Penyakit Berjangkit Pada Musim Banjir



 
Buka Info – Hidup Sehat.  Indonesia saat ini telah banyak diguyur oleh  hujan, sudah tidak asing lagi untuk di bulan Desember ini pasti terjadinya banjir dimana mana yang di akibatkan oleh hujan. Dan sejumlah penyakitpun berjangkit oleh karena itu kita harus waspada adanya penyakit yang di sebabkan oleh banjir tidak peduli seberapa tingginya genangan air sehingga dapat tercemar oleh berbagai bakteri usus seperti E.coli, salmonella, dan shigella, hepatitis A virus dan agen pembawa tifus, paratifoid dan tetanus. Untuk kuman bakteri dan virus ini merupakan hasil dari polutan pertanian atau air limbah industri yang berbahaya ataupun polutan rumah tangga seperti sampah dari makanan rumah tangga, kotoran manusia, air selokan, kotoran hewan, bangkai, pestisida, insektisida, minyak, pupuk, asbes, dan sebagainya berikut ini buka info akan menguraikan penyakit berjangkit pada saat musim banjir:
1.      Penyakit Demam Berdarah ( DBD )
Untuk kategori yang pertama ini ialah penyakit yang sering terjangkit pada musim banjir ialah demam berdarah. penyakit demam berdarah ialah penyakit infeksi akut yang di sebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Untuk anak anak yang terjangkit oleh demam berdarah akan mengalami demam dengan ruam. Dan untuk orang dewasa mungkin akan mengalami demam yang ringan atau penyakit demam tinggi melumpuhkan yang timbulnya mendadak, dengan sakit kepala nyeri di belakang mata, nyeri otot dan sendi, serta ruam. Dan menurut who (world Health Organization) bahwa mencatat negara indonesia sebagai negara dengan kasus demam berdarah tertinggi se-Asia Tenggara.
2.      Penyakit Malaria
Yang di sebabkan oleh genangan air atau terjadinya luapan sungai yang dapat sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk sehingga dapat meningkatkan untuk berpotensi terpapar dari populasi korban bencana. Dengan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk sangat sulit untuk dicegah terutama apabila terjadinya bencana. Untuk gejala malaria ini dengan adanya mengigil dan kelelahan. Apabila tidak diobati penyakit malaria dapat berakibat fatal karena akan mengganggu untuk paokan dari peredaran darah untuk ke organ vital. Tetapi untuk negara indonesia saat ini penyakit malaria cukup baik karena adanya penurunan yang lumayan drastis.
3.      Penyakit diare
Untuk penyakit diare penyakit yang tersebar luas di seluruh negara berkembang ini. Dengan terjadinya diare berat dapat mengakibatkan fatal bagi penderitanya sehingga harus membutuhkan bantuan medis sesegera mungkin yang di akibatkan dihedrasi dengan cairan dan nutrisi tubuh yang terbuang dalam jumlah yang besar bersama cairan diare terutama pada anak anak dan bayi, dengan orang yang kekurangan gizi dan bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Sedangkan menurut WHO anak di seluruh dunia kebanyakan di bawah usia 5 tahun meninggal akibat penyakit diare. Untuk gejala penyakit diare sangat bervariasi sekali mulai dengan sakit perut singkat dengan kotoran BAB yang tidak begitu encer sehingga terjadi kram perut yang disertai konsistensi feses yang sangat encer. Untuk penyakit diare parah kemungkinan penderitanya dapat mengalami demam dan krsm perut yang begitu hebat dan cairan diare dapat bercampur dengan lendir dan darah.
4.      Penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
Untuk penyakit infeksi saluran pernapasan akut adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan seperti hidung, tenggorokan, atau paru paru untuk gejala utama dapat berupa seperti gejala flu umum, batuk dan demam yang dapat di aertai sesak napas atau nyeri pada dada. Biasanya penyekit infeksi ini disebabkan oleh virus, bakteri atau organinisme lain yang datang dari lingkungan tak sehat. Untuk penyakit ispa sangat mudah untuk penularanya seperti melalui  air ludah, darah, bersin, dan lain sebagainya.
Selain 4 jenis penyakit ini yang terjadi pada musim  banjir, kalian juga harus mewaspadai penyakit berikut ini pada musim banjir: Leptospirosis, tipes, tetanus, hipotermia, Hepatitis A, penyakit kulit, alergi nah ini sejumlah penyakit yang harus di waspadai. Semoga bermanfaat, Yuuk share artikel ini !!!

Share Artikel ini,Yuuk!!! :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit Berjangkit Pada Musim Banjir"

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

 
Copyright © 2015 BUKA INFO - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top