CARA MENGATASI PENGAPURAN TULANG

Buka Info


Sahabat buka info kali ini ingin share kepada sahabat sekalian tentang masalah pengapuran tulang yang sering terjadi di masa usia lanjut ini bahwa selama ini, banyak yang menganggap pengapuran tulang identik dengan pengeroposan tulang. Benarkah hal tersebut?Pengeroposan tulang terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang. Dalam dunia medis, pengeroposan tulang biasa disebut dengan osteoporosis. Pengapuran tulang dan sendi memiliki bahasa medis osteoarthritis hal ini dikaitkan dengan adanya peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang menjadi menipis seiring waktu. Jadi, kerusakan yang terjadi berada di sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut.
CARA MENGATASI PENGAPURAN TULANG 
Kondisi Yang Menyebabkan Osteoarthritis
Penyebab dari rusaknya sendi dan daerah sendi yang tidak mampu diperbaiki dengan sempurna oleh tubuh ini masih belum bisa dipastikan. Meski demikian, ada beberapa faktor yang diduga berperan dalam meningkatkan seseorang berisiko terkena osteoarthritis. Faktor usia memengaruhi kemungkinan seseorang terkena pengapuran tulang atau osteoarthritis. Wanita juga dianggap lebih berisiko mengalami gangguan tulang jenis ini dibandingkan pria. Sayangnya, belum ada penjelasan memuaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Pekerjaan seseorang yang memungkinkan sendi mendapat tekanan secara berlebih dalam jangka waktu lama patut diperhatikan. Osteoartritis juga bisa disebabkan oleh cedera akibat pekerjaan, yaitu pekerjaan yang memerlukan erakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Cedera sendi akibat berolahraga dan kecelakaan lalu-lintas juga meningkatkan resiko. Obesitas, yang menyebabkan adanya beban berlebih pada sendi-sendi penahan berat tubuh, juga meingkatkan resiko terkena osteoarthritis. Selain itu, kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan osteoarthritis adalah diabetes dan rematik.
Mengatasi Secara Mandiri
Jika pengapuran tulang sudah diderita, beberapa hal terkait gaya hidup berikut bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan.
1.        Mengurangi berat badan
Sendi yang mengalami tekanan berlebih kian memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Solusi mudahnya adalah dengan mengurangi tekanan yang diderita dengan menurunkan berat badan.
2.        Olahraga
Olahraga secara teratur penting dilakukan untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Hal ini akan membuat sendi menjadi lebih stabil sehingga dapat mengurangi tingkat osteoarthritis yang diderita. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak berlebihan karena justru akan memperburuk masalah yang diderita.
3.        Gunakan air panas atau dingin
Saat kondisi oateoarthritis menimbulkan rasa sakit, cobalah gunakan air panas atau air dingin untuk meringankannya. Pemakaian air panas juga berperan untuk melemaskan otot, sedangkan air dingin dapat meredakan kejang otot dan nyeri.
4.        Memakai obat pereda rasa sakit
Pemakaian obat pereda rasa sakit berupa krim atau gel yang bisa diperoleh di toko obat juga bisa dilakukan. Krim atau gel pereda rasa sakit cocok dipakai pada sendi yang dekat dengan permukaan kulit, seperti persendian pada lutut dan jari-jari.
5.        Memakai alat bantu
Alat bantu mungkin dibutuhkan untuk memudahkan penderita pengapuran tulang dalam beraktivitas. Untuk mendapatkan alat bantu yang tepat, konsultasikan kepada dokter atau ahli terapi.
Obat dan Terapi Yang Bisa Dijalani
Selain melakukan tindakan mandiri di atas, Anda mungkin memerlukan obat pereda nyeri seperti Acetaminophen atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Selain itu, beberapa saran berikut mungkin direkomendasikan dokter untuk mengatasi pengapuran tulang.
1.        Terapi fisik
Terapi fisik dalam bentuk penguatan otot didedikasikan agar penderitanya mampu meningkatkan aktivitas gerak dan mengurangi rasa sakit. Terapi ini akan diberikan oleh ahlinya dengan tujuan memperkuat otot-otot di sekitar sendi yang mengalami penipisan.
2.        Terapi okupasi
Terapi okupasi bertujuan agar kegiatan sehari-hari dan bekerja mampu dilakukan tanpa memperburuk kerusakan sendi. Ahli terapi akan menjelaskan tentang cara-cara tertentu bagaimana melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit berlebih akibat pengapuran tulang.
3.        Sepatu khusus
Sepatu pasien akan diberi bantalan khusus yang mampu mengurangi rasa sakit saat berdiri atau berjalan. Apabila hal-hal di atas telah diterapkan namun kondisi tidak juga membaik, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menjalani prosedur-prosedur tertentu, misalnya suntik kortikosteroid, atau tindakan operasi untuk mengganti sendi yang rusak. Pengetahuan tentang pengapuran tulang di atas akan membuat seseorang bisa mengantisipasinya sejak dini sekaligus tahu apa yang harus dilakukan jika terkena kondisi medis ini. Bila osteoarthritis semakin bertambah berat, Anda mungkin tidak cukup lagi dengan hanya mengandalkan perubahan gaya hidup. Sekian informasi yang dapat buka info sampaikan semoga banyak bermanfaat bagi sahat sekalian sekian dan terimaksih.