undang undang ASN terbaru 2023

Buka Info
0

 

undang undang ASN terbaru 2023

undang undang ASN terbaru 2023

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN (Aparatur Sipil Negara) merupakan undang-undang pengganti atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang dianggap sudah tidak sesuai dengan perkembangan penyelenggaraan fungsi aparatur sipil negara dan kebutuhan masyarakat.

Tujuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN

Negara Kesatuan Republik Indonesia di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah mencanangkan tujuan nasionalnya, yaitu membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan yang termaktub di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tersebut merupakan sumber motivasi dan aspirasi perjuangan serta tekad bangsa Indonesia untuk tetap merdeka dan mewujudkan tujuan negara tersebut.

Untuk melaksanakan amanah membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia sebagaimana yang dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, diperlukan adanya birokrasi pemerintahan yang berkinerja baik. Pemerintah telah mencanangkan rencana aksi membuat pemerintah selalu hadir dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan ASN sebagai mesin utama birokrasi yang profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, mampu menyelenggarakan pelayanan public yang berkualitas, serta mampu menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Perubahan Pokok-Pokok Pengaturan dalam undang undang asn 2023

Berbagai pokok pengaturan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN (Aparatur Sipil Negara) ini diharapkan menjadi dasar untuk melakukan percepatan transformasi Manajemen ASN untuk mewujudkan birokrasi Indonesia yang profesional dan berkelas dunia. ASN perlu memiliki digital mindset dalam menjalankan transformasi birokrasi dan Manajemen ASN. Hal ini terkait dengan perubahan pola kerja tatanan baru, dimana pekerjaan birokrasi juga sudah beralih ke digital based dan struktur organisasi juga mulai bertransformasi dari hierarki menjadi koordinasi.

Pokok-pokok pengaturan yang terdapat di dalam Undang-Undang ini adalah:

1.    Penguatan pengawasan Sistem Merit

2.    Penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (PPPK)

3.    Kesejahteraan PNS dan PPPK

4.    Penataan tenaga honorer

5.    Digitalisasi Manajemen ASN termasuk didalamnya transformasi komponen Manajemen ASN

download undang-undang nomor 20 tahun 2023 pdf silahkan jika ingin lebih jelas bapak ibuk dapat mendownload undang undang asn terbaru 2023 di bawah ini:

undang undang asn 2023 pdf

Kesimpulan undang undang asn terbaru 2023

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN (Aparatur Sipil Negara) merupakan undang-undang pengganti atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Sekian Informasi tentang undang undang asn terbaru 2023 Semoga bermanfaat bagi bapak ibu sekalian.

Referensi:

undang undang asn terbaru 2023

Informasi seputar pendidikan

Informasi seputar kesehatan

 

 

Post a Comment

0Comments

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Post a Comment (0)