Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Buka Info

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh Kita Sahabat buka info yang berbahagia kali ini akan share kepada sahabat sekalian tentang berbagai macam manfaat berpuasa di bulan ramadhan ini untuk kesehatan tubuh kita baik jasmani maupun rohani. Yuk mari di simak langsung saja iya bahwa sudah berabad-abad, puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani oleh sebagian masyarakat untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi. Bagi umat Islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani tiap hari selama bulan Ramadhan. Agar berpuasa dapat berjalan lancar, ada beberapa fakta kesehatan yang harus diperhatikan. Jika tidak dilakukan dengan sehat, puasa dapat melemahkan tubuh dan membahayakan kesehatan. Sebaliknya, puasa yang sehat dapat bermanfaat secara psikis dan fisik. Apa saja manfaatnya?
Sahabat ketika kita sedang melakukan puasa pasti tubuh akan mengalami perubahan sesuai dengan lama berpuasa. Faktanya, tubuh memerlukan waktu delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa jika diberi asupan terlebih dahulu. Maka dari itu, penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum menjalani puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Baca juga : Pola Hidup Sehat Apa Saja Pantangan Diabetes
         Sahabat sekalian pastinya sudah tau tentunya pada kondisi normal, sumber energi utama dalam tubuh adalah gula yang disimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, simpanan gula ini digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Setelah gula terpakai, lemak menjadi sumber energi berikutnya dan ini dapat mengurangi berat badan.
Jika sumber-sumber energi tersebut masih belum cukup, tubuh akan membakar protein otot untuk menghasilkan energi. Fase terakhir merupakan fase kelaparan dan ini sangat tidak sehat. Namun, ini hanya terjadi jika seseorang berpuasa selama berhari-hari tanpa berbuka. Oleh karena itu, selama berpuasa Ramadhan, penting untuk segera berbuka puasa dan mengonsumsi makanan sehat ada baiknya seketika berpuasa konsumsilah makanan yang manis manis terlebih dahulu dan jangan langsung untuk mengomsumsi makanan yang berat dan juga jangan terlalu kenyang jika mengomsumsi makanan tersebut. ini lah ada beberapa manfaat ketika kita berpuasa bagi kesehatan tubuh kita
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Sahabat bahwa secara psikis, puasa dapat menanggulangi stres dan depresi bagi sebagian orang karena mereka belajar untuk mengendalikan diri sendiri. Selain itu, setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental. Ini lah ada beragam manfaat puasa lainnya untuk kesehatan fisik seperti berikut ini.
1. Menjaga berat badan.
   Ketika kita dalam melakukan puasa pembakaran lemak menjadi energi dapat membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Turunnya berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.
Di sisi lain, berat badan memang akan turun jika Anda seharian tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori seperti biasanya, namun bisa naik kembali pada saat Anda tidak berpuasa. Hal ini karena ketika berpuasa, Anda kehilangan cairan, bukan berat badan substansial. Terlebih lagi ketika berbuka puasa, Anda justru melampiaskan nafsu makan,
2. Menyehatkan jantung.
   Berpuasa juga dapat berguna sebagai untuk penyehatan jantung kita dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa. Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih menyeluruh. Ingatlah bahwa untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain, seperti pola makan dan olahraga teratur, memiliki peranan yang besar. 
3. Membantu memperbaiki kondisi medis.
   Berpuasa, sebaiknya haruslah diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. 
4. Mengurangi risiko kanker.
   Sahabat selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Penelitian yang dilakukan terhadap tikus membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berlaku pada manusia.
Oleh karena itu, penting untuk tetap mengendalikan makan pada saat Anda tidak berpuasa. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung cukup energi, seperti serat, protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Pola makan yang sehat dan seimbang, serta asupan cairan yang cukup dapat membantu menjaga berat badan kita. Sahabat disini akan di jelaskan berpuasa juga dapat beresiko jika ada beberapa menderita penyakit. Di bawah ini akan di uraikan apa saja kondisi yang beresiko untuk berpuasa ini.
Baca Juga : Manfaat Brokoli Hijau Untuk Kesehatan Tubuh
Kondisi Yang Berisiko untuk Berpuasa
Sahabat sekalian selain kita melakukan puasa yang bermanfaat, puasa dapat menjadi berbahaya ketika Anda melakukannya tanpa makan sahur atau saat kondisi tubuh tidak sehat. Berikut beberapa kondisi yang berisiko untuk berpuasa.
  1. Diabetes
  2. Ibu menyusui
  3. Memiliki tekanan darah rendah atau hipotensi.
  1. Kurang darah atau anemia
  2. Pernah mengalami gangguan ritme jantung
  3. Gangguan makan
  4. Memiliki masalah ginjal atau hati
  5. Mengalami gangguan fungsi sistem kekebalan tubuh
  6. Sedang menjalani pengobatan, misalnya kemoterapi
  7. Wanita hamil
Sahabat yang berbahagia pada dasarnya  puasa adalah membiasakan manusia untuk mengendalikan diri, baik secara psikis maupun fisik. Manfaat dari berpuasa bisa kita  rasakan jika kita menjalani puasa dengan baik dan benar, seperti dengan pola makan seimbang dan istirahat cukup. Namun, jangan memaksakan diri jika kondisi kesehatan Anda sedang tidak memungkinkan untuk berpuasa. Selain itu, jika ditemukan gejala sakit akibat berpuasa, periksakan diri ke dokter. Inilah yang dapat buka info share kepada sahabat sekalian, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian. Dan menambah wawasan sahabat Terimakasih.