5 Cara Mengatasi Mengapa Tubuh Kita Membutuhkan Zat Besi

Buka Info
Assalamualaikum sahabat buka info kali ini akan share tentang manfaat Zat besi tidak kalah pentingnya di butuhkan  oleh tubuh agar tetap sehat. Pada umunya, zat besi merupakan mineral yang dapat melakukan banyak hal di dalam tubuh kita. Mulai dari membantu menjaga agar tubuh tidak mengalami anemia, hingga menjaga kesehatan sel-sel tubuh, kuku, rambut, dan kulit kita ini.
Mungkin kita sudah banyak menetahui bahwa Zat besi ini adalah salah satu mineral alami yang terkandung di dalam makanan, tambahan di dalam beberapa produk makanan, dan  yang tersedia dalam bentuk suplemen. Zat besi ini  juga merupakan komponenyang sangat penting /sangat utama hemoglobin, bagian dari sel darah merah. Tidak hanya itu saja, zat besi juga berguna dalam proses metabolisme tubuh, untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal sel-sel tubuh, serta berperan dalam pembentukan hormon dan jaringan ikat pada tubuh.
 
Kali ini akan memberikan alasan Berikut ini alasan mengapa kita dianjurkan tidak melewatkan zat besi sebagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh
  • Zat besi ini bagus buat kesehatan ibu dan janin Saat hamil, bagi wanita akan membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Pada umumnya, kekurangan zat besi dapat membahayakan kesehatan bayi, seperti bayi terlahir prematur, berat badan bayi saat lahir rendah, bayi rentan terserang infeksi, dan bahkan mengakibatkan kematian bayi. 
  •  Akibat dari kekurangan zat besi ini dapat mengakibatkan terjadinya rambut rontok K. Cara yang mudah mengatasinya adalah dengan mengonsumsi cukup zat besi di dalam menu harian kita, seperti kita harus  mengonsumsi tiram, kerang, polong-polongan, dan bayam.
  • Zat besi ini dapat meningkat  proses blajar. Bagi kita yang Mengonsumsi cukup zat besi dapat membantu dalam mengatasi gangguan dalam belajar. Karena zat besi dianggap dapat meningkatkan proses belajar, berpikir, dan daya ingat seseorang 
  • Akibat kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia Tubuh kita membutuhkan sel darah merah untuk mendapatkan cukup oksigen. Sel darah merah ini dibentuk dari hemoglobin yang mengandung zat besi. Sehingga, dapat dikatakan, zat besi merupakan komponen penting sebagai pembentuk sel pembawa oksigen bagi sel-sel tubuh.Kekurangan sel darah merah disebut anemia defisiensi (kekurangan) zat besi. Ketika menstruasi, wanita dapat mengalami kekurangan zat besi. Terutama ketika volume darah yang keluar cukup banyak atau jangka waktu menstruasi panjang.
  • Akibat dari kekurangan zat besi dapat menyebabkan kita mudah lelah Seperti yang sudah disebutkan di atas, zat besi merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Tanpa sel darah merah yang sehat, tubuh akan mengalami masalah dalam mendapatkan oksigen. Hal ini dapat menimbulkan rasa lelah dan lemah.
Tidak hanya itu, zat besi juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dari asupan yang bernutrisi dan berpengaruh dalam antaran sinyal dalam saraf tubuh. Tidak sekedar pada bayi, orang dewasa yang kekurangan zat besi juga lebih rentan terserang penyakit lainnya.
Untuk Penuhi Kebutuhan Zat Besi dengan Konsumsi Makanan seperti di bawah ini :
 Bagi anda yang tidak ingin mengalami kekurangan zat besi? Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi guna untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian  pada tubuh Anda sehingga tidak kekurangan zat besi.
  • Tiram. makan ini seperti Tiram, cumi-cumi, dan kerang merupakan hidangan laut yang dapat memenuhi kebutuhkan zat besi untuk tubuh kita. Satu tiram ukuran sedang bahkan dapat memberikan sekitar 5 mg zat besi. Selain zat besi, tiram juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin B12 dan zinc. Jika Anda tidak suka dengan tiram, jangan khawatir, Anda bisa mengantinya dengan tuna atau salmon. Harap berhati-hati bagi wanita hamil yang ingin mengonsumsi hidangan laut 
  •  Bayam
    Sayuran ini ternyata tidak hanya kaya akan vitamin, serat, dan kalsium. Tetapi, bayam juga mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Di dalam satu mangkuk bayam terdapat setidaknya lebih dari 6 mg zat besi. Jika kita bisa mengonsumsi dengan cara direbus atau ditumis untuk memudahkan tubuh dalam menyerap nutrisi yang ada di dalamnya.
  • Hati. bagi yang belum mengetahui Jangan mengira hati sapi atau hati ayam ini tidak mengandung nutrisi sama sekali. Justru, makanan ini termasuk ke dalam daftar makanan yang mengandung zat besi yang cukup sangat tinggi. Tidak hanya zat besi, hati juga mengandung protein, vitamin A, vitamin C, dan ragam mineral lainnya.
Tapi, tetap saja, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi hati seenaknya tanpa harus memerhatikan takarannya. Terlalu banyak mengonsumsi hati juga tidak baik dan dapat meningkatkan kolesterol dan untuk ibu hamil, vitamin A yang tinggi dapat berbahaya bagi janin yang sedang dikandung. Jadi tetap dianjurkan untuk pintar-pintarlah dalam mengonsumsi makanan seperti ini.
Selain beberapa jenis makanan yang dapat buka info share yang akan kaya akan zat besi di atas, Anda juga bisa mendapatkan zat besi di dalam jenis makanan lainnya seperti  kacang kedelai, biji labu, kacang-kacangan lain, polong-polongan, biji wijen, dan sereal yang diperkaya oleh zat besi. Kini anda sudah mengetahui bukan akan pentingnya zat besi untuk tubuh kita ini bukan?.....
Semoga dapat bermanfaat artikel yang saya share ini.
terimakasihhhh