Ternyata Berbahaya Jika Memberikan Susu Botol pada Bayi Sambil Tiduran



Banyak para ibu ibu yang tidak mengetahuinya bahwa memberikan susu botol sambil tiduran tidak berbahaya, padahal jika Memberikan susu botol pada bayi yang sedang berbaring mungkin bisa meringankan bebanmu setelah seharian mengasuhnya, atau mungkin metode ini lebih bisa menenangkan Si Kecil. 
 
Sayangnya, memberikan susu botol pada bayi sambil tiduran mungkin bisa berbahaya bagi kesehatannya ingat ya para ibu ibu yang masih baru untuk mempunyai anak, jadi haruslah waspada dalam menjaga dan memberikan susu pada anak kita. Inilah ada beberapa dampaknya jika memberikan susu botol sambil tiduran:
1.    Tersedak. Memberikan susu botol pada bayi yang sedang berbaring mungkin bisa membuatnya tersedak. Selain itu, bayi juga belum memiliki kemampuan menelan yang baik. Dengan posisi seperti itu, dia mungkin akan lebih kesulitan untuk menelan susu. Kamu mungkin menganggap tersedak bukanlah hal yang serius. Namun, kondisi ini merupakan penyebab umum bayi meninggal, Ketika tersedak, Si Kecil akan kesulitan untuk bernapas karena tenggorokannya tertutup oleh cairan susu. Apalagi ukuran tenggorokan pada bayi sangat kecil. Jika dia tidak kunjung mendapatkan udara yang cukup, kerusakan otak permanen bisa langsung terjadi hanya dalam kurun waktu 4 menit saja.
2.    Infeksi telinga. Minum dalam posisi berbaring juga bisa membuat air susu lebih mungkin untuk kembali ke tenggorokan, lalu mengalir ke telinga bagian tengahnya. Hal ini bisa menyebabkan Si Kecil mengalami infeksi telinga. Kondisi ini bisa ditandai oleh demam, keluarnya cairan berwarna putih kekuning-kuningan dari telinga Si Kecil atau muncul bau busuk dari telinganya.
Jangan lupa hindari lah membiarkan botol susu tetap melekat pada mulut bayi yang telah tertidur. Jika dia tertidur selagi menyusu, air susu akan menggenang di sekitar giginya dan hal tersebut mungkin bisa merusak gigi bayimu, khususnya jika Si Kecil sudah mulai tumbuh gigi. Jadi, pastikan untuk melepas botol susu dan membersihkan mulutnya dari susu sebelum dia tidur.
Nah disini akan memerikan bagaimana cara kita memberikan susu botol pada bayi baik dan aman untuk kesehatnya berikut penjelasannya:
1.     Letakkan kepala bayi di sekitar lekukan lenganmu. Kemudian naikkan lenganmu agar tubuhnya berada pada posisi semi-tegak.
2.     Kamu juga bisa duduk dengan bersandar pada bantal yang nyaman, luruskan kedua kaki ke depan. Lalu, angkat kedua lutut yang menempel satu sama lain. Kemudian tempatkan bayi di atas pangkuanmu dengan menghadap ke wajahmu. Posisikan kepala bersandar pada kedua lututmu dan kakinya berada di perutmu. Selain baik bagi proses menelan susu, posisi ini bisa membuatmu lebih intim karena kalian bisa melakukan kontak mata.
3.     Jika bayimu mengalami perut kembung atau naiknya asam lambung, kamu bisa memberikan susu botol sambil memangkunya dengan Si Kecil membelakangi Anda. Pastikan posisi tubuhnya tegak dan kepalanya bersandar di dadamu atau bisa juga berada di depan lekukan lengan atasmu.
4.     Kamu bisa memakai bantal khusus untuk menyusui. Bantal ini bisa membuat kepala Si Kecil agak lebih tinggi. Setelah itu kamu bisa memegang botol dan menyusuinya.
5.     Pastikan kamu memiringkan botol agar air susu benar-benar mengisi ujung dot. Hal ini bisa mengurangi jumlah udara yang mungkin tertelan saat menyusu, serta mengurangi peluang dia memiliki gas yang menyakitkan di perutnya.
Periode di mana Si Kecil masih menyusu tidak akan berlangsung lama, lho Jadi, kamu tidak perlu mengeluh capek atau sebagainya. Jalani saja dengan bahagia dan selalu jadikan momen spesial ini untuk membangun kedekatan dengan si buah hati kita sekian ingin informasi lebih lanjut kunjungi www.bukainfo.tk semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua Terimakasihhhhh.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ternyata Berbahaya Jika Memberikan Susu Botol pada Bayi Sambil Tiduran"

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

 
Copyright © 2015 BUKA INFO - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top