Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Terbaru Tahun 2020 |
Buka Info-Berita Dan Informasi. Sahabat Yang
Berbahagia Dalam Keadaan Pandemi Covid-19 Buka Info Tetap Selalu Semangat Dan
Setia Memberikan Informasi Yang Dapat Sahabat Jadikan Bahan Referensi. Di
Kesempatan Ini Buka Info Akan Share Mengenai Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah
Kedinasan Terbaru Tahun 2020.
Alur
Penerimaan Sekolah Kedinasan 2020
Hal
Hal Yang Harus Disiapkan
Pelamar wajib
mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah
kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki
persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah
mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
1.
Kartu Keluarga
2.
Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3.
Ijazah
4.
Rapor SMA/Sederajat
5.
Pas foto
6.
Dokumen lain sesuai dengan ketentuan
instansi yang akan dilamar
Tata
Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020
1.
Pelamar harus masuk ke portal SSCASN
seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
2.
Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan
untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu
Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
3.
Pelamar melakukan log in dengan
menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
4.
Pelamar melakukan swafoto, mendaftar
sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian
Pelamar
hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai
sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web
masing-masing sekolah kedinasan
5.
Pelamar memasukkan Nilai
6.
Pelamar melengkapi Biodata
7.
Pelamar mengunggah (upload) dokumen
sesuai dengan persyaratan
8.
Pelamar mengecek kembali isian yang
telah dilengkapi (Resume)
9.
Pelamar mengklik Kirim, data yang
telah dikirim tidak dapat diubah
10.
Pelamar mengecek hasil verifikasi
11.
Pelamar yang dinyatakan lulus
verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes
seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah
kedinasan yang dipilih
12.
Pelamar yang sudah melakukan
pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
13.
Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
14.
Pelamar mengecek hasil kelulusan tes
seleksi
15.
Pelamar yang lulus tes seleksi dan
dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau
sekolah kedinasan terkait proses selanjutnya
Membuat
Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
Apabila pelamar sudah
siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah:
1.
Klik Registrasi dan akan tampil seperti berikut:
2.
Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3.
Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK
Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga,
silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP
pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia
Seleksi Nasional (Panselnas)
4.
Masukan kode captcha yang terlampir
5.
Setelah data di atas dimasukan, klik Lanjutkan Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN
Sekolah Kedinasan seperti gambar di bawah ini.
6.
Lengkapi data-data yang terdapat pada
form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data :
a)
Nama Tanpa Gelar Isi nama tanpa gelar sesuai dengan yang
tercantum pada ijazah
b)
Tempat Lahir Isi tempat lahir
(Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah
c)
Tanggal Lahir Isi tanggal lahir sesuai
dengan ijazah
d)
Jenis kelamin Pilih jenis kelamin yang
sesuai
e)
E-mail Masukan e-mail aktif dan valid
f)
Password Masukan password yang mudah
diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
g)
Konfirmasi Password Masukkan kembali
password telah Anda masukan
h)
Pertanyaan Pengaman 1 Pilih pertanyaan
pengaman Anda
i)
Jawaban Pengaman Masukan jawaban
pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
j)
Pertanyaan Pengaman 2 Pilih pertanyaan
pengaman Anda
k)
Jawaban Pengaman Masukan jawaban
pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
l)
Captcha
m) Masukan
kode captcha yang tampil di layar
7.
Upload pas foto dengan latar belakang
merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb
8.
Pastikan Anda mengisi semua data
dengan benar dan lengkap. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau
dirubah.
9.
Selanjutnya Klik Lanjutkan
10.
Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan
akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2020
berhasil, klik Cetak Informasi
Pendaftaran untuk mencetak Kartu
Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu
tersebut dengan baik.
11.
Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk from berikutnya
Login
ke portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata
1.
Setelah pelamar berhasil daftar,
silahkan login ke https://dikdin.bkn.go.id
dengan klik tombol Login yang
tertera di sudut kanan atas
2.
Masukan NIK dan password yang telah
Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form
Biodata Peserta seperti gambar di bawah ini :
a.
Upload Swafoto Upload foto selfie
dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap
selanjutnya seperti contoh gambar di bawah ini:
Klik tombol Choose File cari dokumen
swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan
maksimal 200kb
b.
Mendaftar Formasi
1)
Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai
dengan peminatan
2)
Klik tombol Pilih
3)
Pilih pendidikan terakhir Anda saat
ini
4)
Pilih Jurusan yang tersedia
5)
Pilih Lokasi Formasi yang tersedia
6)
Pilih Lokasi Test yang tersedia
7)
Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK Anda
berada
8)
Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah
(SMA/SMK/Sederajat)
9)
Isi Tahun Lulus
10)
Isi nomor ijazah pendidikan terakhir
Anda
11)
11) Isi tahun lulus pendidikan
terakhir Anda
12)
Isi kode captcha yang tampil
13)
Bila data sudah terisi dengan lengkap
dan benar, klik tombol Selanjutnya Bila
ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi seperti
gambar di bawah ini:
c.
Pengisian Nilai
Pelamar memasukkan nilai rata-rata
raport terakhir. Untuk mengisi menu, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap
Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.
d.
Pengisian Biodata
Pada form ini, pelamar harus
melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat
memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal
Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.
Data Diri Pelamar:
Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota
Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk
pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam
kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel,
Nomor Kontak Orang Tua/Wali.
Data Diri Orang Tua:
NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir
Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah,
Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu,
Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.
Isi kode captcha yang tampil pada
kolom yang disediakan. Klik Selanjutnya untuk ke halaman
selanjutnya.
e.
Unggah Dokumen
Pelamar mengunggah dokumen yang
diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang
diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.
Untuk mengunggah dokumen, klik tombol Unggah cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen.
Pelamar dapat
mengecek dokumen yang telah diunggah
dengan klik tombol Lihat
Bila dokumen yang diunggah belum
sesuai, klik tombol Unggah untuk mengganti
dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status okumen telah diunggah
atau belum. Klik Selanjutnya untuk
ke halaman selanjutnya
f.
Resume
Setelah pelamar
melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang
tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian
yang telah dilengkapi oleh Pelamar.
Centang Ö
pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses Pendaftaran Setelah
tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat
merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.
Selanjutnya klik
tombol Iya dan tombol Cetak Kartu Informasi Akun,Dan
Cetak
Kartu Pendaftaran akan tampil. Bila pelamar klik tombol
Cetak
Kartu Pendaftaran akan
tampil Kartu Pendaftaran seperti gambar di bawah ini.
Kartu Pendaftaran
SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan
disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Berikut Ini Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah
Kedinasan Terbaru Tahun 2020 Saya Lampirkan di Bawah ini:
Sekian yang dapat buka info share kepada sahabat
sekalian semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian.
Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM