-->

Tata Cara Pelaporan Dana BOS Reguler 2020 Tahap I, II, III Untuk Jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB



Buka Info-Berita Dan Informasi. Sahabat Yang Berbahagia Dalam Keadaan Pandemi Covid-19 Buka Info Tetap Selalu Semangat Dan Setia Memberikan Informasi Yang Dapat Sahabat Jadikan Bahan Referensi dan menjadikan panduan bagi sahabat pembaca buka info yang setia. Di Kesempatan Ini Buka Info Akan Share Mengenai Tata Cara Pelaporan Dana BOS Reguler 2020 Tahap I, II, III Untuk Jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.
Sahabat di dalam penggunaan Dana BOS Reguler haruslah mengacu dalam prinsip yang Fleksibilitas, Efektivitas, Efisiensi, Akuntabilitas dan yang Tranparansi.
a.    Fleksibilitas merupakan penggunaan dana BOS reguler yang dikelola sesuai dengan kebutuhan dari sekolahan.
b.   Efektifitas merupakan penggunaan dana BOS reguler yang dapat memberikan hasil untuk mencapai dari tujuan pendidikan di sekolah.
c.    Efesiensi yang merupakan penggunaan dana BOS reguler yang di upayakan dalam peningkatan kualitas belajar siswa dengan menggunakan biaya seminimal mungkin dan dengan hasil yang begitu Optimal.
d.   Akuntabilitas merupakan penggunaan dana BOS reguler yang dapat dipertanggung jawabkan secara keseluruhan dengan berdasarkan pertimbangan secara logis dan sesuai peraturan perundang-undangan.
e.    Transparansi merupakan penggunaan dana BOS reguler yang di kelola dengan secara terbuka dan mengakomodir aspirasi dari kepentingan sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Sehubungan dengan hal tersebut maka tim BOS sekolah atau Operator sekolah harus selalu melaporkan semua dalam penggunaan dana BOS reguler dalam setiap tahapnya ke dalam sistem pelaporan kementerian yang melalui halaman bos.kemdikbud.go.id ini merupakan tugas dan tanggung jawab sebagai tim BOS untuk menyampaikan laporan realisasi dalam penggunaan dana BOS reguler .
Berikut ini buka info akan memberikan langkah – langkah dalam melakukan Pelaporan Dana BOS Reguler 2020 Tahap I, II, III Untuk Jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB tahun 2020 sebagai berikut:
Pertama – tama sahabat harus masuk ke halaman untuk login di halaman https://bos.kemdikbud.go.id/index.php/login/sekolah dengan menggunakan akun login Dapodik sekolah masing – masing
Setelah sahabat login di dalam menu aplikasi BOS klik menu lapor, dan pilih tahun 2020, pilih tahap I dan klik tombol tampilkan, apabila masih kosong berarti sekolah belum melapor dalam penggunaan dana BOS tahap I tahun 2020 di dalam halaman  https://bos.kemdikbud.go.id untuk membuat halaman silahkan sahabat klik pada tombol “Tambah”. 

Ok setelah tampil halaman pada Tambah Laporan, silahkan sahabat pilih Tahun dan Tahap Laporan dan masukan Jumlah Penerima Dana BOS yang sudah diterima pada tahap yang di laporkan setelah sahabat memasukan jumlah dana bos yang telah di terima oleh sekolah, untuk bagian yang sisa tahap lalu (otomatis terisi jika ada sisa yang terisi ditahun sebelumnya). Di bagian ini silahkan sahabat masukan rincian jumlah dari masing masing item penggunaan dana BOS yang sesuai dengan pada laporan k7a Bos sekolah, berikut ini komponen dalam penggunaan dana BOS tahun 2020 sebagai berikut:

1)     Penerimaan peserta didik baru
2)     Pengembangan perpustakaan
3)     Kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler
4)     Kegiatan asesmen/evaluasi pembelajaran
5)     Administrasi kegiatan sekolah
6)     Pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan
7)     Langganan daya dan jasa
8)     Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah
9)     Penyediaan alat multimedia pembelajaran
10)  Penyelenggaraan bursa kerja khusus, praktek kerja industri atau praktek kerja lapangan didalam negeri, pemantauan keberkerjaan, pemagangan guru dan lembaga sertifikasi profesi pihak pertama.
11)  Penyelenggaraan kegiatan uji kompetensi keahlian, sertifikasi kompetensi keahlian dan ujin kompetensi kemampuan bahasa inggris berstandar internasional dan bahasa asing lainnya bagi kelas akhir SMK atau SMALB
12)  Pembayaran honor

Jika dalam proses pengentry jumlah pengguna dana BOS pada masing masing item sesuai dengan k7a BOS, secara otomatis sistem akan menampilkan jumlah sisa dana pada halaman tersebut, jika sahabat dalam pengisian merasa sudah benar dan selesai maka silahkan klik tombol “Proses”.

Sekian yang dapat buka info share mengenai tatacara mudah untuk melaporkan BOS secara online tahap I, II, III tahun 2020. Semoga apa yang buka info share ini dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian sekian dan terimaksih.



0 Response to "Tata Cara Pelaporan Dana BOS Reguler 2020 Tahap I, II, III Untuk Jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB"

Post a Comment

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel