Makanan Yang Banyak Mengandung Kolagen



Sahabat yang berbahagia mungkin masih banyak yang belum tau apa itu kolagen. Kolagen merupakan bagian penting dalam jaringan tubuh kita. Jaga produksi kolagen dalam tubuh dengan makanan yang mengandung kolagen berikut ini.
 
kolagen adalah salah satu protein yang paling berlimpah dalam tubuh yang menghubungkan dan mendukung jaringan tubuh. Kolagen sangat penting untuk menjaga elastisitas dan kekuatan protein kulit, otot, ligamen, tendon, tulang rawan. Ada makanan tertentu yang membantu tubuh memproduksi dan mengembalikan kolagen . Banyak dari makanan ini dapat ditambahkan ke diet apapun dalam rangka untuk mempromosikan kesehatan yang lebih baik. Makanan yang kaya akan protein dan vitamin K dan C yang ideal untuk produksi kolagen. Kolagen juga membantu mengganti dan memulihkan sel-sel kulit mati, membentuk jaringan fibrosa agar sel-sel baru dapat tumbuh, hingga melindungi organ-organ dalam tubuh seperti ginjal. Sayangnya, produksi kolagen alami dalam tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia kita, dimulai dari sekitar usia 40 tahunan. Jika sudah seperti itu, kulit pun menjadi kendur, garis-garis dan kerutan bermunculan, dan tulang rawan pada sendi menjadi lemah.
Makanan Perangsang Produksi Kolagen
Kalau Anda ingin punya kulit halus, lembut, mulus, kencang, kenyal, dan terlihat awet muda, banyak-banyaklah mengonsumsi makanan sehat. Terutama makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, tembaga, anthocyanidins, dan proline. Berbagai nutrisi tersebut dipercaya dapat merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh.
1.     Vitamin A. Bisa didapat dengan mengonsumsi telur, susu, hati, ubi, wortel, bayam, aprikot, keju, minyak ikan, ikan berlemak , yoghurt, paprika merah, mangga, pepaya, brokoli, zukini, dan lain sebagainya.
2.     Vitamin C, ditemukan pada melon, jeruk, brokoli, kubis merah, paprika merah, paprika hijau, kiwi, tomat, stroberi, kentang, cabai, jambu biji merah, peterseli, kembang kol, pepaya, lemon, dan masih banyak lagi.
3.     Makanan yang mengandung tembaga antara lain adalah cokelat hitam, kacang almond, kacang lentil, kacang mede, jamur, kepiting, tiram, hati sapi, biji bunga matahari, gandum utuh, sayuran hijau, kentang, dan kacang-kacangan,
4.     Prolin, didapat dari kubis, kacang kedelai, susu, daging sapi, dan putih telur.
5.     Anthocyanidins, ditemukan di buah ceri, raspberry, blackberry, dan blueberry.
6.     Alpha-hydroxy acids (AHAs), yaitu kelompok asam alami yang ditemukan dalam makanan, termasuk asam sitrat (ditemukan dalam buah jeruk), asam malat (ditemukan dalam apel), asam tartarat (ditemukan dalam anggur), asam glikolat (ditemukan dalam tebu), asam laktat (ditemukan dalam susu asam), dan lain-lain.
7.     Protein yang terkandung dalam daging adalah protein lengkap dengan semua asam amino esensial bagi tubuh. Ini termasuk produksi kolagen. Makan daging seperti ayam, daging sapi, kalkun, ikan, rusa dan bison sebagai sumber utama protein. Kaki babi mengandung jumlah tinggi kolagen. Telur juga kaya akan protein bersama dengan beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang macadamia, kacang Brazil, biji labu, biji wijen dan biji bunga matahari.
8.     Produk susu penuh protein dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Termasuk susu, keju, yogurt dan dadih dalam diet Anda untuk membantu dalam produksi kolagen.
9.     Buah-buahan
Buah yang tinggi vitamin C memberikan kontribusi pada produksi kolagen, makan stroberi, jeruk , grapefruits, kiwi, lemon, blackberry, kismis, blueberry, plum, buah, buah ara ungu, anggur ungu dan pepaya. Tomat juga sumber yang sangat baik.
10. Sayur-sayuran
Seperti buah, yang terbaik dari sayuran untuk membantu dalam produksi kolagen adalah mereka kaya akan vitamin C dan vitamin K. Pilih makanan seperti cabai merah, tomat , brokoli, kubis Brussel, paprika, kale, bayam, bit, terong, ungu asparagus, kubis, endive dan kembang kol.
11. Asam lemak
Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang sempurna untuk meningkatkan tingkat kolagen. Makanan seperti salmon, cod, kacang mede dan kenari memiliki banyak asam lemak yang membantu menjaga kesehatan kulit , halus dan muda , melawan penuaan dan keriput
Pastikan mengonsumsi makanan di atas yang membantu pembentukan kolagen serta menjaga pola hidup sehat.
Penggunaan Kolagen dalam Bidang Medis dan Kecantikan
Kolagen bisa dipecah dan diasimilasi oleh tubuh, memiliki beragam fungsi, dan bersifat alami. Ini membuat kolagen dapat digunakan dalam berbagai kegiatan medis, terutama yang berasal dari manusia dan ternak misalnya sapi, babi dan domba (ovine). Kolagen tersebut bisa dimasukkan dalam produk kecantikan, dijadikan suplemen, disuntik, dan lain-lain.
1.    Revitalisasi kulit. Banyak produk kecantikan berbentuk krim mengklaim diri dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh untuk merevitalisasi kulit. Sayangnya, molekul kolagen yang ada dalam produk tersebut terlalu besar untuk diserap ke dalam tubuh.
2.    Pengobatan osteoarthritis. Satu penelitian menemukan bahwa suplemen kolagen hidrolisat membantu mengurangi gejala nyeri osteoarthritis secara signifikan dan meningkatkan fungsi sendi.
3.    Suntik kolagen. Suntikan kolagen dilakukan untuk menghilangkan berbagai garis dan keriput di wajah dan jaringan parut (termasuk jerawat).
Seperti disebutkan di atas, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia kita, dan itu tidak bisa dicegah. Namun selain usia, ada juga faktor lain yang bisa menguras kadar kolagen seperti penyakit autoimun, sinar ultraviolet matahari, merokok, dan mengonsumsi banyak gula.
 Protein kolagen mewakili lebih dari 80 persen dari kulit manusia, dan menyediakan elastin kulit kita sehingga penting untuk kulit . Anda harus mempromosikan produksi kolagen dalam kulit Anda dan mengurangi dampak lingkungan untuk mencegah keriput.
Memproduksi Kolagen Di Kulit
Perhatikan diet Anda porsi harian buah dan sayuran kaya vitamin C, seperti jeruk jeruk , lemon, stroberi dan brokoli untuk produksi kolagen .
Hindari paparan sinar matahari dan asap, gunakan tabir surya dan tidak merokok atau berhenti merokok . Makan produk kedelai seperti susu kedelai atau tahu. Produk kedelai meningkatkan produksi kolagen dan blok enzim yang menyebabkan penuaan .
Beri diri Anda pijat wajah di kalangan menggerakkan jari telunjuk, jari manis dan tengah sepanjang seluruh wajahnya. Memijat kulit meningkatkan aliran darah, yang membantu produksi kolagen. Jika Anda ingin mengambil suplemen peptida tembaga dan bangkit pinggul, baik meningkatkan produksi kolagen. Menambahkan Anda diet minyak biji rami, salmon, tuna, kacang mete, kacang-kacangan dan sumber-sumber lain asam lemak tak jenuh yang meningkatkan produksi kolagen.  Minum teh herbal hijau. Teh hijau mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak serat kolagen. Gunakan masker alami yang mengandung minyak alpukat . Minyak alpukat merangsang produksi kolagen, melembabkan kulit dan membantu mengurangi cacat yang disebabkan oleh kerusakan sebelumnya atau usia. 
Yuk, dari sekarang jaga produksi kolagen tubuh agar kulit, tulang, otot dan sendi bisa sehat lebih lama. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
5 Komentar untuk "Makanan Yang Banyak Mengandung Kolagen"

sangat bermanfaat!!!
dan ditambah olahraga supaya tubuh lebih strong dan sehat

terimakasih telah berkunjung di blog yang masih sederhana ini

Makasih mas, jarang ngeblog / online belakangan.
Iseng jalan - jalan eh nyantol kesini.
Saya hanya bisa bilang anda seorang blogger sejati... salut mas.
Salam jabat erat dari saya.
Suara Bamega

sama sama #pelangi senja hoby lah yang membuat blog masih tetap berjalan sampai saat ini. terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir di blog yang masih sederhana yang masih banyak kekurangan ini. salam jabatan erat dari www.bukainfo.tk

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

 
Copyright © 2015 BUKA INFO - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top