Tips Tubuh Sehat Dengan Diet Karbohidrat



Tips Tubuh Sehat Dengan Diet Karbohidrat Sahabat yang berbahagia kali ini buka info akan share kepada sahabat sekalian bagaimana menjaga pola hidup yang sehat dengan diet karbohidrat. Sahabat sekalian jangan salah sangka ya diet karbohidrat ini bukan berarti kita tidak mengomsumsi sama sekali sumber karbohidrat ini, yang di maksud diet karbohidrat ialah dengan mengurangi untuk memberikan asupan karbohidrat pada tubuh kita. 
 
sahabat Karbohidrat secara alami juga banyak terdapat pada biji-bijian, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan susu. Karbohidrat ini disebut juga karbohidrat kompleks. Selain itu, ada pula karbohidrat rafinasi atau karbohidrat sederhana pada tepung terigu atau gula, yang digunakan dalam makanan olahan. Misalnya nasi putih, roti, pasta, minuman soda, atau minuman manis lainnya.
 Kegunaan Yang di Dapat Saat Diet Kabohidrat
1.    Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Penyakit
Sahabat bahwa karbohidrat ini sangat di butuhkan oleh tubuh yang berfungsi sebagai sumber energi yang utama, kemudian setelah mengomsumsi karbohidrat maka karbohidrat akan di pecah menjadi gula dan di serap oleh darah sebagai glukosa atau gula darah. Dan tubuhpun akan mengeluarkan insulin sehingga glukosa pun dapat di manfaatkan sebagi sumber energi. Dan glukosa yang tidak di manfaatkan akan di simpan di dalam otot, hati dan sel lainya yang bisa di ubah menjadi lemak.


Sebenarnya hal seperti ini yang melatarbelakangi untuk diet karbohidrat berguna untuk menurunkan berat badan, dengan cara mengurangi asupan glukosa, maka yang di ingin kan tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi. Bahkan bisa di katakan dengan melakukan diet karbohidrat ini sangat efektif sekali untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek jika kita bandingkan dengan melakukan diet rendah lemak ini.

Sahabat tidak kalah pentingnya jika kita melakukan diet karbohidrat manfaat yang kita dapat yaitu dapat menurunkan trigliserida atau yang di sebut dengan partikel yang membawa lemak untuk mengalir di dalam darah. Dengan diet karbohidrat ini sekaligus dapat dapat meningkatkan HDL yang kita kenal kolestrol baik. Dan manfaat lain yang kita dapatkan setelah melakukan diet karbohidrat yaitu untuk memperbaiki gangguan metabolisme, diabetes, hipertensi, serta penyakit kardiovaskular.

Shabat harus menghindari untuk penurunan dalam memberikan asupan karbohidrat dalam tubuh secara drastis.bahwa asupan karbohidrat yang kurang dari 20 gram per hari tidak hanya tubuh mulai bereaksi untuk memanfaatkan lemak sebagi sumber energi tetapi kemungkinan akan timbul efek samping, efek samping yang akan di timbulkan seperti lemas, bau nafas tidak sedap, sakit kepala, diare, bahkan sulit untuk buang air besar.

Untuk Porsi Diet Karbohidrat Yang di Anjurkan
Sahabat sekalian pada saat kondisi normal atau stabil untuk asupan karbohidrat yang di sarankan yaitu lebih dari setengah total kalori jika asupan kalori per harinya 2000 maka asupan karbohidrat yang di butuhkan sebanyak 225-325 gram.

Dan berapakan jumlah untuk diet karbohidrat yang harus kita butuhkan? Pada umumnya jika karbohidrat di batasi 60-130 gram dengan mengandung 240-520 kalori asupan karbohidrat yang kurang dari 60 gram perhari sudah tergolong sangat rendah sekali.


Jika untuk membeli makanan seperti dalam kemasan. Jika kita ingin mengetahui jumlah karbohidrat dapat kita lihat di label yang tertera pada kemasan, kita dapat memperkirakan jumlah karbohidrat pada saat kita membeli makanan tersebut dengan cara mengetahi terlebih dahulu jenis makanan dan porsi karbohidrat di dalamnya.

Untuk contohnya ya sahabat ketika kita memperoleh dari asupan karbohidrat sebanyak 15 gram dalam sepotong roti ,1/2 cangkir oatmeal,1/3 cangkir nasi atau pasta 4-6 potong biskuit atau 1/2 dari roti burger.

Selain yang di contohkan yang di atas anda juga dapat memberikan asupan karbohidrat sebanyak 15 gram  yang dapat sahabat peroleh dari segelas susu kedelai, dan 100 gram buah segar dan 1//2 cangkir buah dalam kemasan 1/2 cangkir sayuran yang mengandung tepung, 2/3 yogurt dan kentang goreng ukuran medium serta satu sendok teh gula, madu,maupun sirup.


Jika kita ingin mendapatkan dari manfaat diet karbohidrat yang optimal, tidak hanya di butuhkan pembatas untuk asupan karbohidat, tetapi juga jenis karbohidrat yang di konsumsi kacang kacangan sayur buah. Dan karbohidrat yang sangat sederhana seperti nasi putih, roti, pasta, ini di sarankan untuk di batasi bahkan harus di hindari.

Yang terpenting dalam melakukan diet karbohidrat yaitu asupan dari protein seperti ikan, daging, ayam, dan sayuran. Bahwa setudi menunjukakan berat badan pada diet karbohidrat ini dan juga di sebabkan lebih banyak asupan protein dan lemak yang membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.
Sahabat bukan saja jenis asupan yang dapat mempengaruhi dari diet sahabat, tetapi juga jika anada melakukan makan beberapa kali dalam sehari dapat mempengaruhi kesehatan dan berat badan. Bahwa beberapa dokter menyatakan asupan lima kali sehari dengan jenis makanan tinggi serat dapat mempertahankan kesehatan pencernaan dan terhindar dari kesulitan untuk buang air besar.

Untuk anjuran makan dalam lima kali sehari bisa saja berdasarkan dari teori diet dengan membagi asupan setiap 3 jam selama sehari itu artinya tubuh tidak lagi memerlukan penyimpanan kalori karena akan di perbaharui setiap 3 jam sekali. Dengan asupan kalori pada asupan yang terakhir lebih kecil di bandingkan asupan lainya seharian itu. 


Bahwa ada sebuah penelitian, yang mengamsumsikan di dalam penelitian itu mengatakan jika mengomsumsi kedelai 2 jam sebelum waktu makan berikutnya dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, hal ini karena kedelai ini memiliki kandungan karbohidrat yang tidak mudah di pecah sehingga kadar gula darah tidak akan melonjak naik, dan makanan yang terdiri dari kedelai akan terasa selalu mengenyangkan. Lebih lama sehingga porsi makan yang berikutnya akan lebih kecil, dan keadaan seperti ini berat badan akan menurun dan kita pun terhindar dari obesitas.

Jika sahabat ingin mencobanya karena merasa tertarik dengan melakukan dier karbohidrat ini, ada baiknya konsultasilah dulu pada dokter atau dengan ahli nutrisi, dan di sesuikan diet karbohidrat untuk kita yang di sesuikan dengan tingkat kesehatan kita. Semoga bermanfaat dapat membatu sahabat sekalian.dan selamat untuk mencobanya.!!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Tubuh Sehat Dengan Diet Karbohidrat"

Post a Comment