Cara Mengatasi Bahaya Perut Buncit Dalam 5 langkah mudah

Buka Info


Cara Mengatasi Bahaya Perut BuncitDalam 5 langkah mudah Sahabat buka info yang berbahagia kali ini akan share informasi mengenai tentang bahayanya perut buncit ini bagi kesehatan dan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah. Di mana kondisi perut buncit dapat mengganggu penampilan seseorang dan membuat seseorang merasa tidak pede atau rasa percaya di berkurang. Sayangnya, bukan perkara mudah untuk mengecilkan perut buncit ini. Perut buncit disebut juga obesitas perut atau obesitas sentral. Sahabat harus mengetahui bahwa penyebab perut buncit disebabkan penumpukan lemak pada bagian perut. 
 
Lemak di bagian perut ini terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat. Lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut. Selain sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit lain, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan. Baik akan di uraikan di bawah ini apa yang menyebabkan perit buncit ini:



 
Apa yang menyebabkan perut buncit?
Sahabat obesitas pada tubuh, perut buncit timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik. Apabila sahabat makan terlalu banyak dan kurang berolahraga, Anda akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut. Bahwa riwayat obesitas pada keluarga, kebiasaan merokok, dan stres yang tinggi juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit. Usia tua dan ketidak seimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah timbulnya perut buncit. Selain itu, bentuk tubuh yang seperti buah pepaya cenderung menyimpan lemak di sekitar perut dibandingkan bentuk tubuh seperti ‘buah pir’.
Bagaimanakah perut buncit yang berbahaya?
Sahabat selalu lahrutin untuk mengukur lingkar pinggang sahabat untuk mengetahui apakah Anda memiliki obesitas perut. Anda dapat menggunakan meteran yang dilingkarkan di perut Anda. Posisi meteran adalah sejajar ujung tulang panggul dan pusar.bahwa seorang laki-laki dinyatakan menderita obesitas perut apabila lingkar pinggang melebihi 90 cm. Sedangkan pada perempuan, di atas 80 cm.
Bahaya Apa Saja Yang Ditimbulkan oleh Penimbunan Lemak Perut
Bagi sahabat yang memiliki perut buncit karena kebanyakan lemak, sebaiknya waspada. Pasalnya ada sejumlah risiko yang bisa mengganggu kesehatan. Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya. Kumpulan lemak viseral di dalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Senyawa-senyawa peradangan disebut juga sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika sudah terkena dengan penyakit yang di katakan penyakit tidak menular yang dalam kategori penyakit yang berbahaya, saat ini pemerintah berusaha menaggulangi/ preventif untuk membuat promotif bagaimana menjaga pola makan yang baik dan tidak menyebabkan penyakit dan sesui dengan asupan yang di butuhkan oleh tubuh.
Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral adalah asam lemak bebas. Senyawa ini akan masuk ke dalam hati dan kemudian memicu berbagai perubahan, antara lain peningkatan produksi kolesterol buruk dan penurunan produksi kolesterol baik. Itulah mengapa perut buncit dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi. Selain itu, asam lemak bebas juga menyebabkan insulin menjadi kurang efektif dalam mengontrol gula darah, meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, lemak pada perut buncit juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung. Hal seperti ini karena lemak pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembulu darah atau yang disebut dengan angiotensin.
Cara Mengecilkan Perut Buncit
Sahabat bahwa sudah di uraikan di atas lemak viseral adalah lemak yang banyak berperan pada timbulnya perut buncit. Berbeda dengan lemak subkutan yang berada dekat dengan kulit, lemak ini berada di sekitar organ dalam, sehingga sulit untuk dihilangkan. Anda dapat mengencangkan otot perut Anda dengan sit-up yang teratur dapat di lakukan setiap pagi atau di sore hari atau bisa juga dengan gerakan lainnya, tetapi dengan hanya melakukan latihan-latihan itu tidak akan menyingkirkan perut buncit secara bermakna. Tetapi, cara mengatasi perut buncit ini bisa Anda lakukan dengan memakai strategi kombinasi diet dan olahraga yang ditujukan untuk mengurangi berat badan dan mengurangi lemak tubuh total. Hingga saat ini intervensi yang khusus dapat menurunkan lemak viseral belum ada yang terbukti efektif. Meskipun mengecilkan perut buncit bukan perkara mudah, Anda tetap perlu berusaha ekstra keras untuk berusaha mengatasi perut buncit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa sahabat lakukan:




1.   Perbanyak aktivitas fisik. ­Kurangnya aktivitas dapat membuat Anda kesulitan mengecilkan perut buncit. Mulai biasakan melakukan olahraga, dengan kombinasi latihan ketahanan dan cardio. Jika sudah tidak bisa melakukan aktivitas olahraga berat, cobalah rutin berjalan kaki atau yoga
2. Hindari stres karena dapat memicu perut buncit. Apabila Anda memiliki masalah, cobalah bermeditasi, lakukan relaksasi, dan berbincanglah dengan orang terdekat Anda.
3.  Kurangi konsumsi minuman beralkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit.
4.  Tidur yang cukup juga dapat membantu mengecilkan lemak pada perut. Lemak jaringan pada tubuh dapat berkurang jika tidur setidaknya 6-7 jam.
5.   Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan asupan kalorinya. Untuk meminimalisasi lemak pada perut, Anda perlu mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Konsumsi kalori setidaknya dikurangi 500-1000 kalori per hari dari total kebutuhan. Kurangi karbohidrat dan mulai mengonsumsi banyak sayuran, buah, produk susu rendah lemak, produk biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.
Dalam usaha untuk mengecilkan perut buncit memang bukanlah hal yang mudah, tapi bukan pula berarti sahabat berhenti untuk berusaha mengurangi lemak di dalam tubuh. Tanamkan dalam diri sahabat mulailah untuk menjalani hidup sehat dengan menjaga konsumsi makanan, mengubah gaya hidup, dan rajin melakukan olahraga agar tetap sehat dan jauh dari kata penyakit.sekian artikel ini semoga dapat bermanfaat Terimakasihhhhhh.

Baca juga: Gejala Virus Zika