartu Prakerja kamu harus sesuai dengan nama yang ada di Kartu Tanda Penduduk kamu, dan tidak dapat diubah.
Saya ingin ubah password

Password merupakan hal penting saat kamu ingin login ke akun Kartu Prakerja. Apabila kamu merasa passwordmu mudah ditebak atau sudah tidak aman, kamu dapat melakukan perubahan password secara berkala.
Apabila kamu ingin mengubah password, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Login atau Masuk ke akun Kartu Prakerja kamu
Lalu pilih Profile, lalu klik Ubah password / Password
Masukkan password lama, lalu masukkan password baru. Lalu klik Ubah / Atur Ulang.

Tolong diingat bahwa password merupakan hal rahasia. Karenanya, jangan memberikan atau menyebarkan password akunmu kepada pihak lain.
Akun saya disalahgunakan orang lain

Apabila kamu merasa ada orang lain yang menggunakan akun kamu atau ada perubahan password tanpa sepengetahuan kamu, segera ubah password di halaman Profil kamu.

Apabila terdapat perubahan password tanpa sepengetahuan kamu sebagai pemilik akun, silakan klik tombol Lupa password? yang ada di bagian masuk/login.

Apabila kamu tetap tidak bisa mengakses akun Kartu Prakerja kamu, silakan klik Hubungi Kami di bawah ini.

Saat mengganti password, jangan pernah membagikan link verifikasi atau kode verifikasi/OTP atau password-mu kepada orang lain untuk menghindari kebocoran akun.

Bagaimana untuk jaga keamanan akun
Untuk mencegah penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pastikan kamu memahami panduan keamanan berikut:
·         Kode one-time password (OTP) atau kode verifikasi adalah informasi rahasia, jangan bagikan kode tersebut ke pihak manapun termasuk ke pihak yang mengaku karyawan Manajemen Pelaksana atau Pemerintah.
·         Jangan mudah percaya pada pihak yang mengaku sebagai karyawan Manajemen Pelaksana atau Pemerintah, dan jangan memberitahukan data pribadi atau mentransfer sejumlah dana ke pihak tersebut.
·         Waspadalah apabila kamu diminta untuk mengakses sebuah link oleh pihak lain. Jangan mengakses link yang mengharuskan kamu untuk memberikan nama akun dan password.
·         Ganti password akun Kartu Prakerja dan akun email pribadi kamu secara berkala dan jangan menggunakan password yang sama.
·         Semua informasi akan dipublikasikan melalui kanal resmi Kartu Prakerja, yaitu di website www.prakerja.go.id, email dengan domain @prakerja.go.id, atau lewat media sosial resmi Kartu Prakerja.
·         Kenali akun resmi Kartu Prakerja dengan baik.

Pendaftaran Kartu Prakerja
Apa saja tahap pendaftaran Kartu Prakerja?
Setelah berhasil daftar akun dan login akun kamu, masuk ke Dashboard akun kamu.
Isi verifikasi KTP kamu

Klik Berikutnya
Lengkapi data diri kamu dan unggah foto KTP dan swafoto kamu dengan KTP kamu

Lakukan Verifikasi Nomor Handphone

Klik Kirim
Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP kamu

Klik Verifikasi.
Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar


Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.
Berikutnya kamu wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar

Klik Mulai Tes Sekarang

Setelah isi tes, hasil tes akan di evaluasi, mohon menunggu sebentar sekitar 5 menit, jika sudah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.
Pendaftaran kamu sedikit lagi selesai, kamu tinggal ikut seleksi Gelombang, pilih lah Gelombang yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu.

Tahap pendaftaran kamu selesai!
Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos / bisa ikut Gelombang yang pilih di Dashboard akun kamu.

Saya ingin cek status pendaftaran bagaimana?
Login ke akun kamu, lalu cek di Dashboard kamu, jika telah selesai evaluasi kamu akan menerima notifikasi Lolos atau Tidak Lolos pada Dashboard akun kamu.


Tes & Seleksi Gelombang
Apakah saya harus menjalani tes untuk mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja?
Iya, kamu harus mengikuti tes Motivasi & Kemampuan dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.
Apakah tes mempengaruhi kelolosan saya?
Ya, tes merupakan salah satu komponen yang wajib kamu ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja kamu.
Apakah tes mempunyai durasi atau limit waktu?
Tes Motivasi & Kemampuan dasar dengan berdurasi maksimal 25 menit dengan 19 soal, kamu bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Berapa banyak soal di tes?
Total soal di Tes Motivasi & Kemampuan Dasar adalah 19 soal.

Apa yang perlu saya siapkan sebelum tes?
Untuk membantu kamu, kamu bisa menyiapkan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.
Apakah seleksi Gelombang mempengaruhi kelolosan saya?
Benar, setiap seleksi Gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota, pada saat kamu melakukan proses pendaftaran, jangan lupa segera untuk ikut seleksi Gelombang agar tidak ketinggalan kuota.

