Alasan Menurut Medisnya Mengapa Mulut Terasa Pahit

Buka Info


Mulut terasa pahit mungkin banyak bermacam macam, seperti mulai dari asam lambung yang naik ke kerongkongan sampai dengan efek samping radioterapi untuk pengobatan kanker, sehingga menjadi mulut terasatidak enak. Rasa tidak enak biasanya berupa rasa pahit dan asam.
Jika kita sudah berbicara dengan masalah mulut yang pahit dapat menghilangkan rasa nafsu makan yang hilang yang di sebabkan ada gangguan yang berkaitan dengan hal tersebut. Dalam dunia medis gangguan ini disebut dengan dysgeusia. Penderita ini merasakan mulut pahit, asam, asin, untuk kondisiyang lebih buruk mulut terasa tengik dan serasa busuk.
 
Dalam mulut manusia memiliki sekitar sepuluh ribu tunas pengecapyang tersebar dilidah langit langit mulut, serta kerongkongan yang berbatasan dengan tenggorokan, masing masing tunas  pengecap memiliki sekitar lima puluh reseptorsel sensorik, tunas pengecap inilah yang dapat menangkap lima rasa utama yaitu:
1.    Manis
2.    Asin
3.    Asam
4.    Pahit
5.    Gurih
Konsumsi  obat obatan perubahan hormon tingkat kesehatan seseorang kondisi kehamilan serta usia dapat menjadi penyebab perubahan rasa pada mulut.
Mulut Terasa Pahit pada Ibu Hamil
Meskipun tidak terlalu umum, ada ibu hamil yang mengalami dysgeusia, terutama pada awal masa kehamilan. Rasa pada mulut yang tidak enak ini diduga disebabkan oleh adanya hormon kehamilan.
Agar rasa pahit pada mulut ibu hamil ini tidak terlalu mengganggu, dapat disiasati dengan beberapa cara, yaitu:
1.    Netralkan dengan garam
Kadang-kadang, mulut yang terasa tidak enak ini bisa dikarenakan ibu hamil sensitif terhadap makanan manis. Tambahkan sejumput garam pada makanan-makanan manis yang akan dikonsumsi. Selain itu, utamakan mengonsumsi makanan yang gurih, seperti keju, sebagai penetral rasa pahit.
2.    Minta vitamin kunyah
Ada satu cara lagi untuk menangani mulut terasa pahit, yaitu minta vitamin kunyah pada dokter Anda. Vitamin untuk kehamilan yang dikonsumsi dengan cara dikunyah ini mungkin dapat menetralkan rasa yang tidak enak tersebut.
3.    Makan apa saja
Jika Anda tidak bisa mengonsumsi makanan tertentu karena berakibat mulut terasa pahit, konsumsilah makanan apa saja yang bisa Anda makan. Di lain sisi, tidak perlu merasa takut kekurangan gizi sebab rasa tidak enak pada mulut akan berangsur hilang saat kehamilan memasuki trimester kedua dan Anda bisa mulai mengatur gizi seimbang lagi. Anda juga dapat mengkonsultasikan keadaan ini pada dokter jika kondisi ini membuat Anda khawatir.
4.    Tambahkan perasa asam
Rasa pahit pada mulut dapat dihilangkan dengan mengonsumsi makanan yang terasa asam. Misalnya, air putih yang ditambah perasan lemon atau daging yang direndam dalam cuka atau air jeruk nipis sebelum dimasak. Selain membantu menghilangkan rasa pahit pada mulut, rasa asam dapat merangsang produksi air liur sekaligus indera pengecap.
5.    Menyikat gigi lebih sering
Menyikat gigi lebih sering kemungkinan besar dapat membantu melenyapkan rasa pahit di mulut. Jangan lupa, sikat pula permukaan lidah dan langit-langit mulut. Setelah menyikat gigi, kumur dengan larutan baking soda untuk menetralkan kadar pH dengan perbandingan baking soda ¼ sendok makan dan air 1 cangkir.
6.    Mulut Terasa Pahit akibat Obat-Obatan
Seseorang yang sedang mengonsumsi obat-obatan untuk mengobati suatu penyakit bisa merasakan mulut yang terasa pahit, terutama pada pasien berusia lanjut. Biasanya tim medis menyiasati dengan memberikan cairan yang telah ditambah garam atau gula sebagai asupan dan penetral dari mulut yang terasa pahit. Namun, ada kemungkinan mengalami efek samping berupa hipertensi. Oleh karena itu, anggota keluarga perlu mendiskusikan masalah diet pasien dengan dokter terkait, terutama bila hal ini memperburuk kesehatan.
Untuk membantu mengurangi mulut yang terasa pahit, Anda dapat berkumur dengan air, menyikat seluruh bagian dalam mulut menggunakan pasta gigi, berkumur menggunakan mouthwash, mengunyah permen karet bebas gula, dan mengganti peralatan makan yang terbuat dari logam dengan peralatan yang terbuat dari plastik.
Ini lah ilmu yang dapat buka info share kepada sahabat sekalian semoga dapat bermanfaat, TERIMAKASIHH....