Tips Istirahat Cukup

Buka Info


Sahabat buka info yang berbahagia di kesempatan ini saya ingin berbagi tips kepada sahabat sekalian tentang bagaimana kita bisa mendapatkan istirahat yang cukup simak sedikit penjelasan berikut ini:
1.    Hindari konsumsi kopi, rokok, dan alkohol
Setelah makan siang hindari mengomsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti bisa menyebabkan pola tidur terganggu. Dua jam sebelum tidur hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok juga bisa merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang memuat susah tidur.
2.    Tetapkan waktu tidur yang teratur
Jam tidur berantakan bisa menggangu jam biologis sahabat. Walau telat tidur bukan berarti sahabat bisa bangun lebih siang. Awalnya memang sulit, namun apabila pola itu susah tertanam dengan baik pasti bisa dijalani.
3.    Sempatkan untuk berolahraga setiap hari
Tubuh yang selalu aktidf secara fisik, selain baik untuk kesehatan secara umum tetapi juga membantu untuk memastikan tidur yang nyenyak dimalam hari. Perlu diketahui juga, agar tidak berolahraga mendekati jam tidur karena akan menyulitkan tubuh untuk tertidur, karena tubuh masih dalam keadaan, bersemangat atau belum rileks.
4.    Tenangkan pikiran dan mental
Tenangkan pikiran dan mental sahabat, jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Siapkan diri untuk tidur dan mimpi indah.
Sahabat banyak sekali ancaman bagi kesehatan jika kita kurang tidur yang cukup:  akan terjadinya hilangnya konsentrasi  saat belajar, memperburuk kondisi kesehatan tubuh, kulit terlihat lebih tua, hilang fokus saat berkendara, munculnya obesitas, stres yang meningkat, dan sering lupa.

Sahabat untuk kebutuhan pola tidur yang dijalani sebagian besar orang adalah pola tidur selama beberapa jam dalam satu waktu tertentu. Namun sebagian orang mengabaikan pola ini dan memiliki kebiasaan tidur dimana dan kapan saja yang memengaruhi pengaturan hidup sehari hari.
1.    Untuk usia 0-1 bulan
Bayi yang usianya baru mencapai dua bulan, umumnya membutuhkan tidur 14-18 jam setiap hari.
2.    Untuk usia 1-18 bulan
Pada usia ini, bayi membutuhkan waktu tidur 12-14 jam setiap hari, termasuk tidur siang. Tidur cukup akan membuat tibuh dan otak bayi berkembang baik dan normal
3.    Usia  3-6 tahun
Kebutuhan tidur yang sehat di usia anak menjelang masuk sekolah ini, mereka membutuhkan waktu untuk istirahat tidur 11-13 jam, termasuk tidur siang. Menurut penelitian, anak usia di bawah enam tahun yang kurang tidur akan cenderung terkena obesitas dikemudian hari.
4.    Usia 6-12 tahun
Anak usia sekolah ini, membutuhkan waktu tidur 10 jam. Menurut penelitian, anak yang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, dapat menyebebkan mereka menjadi hiperaktif, tidak konsentrasi belajar, dan memiliki masalah pada perilaku di sekolah.
5.    Usia 12-18 tahun
Menjelang remaja sampai remaja, kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam. Studi menunjukan bahwa remaja yang kurang tidur, lebih rentan terkena depresi, tidak fokus, dan punya nilai sekolah yang buruk.
6.    Usia 18-40 tahun
Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari. Pada dokter ,menyarankan bagi mereka yang ingin hidup sehat untuk menerapkan aturan ini pada kehidupanya.
7.    Lansia
Kebutuhan tidur terus menurun, cukup 7 jam per hari, jika telah mencapai lansia yaitu 60 tahun ke atas maka kebutuhan tidur cukup 6 jam per hari.
Sekian tips hidup sehat dengan menerapkan istirahat yang cukup yang dapat buka info share semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian jangan lupa untuk di share kepada sahabat yang lainnya.