manfaat sayuran buncis kaya akan nutrisi yang lebih unggul dibandingkan sayur-sayuran berbiji lainnya



Sahabat buka info yang berbahagia pastinya sahabat sudah taukan dengan yang namanya sayuran buncis.Buncis dikenal sebagai sayur berbiji yang berbentuk menyerupai kacang panjang, namun dengan ukuran lebih pendek, warna lebih cerah, serta bentuknya yang lebih lebar. Selain dipasarkan mentah di pasar-pasar tradisional, buncis juga dapat dipasarkan dalam bentuk sudah dibekukan. Sayur ini juga biasa dipaketkan dalam keadaan beku bersama dengan sayur lain, seperti digabungkan dengan jagung, wortel, dan kacang polong. Sayuran yang ditanam dan dikonsumsi di seluruh dunia ini dapat dimasak dengan cara ditumis, direbus, ataupun dikukus.
 
Ini lah Manfaat buncis pertama-tama dapat dicermati dari kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya. Buncis mengandung 31 kcal energi, 2,7 gram serat, 0,22 gram lemak, 6,97 gram karbohidrat, 1,83 gram protein. Di samping itu, sayuran ini mengandung Vitamin A thiamine (B1), riboflavin (B2). Kandunga antioksidan, vitamin, dan mineral dalam sayuran segar, seperti pada kandungan buncis ini, tidak tergantikan oleh suplemen vitamin.
Tidak berhenti di situ saja, masih banyak manfaat buncis lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh seperti di bawah ini.
1.     Buncis mengandung banyak klorofil yang dapat menghambat efek karsinogenik yang muncul saat memanggang daging pada suhu tinggi. Oleh karena itu, sajikan juga buncis bersamaan dengan penganan daging panggang untuk mengurangi risiko timbulnya kanker.
2.     Buncis juga kaya akan zat besi yang sangat direkomendasikan untuk membangun kesuburan atau fertilitas. Inilah yang membuat buncis cocok dijadikan sumber pendukung zat besi bagi wanita yang ingin hamil.
3.     Mengonsumsi sayuran seperti buncis dapat mengurangi risiko penyakit, seperti penyakit jantung dan obesitas serta menjaga berat badan.
4.     KonsumsiVitamin K yang antara lain didapatkan dari buncis dapat membantu memperkuat tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium.
5.     Buncis termasuk dalam kelompok sayuran yang rendah indeks glikemiknya sehingga baik untuk diet.
6.     Asam Folat yang terkandung di dalam buncis juga berperan menjaga kesehatan janin, terutama terhadap kelainan pembentukan tabung saraf. Secangkir buncis dapat memenuhi hingga 10 persen kebutuhan harian asam folat dan 6 persen kebutuhan harian zat besi wanita.
7.     Folat dalam buncis juga dibutuhkan tubuh untuk menangani depresi. Bahan ini bekerja dengan mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Kelebihan homosistein menjadikan nutrisi dan darah mengalami kesulitan untuk mencapai otak, memengaruhi produksi serotonin, dopamine, dan norepinefrin. Ketiganya adalah hormon yang mendatangkan rasa nyaman, mengelola mood, membangkitkan nafsu makan dan hasrat tidur.
Saat membeli buncis, pilih yang warnanya terang dan saat ditekan terasa renyah. Jika tidak segera diolah, simpan dalam plastik sebelum dimasukkan ke lemari pendingin. Namun agar kesegaran nutrisinya terjaga, sebaiknya buncis diolah dulu 1-2 hari setelah dibeli. Selain murah, buncis dapat diolah dengan cara sederhana, seperti ditumis bersama dengan bawang putih, minyak zaitun, lada, dan garam untuk menjadi lauk yang lezat sekaligus menyehatkan.se

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "manfaat sayuran buncis kaya akan nutrisi yang lebih unggul dibandingkan sayur-sayuran berbiji lainnya "

Post a Comment