Ini Lah Deretan Vitamin Yang Sangat Di Butuhkan Oleh Tubuh


Sahabat buka info kali ini akan share tentang deretan vitamin yang di butuhkan untuk tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh didesain untuk melindungi diri dari serangan mikroorganisme penyebab penyakit. Sayangnya, pada suatu kondisi tertentu sistem imun tidak bisa bekerja dengan semestinya. Saat-saat seperti itu, seseorang mungkin memerlukan vitamin untuk menjadikan daya tahan tubuh lebih optimal. Para ilmuwan sejak lama menganggap bahwa orang-orang yang dalam kesehariannya tidak mampu mencukupi kebutuhan gizinya menjadi lebih rentan terkena penyakit.
 Sudah di lakukan Beberapa penelitian kepada hewan membuktikan bahwa kekurangan mikronutien akan berdampak kepada respons sistem imun. Adapun mikronutrien yang memberi pengaruh tersebut antara lain zinc, selenium, zat besi, tembaga, dan asam folat. Sementara dari kelompok vitamin ada vitamin A, B6, C, dan vitamin E.
 
Apa Saja Peranan Vitamin Daya Tahan Tubuh?
Untuk mengoptimalkan sistem imun, diperlukan diet sehat yang berasal dari makanan yang bervariasi. Deretan vitamin daya tahan tubuh bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini.
1. Vitamin A
Selama ini kita sudah mengenal bahwa vitamin A merupakan senyawa yang penting bagi sistem penglihatan manusia. Ternyata, vitamin A juga penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta sebagai pendukung pemeliharaan untuk menjamin keutuhan sel epitel. Selain itu, fungsinya adalah sebagai salah satu vitamin untuk kekebalan tubuh dan reproduksi. Untuk mendapatkan vitamin A, konsumsilah hati sapi, ubi jalar (dengan kulit), dan wortel.
2. Vitamin B
Vitamin daya tahan tubuh yang satu ini bisa ditemukan pada biji-bijian, paprika, brokoli, tomat, tuna, bawang putih, kalkun, dan salmon. Vitamin ini memiliki peranan yang penting bagi produksi energi dan mengelola tingkat stres. Yang paling penting, vitamin B berfungsi menjaga kekebalan tubuh seseorang agar tetap berada pada kondisi terbaik.
3. Vitamin C
Fungsi-fungsi dari vitamin ini penting dalam menjaga kemampuan sistem kekebalan tubuh yang sehat untuk melindungi tubuh dari penyakit. Fungsi lain dari vitamin C bagi tubuh adalah menjaga gusi tetap sehat dan membantu menyembuhkan luka. Aktivitas sel darah putih pun bisa optimal berkat bantuan vitamin C. Selain itu, vitamin ini dapat meningkatkan tingkat interferon, respons dan tingkat antibodi, dan sekresi hormon timus. Kesemuanya ini merupakan komponen yang diperlukan dalam respons imun tubuh. 
4. Vitamin D
Studi laboratorium menunjukkan bahwa vitamin D berperan dalam memicu dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini turut menemukan bahwa vitamin D merupakan nutrisi pendukung sel T kian prima dan membantu melawan infeksi. Sel T adalah subtipe sel darah putih yang mendukung optimalisasi kekebalan tubuh.
Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengalami kekurangan vitamin D ternyata lebih rentan mengalami infeksi. Selain dengan berjemur, pemenuhan vitamin D juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi minyak ikan, telur, sereal, margarin yang diperkaya vitamin D, dan suplemen khusus.
5. Vitamin E
Vitamin daya tahan tubuh yang sama pentingnya adalah vitamin E. Vitamin ini merupakan salah satu jenis antioksidan. Vitamin ini berperan penting dalam melindungi kelenjar timus sebagai penghasil sel T. Peran sel T dalam hal ini adalah melawan penyakit sekaligus menjaga sirkulasi sel darah putih aman dari kerusakan. Keberadaan vitamin E penting bagi sistem kekebalan terutama ketika tubuh mendapat serangan penyakit kronis akibat virus serta gangguan yang diakibatkan oleh stres oksidatif. Kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, seperti biji bunga matahari, kacang almond, dan kacang tanah adalah sumber vitamin E yang baik.
Agar vitamin daya tahan tubuh bisa terpenuhi, apakah seseorang perlu mengonsumsi suplemen? Ketika mengalami malanutrisi, suplemen bisa menjadi pilihan yang disarankan. Namun pada dasarnya, mengonsumsi suplemen bukanlah jalan keluar yang diutamakan pada kondisi normal. Yang terpenting untuk dilakukan adalah menjalani diet makanan sehat. Namun jika diet sehat tidak bisa dilakukan, maka pemakaian suplemen mungkin bisa dilakukan. Konsultasikan kepada dokter mengenai pemakaian suplemen demi bisa mendapatkan hasil yang diinginkan semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ini Lah Deretan Vitamin Yang Sangat Di Butuhkan Oleh Tubuh"

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

 
Copyright © 2015 BUKA INFO - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top