Apakah setiap gelombang (batch) mempunyai kuota?
Ya, setiap Gelombang mempunya kuota untuk area dan periode tertentu. Cek Dashboard akun kamu untuk cek Gelombang yang masih terbuka.
Kalau saya tidak dapat kuota Gelombang yang saya pilih apakah saya bisa ikut seleksi Gelombang berikutnya?
Boleh kok, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Disetiap Gelombang yang kamu pilih, kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos atau tidak di Dashboard akun kamu.
Jika saya gagal atau tidak lolos seleksi Gelombang apakah harus ulang lagi pendaftaran?
Tidak, jika gagal seleksi gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Status lolos atau tidak lolos Kartu Prakerja
Bagaimana saya tahu saya lolos atau tidak?
Jika lolos seleksi Gelombang, kamu akan menerima notifikasi:


Jika kuota Gelombang sudah habis, kamu akan menerima notifikasi:


Jika saya kehabisan kuota, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?
Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya / Gelombang lainnya.

Bantuan Biaya / Pagu / Saldo Pelatihan
Apakah bantuan biaya pelatihan Kartu Prakerja diberikan secara tunai?
Tidak. Bantuan untuk pelatihan diberikan secara non-tunai.
Berapa kali bantuan/manfaat Kartu Prakerja diberikan?
Sekali saja, namun kamu bisa menggunakannya untuk mengikuti beberapa pelatihan.

Berapa jumlah saldo bantuan pelatihan yang akan saya terima?
Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, untuk anggaran tahun 2020 kamu akan menerima bantuan pelatihan sebesar Rp. 1 juta.
Bagaimana saya mengetahui besarnya pagu Kartu Prakerja yang diberikan pada saya?
Kamu akan menerima notifikasi besaran pagu yang disetujui pada akun Dashboard kamu. Pastikan kamu cek secara berkala di akun kamu.
Apakah pagu / saldo Kartu Prakerja saya dapat dipakai oleh orang lain?
Tidak, pagu hanya dapat dipakai oleh kamu sendiri sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja. Pagu tidak dapat dipindahtangankan kepada orang lain.

Apakah saldo bantuan pelatihan ada kedaluwarsa nya?
Ya, jika kamu lolos mendapatkan Kartu Prakerja, kamu harus memakainya di Mitra Platform Digital Pelatihan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterima, dan wajib digunakan dalam tahun anggaran berjalan.
Jika sudah hangus atau kedaluwarsa maka saldo / pagu bantuan pelatihan akan di kembalikan ke rekening kas negara.
Apakah saya dapat meminta penambahan pagu/saldo bantuan pelatihan?
Manajemen Pelaksana tidak dapat menambah pagu yang telah disetujui. Namun Manajemen Pelaksana berhak membatalkan pagu secara sementara atau permanen jika ada indikasi kecurangan atau terbukti ada pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Kartu Prakerja.

Pembelian Pelatihan di Platform Digital Mitra
Dimana saja saya dapat menggunakan pagu saya untuk membeli/membayar pelatihan?
Kamu dapat menggunakan pagu Kartu Prakerja hanya di Platform Digital Mitra yang resmi, yaitu:















Bagaimana jika pagu saya tidak cukup untuk membeli pelatihan yang saya mau?
Saat ini, kamu hanya dapat membeli pelatihan dengan besaran sama atau kurang dari jumlah pagu kamu.

Bagaimana jika saya gagal menggunakan pagu di Mitra Platform Digital?
Pastikan kamu telah memasukkan data yang benar pada saat membeli pelatihan di Platform Digital Mitra. Kamu dapat menghubungi Customer Service Platform Digital Mitra atau kamu dapat hubungi kami di info@prakerja.go.id
Pelatihan apa saja yang bisa saya beli / bayar dengan Kartu Prakerja?
Kamu bisa memilih beragam jenis pelatihan, dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain: cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain. Cek jenis - jenis pelatihan yang tersedia di situs Mitra Platform Digital kami.

Insentif
Siapa saja yang bisa mendapatkan insentif?
Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama.
Apa saja insentif dan berapa jumlah nya?
Insentif, yang terdiri dari 2:
1.   Insentif Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 600.000,- / bulan (selama 4 bulan)
2.   Insentif Survei Keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 50.000/survei (akan ada 3 survei)

Kapan saya bisa mendapatkan insentif?
Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu akan menerima insentif Pelatihan jika:
1.   Telah menyelesaikan Pelatihan
2.   Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dst.
3.   Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan; dan
4.   Telah memberikan penilaian Lembaga Pelatihan
Untuk insentif Survey, di terima jika penerima Kartu Prakerja telah mengisi survey di akun www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Apakah saya bisa mendapatkan insentif jika belum mendapatkan persetujuan Kartu Prakerja?
Tidak, kamu hanya bisa mendapatkan insentif ketika kamu telah menjadi pemegang Kartu Prakerja yang sah dan telah menyelesaikan pelatihan kamu.

Dimana saya bisa cek jumlah insentif yang akan saya terima?
Kamu bisa cek pada akun Dashboard kamu, pastikan kamu cek statusnya secara berkala ya.

Apakah insentif diberikan secara tunai atau non-tunai?
Insentif kamu akan di berikan dengan cara di transfer ke rekening bank kamu atau e-wallet kamu.

Bagaimana saya mendapatkan insentif?
Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank kamu yang telah kamu daftarkan di akun kamu di www.prakerja.go.id

Insentif dapat saya gunakan untuk apa saja?
Insentif dapat kamu gunakan untuk apa saja, apakah untuk meringankan biaya yang sudah kamu habiskan ketika pelatihan seperti makan, transport, dan pulsa; atau juga untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan.
Semoga Dapat Bermanfaat Bagi sahabat yang membutuhkan.
Sumber klik disini


Post a Comment

0Comments

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Post a Comment (0)