Penyakit Jantung Dan Pencegahanya



http://bukainfo17.blogspot.co.id/2017/11/penyakit-jantung-dan-pencegahanya.html?m=1 Buka Info – Informasi Kesehatan. Sahabat yang berbahagia buka info ingin berbagi kepada sahabat sekalian tentang masalah penyakit jantung yang saat ini banyak di kalangan masyarakat yang menderitanya penyakit tidak menular yang satu ini begitu sangat membahayakan bagi dunia kesehatan. Pasti sahabat tidak lain sudah mengetahui dengan apa yang menyebabkan seseorang dapat terserang denga  penyakit jantung ini, salah satu contohnya obesitas dapat mempengaruhinya terjadinya penyakit jantung lho sahabat. Yang di katakan Penyakit jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Tumpukan kolesterol pada pembuluh darah serta proses peradangan diduga menjadi penyebab penyakit jantung ini. seketika terjadi penumpukan kolesterol atau plak, pembuluh darah koroner akan menyempit sehingga aliran darah dan suplai oksigen menuju jantung pun akan terhambat. Kurangnya aliran darah ini akan menyebabkan rasa nyeri pada dada dan dapat menyebabkan sesak napas, hingga suatu saat terjadi hambatan total pada aliran darah menuju jantung atau yang disebut juga dengan serangan jantung. Penyakit jantung koroner ini termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia lho. Federasi Jantung Dunia memperkirakan angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara hingga mencapai 1,8 juta kasus pada tahun 2014. Di Negara Indonesia sendiri pada tahun 2013 tercatat ada setidaknya 883.447 orang yang terdiagnosis penyakit jantung koroner di Indonesia dengan mayoritas penderita berusia 55-64 tahun. Dengan angka kematian akibat penyakit jantung pun begitu cukup tinggi, yaitu berkisaran 45 persen dari seluruh angka kematian di Indonesia. Sahabat pasti bertanya sebenarnya apasih penyebab dapat terjadinya penyakit jantung, mari kita ulas sedikit.
Yang menyebabkan Penyakit Jantung?
Sahabat sekalian penyakit jantung koroner terjadi jika suplai darah ke jantung melalui pembuluh darah koroner terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak di dalam pembuluh darah ini dikenal dengan istilah aterosklerosis dan merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat menyebabkan terbentuknya penggumpalan darah. Jika ini terjadi, aliran darah ke jantung terblokir total dan serangan jantung pun terjadi. Faktor pemicu aterosklerosis meliputi kolestrol yang tinggi, merokok, diabetes, serta hipertensi.inilah beberapa yang menyebabkan dari faktor terjadinya penyakit jantung.
Jenis dan Komplikasi Penyakit Jantung Koroner
Sahabat buka info untuk penyakit jantung ini terbagi menjadi dua jenis yaitu yang pertama di kategorikan berdasarkan aliran darah yaitu angina atau sering di sebut angin duduk. Dan kategori yang kedua yaitu dengan serangan jantung. Sahabat apabila penyakit jantung ini tidak cepat untuk ditangani dapat mengakibatkan komplikasi yang mematikan. Seketika tidak menerima suplai darah yang cukup hingga terlalu lemah guna untuk memompa darah, kinerja jantung ini dapat menurun. Dalam kondisi ini dapat membuat menumpuknya cairan di dalam paru paru sehingga dapat mengakibatkan sulit untuk bernafas. Dalam kasus seperti ini dapat dikenal sebagai gagal jantung, seketika komplikasi bisa terjadi secara tiba tiba maupun bertahap.
Pengobatan Untuk Penyakit Jantung Koroner
Apabila menderita penyakit jantung, sangat di anjurkan sekali dengan merubah pola hidup seperti dengan pola makan yang sehat harus tetap terjaga dengan baik, rajin untuk berolahraga, minumlah obat secara teratur sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan, apabila merokok di harapkan untuk berhenti merokok. Sahabat sekalian penyakit jantung koroner ini tidaklah dapat untuk di sembuhkan, tetapi dapat di cegah supaya tidak memburuknya penyakit ini. Guna dalam pengobatan penyakit jantung ini ialah untuk mengendalikan gejala atau guna untuk menurunkan resiko dapat munculnya serangan jantung fatal.
Mencegah Penyakit Jantung Koroner
Sahabat sekalian untuk mencegah penyakit jantung ada beberapa langkah pencegahan yang sederhana guna untuk menghindari terjadinya penyakit jantung:
1.       Berhenti merokok.
2.       Menerapkan pola hidup sehat, misalnya mengurangi makanan berkolesterol tinggi.
3.       memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, serta berolahraga secara teratur.
4.       Mengontrol kadar gula darah.
5.       Menjaga berat badan yang sehat.
6.       Mengurangi konsumsi minuman keras.
Sekian semoga bnyak bermanfaat bagi sahabat sekalian, salam sehat!!!
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Penyakit Jantung Dan Pencegahanya"

kadang orang lupa akan penyakit,

iya jika terlalu sibuk dengan aktivitas

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

 
Copyright © 2015 BUKA INFO - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top