Khasiat Dari Daun Kemangi , Sayuran Yang Sehat Tidak Perlu Di Masak



Sahabat buka info yang berbahagia kali ini akan share ilmu kepada sahabat yang setia ilmu yang akan di share adalah manfaat/khasiat dari daun kemangi yang belum kamu ketahui, yang sudah kita ketahui Di indonesia ini, daun kemangi sangatlah cocok sebagai pelengkap buat lalapan atau pelengkap sajian untuk makan soto. Dan ternyata daun kemangi ini di luar negeri sangat di favoritkan untuk digunakan dalam aneka masakan selain terasa segar sayuran ini akan kaya nutrisinya.
 
Sayuran daun kemangi ini di negara barat sering di sebut daun basil pertama berasal dari india dan telah di kembangkan sekitaran 5000 tahun lalu, daun kemangi (ocimum basilicum) kerap di gunakan dalam masakan italia dan asia tenggara, seperti di Malaysia, Indonesia, Vietnam,Thailand, Laos, dan Taiwan.
Daun kemangi ini yang berwarna hijau yang memiliki rasa dan aroma yang khas ini terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, daun kemangi yang biasa digunakan untuk masakan italia adalah kemangi yang rasanya agak manis. Sangat berbeda dengan daun kemangi yang sering di gunakan di Asia. Jenis daun kemangi yang sering digunakan daun kemangi yang berbeda dan yang mengeluarkan aroma berbeda pula. Tergantung dari jenisnya daun kemangi ini dapat mengandung berbagai zat seperti : citronellol, linalool, myrcene, ocimene, terpineol, linalyl acetate, fenchyl acetate, trans ocimene,trans ocimene.pada  umumnya daun kemangi ini mengandung zat polyphenols,  seperti flavonoids.
Khasiat Daun Kemangi untuk kesehatan.
Meski penelitian terhadap manfaat daun kemangi bagi kesehatan terus dikembangkan, namun sayangnya belum ada hasil pasti yang dapat dibuktikan secara medis. Beberapa penelitian telah mencoba mengungkap potensi manfaat yang dikandung daun kemangi, antara lain:
1.       Sebuah Penelitian menemukan bahwa kandungan (E)-beta-caryophyllene (BCP) mungkin bermanfaat menangani artritis dan penyakit peradangan usus.
  1. Ekstrak etanol dalam daun kemangi jenis Ocimum basilicum mengandung antioksidan
  2. Studi terhadap ekstrak daun kemangi jenis O. tenuiflorm menunjukkan bahwa bahan ini dapat mengurangi pembengkakan hingga sekitar 75 persen, 24 jam setelah pemberian.
  3. Daun kemangi bisa jadi memiliki kandungan yang mampu mencegah efek berbahaya dari penuaan akibat radikal bebas pada otak, jantung, dan hati.
  4. Daun ini mungkin dapat menjadi bahan antinyamuk dan antijamur yang digunakan dalam minyak esensial.
Meski khasiatnya belum terbukti secara pasti, tetapi dalam 100 gram daun kemangi  terdapat sekitar:
1.       Energi sebanyak 22 kJ energi
  1. Serat sebanyak 1,6 gram
  2. Karbohidrat sebanyak 2,65 gram
  3. Lemak sebanyak 0,64 gram
  4. Protein sebanyak 3,15 gram
Selain itu, masih ada berbagai jenis vitamin, seperti Vitamin A,B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, E, dan K. Ditambah lagi mineral-mineral seperti Zat besi,kalsium,magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, zinc, serta air kurang lebih 92 gram juga bisa didapatkan di dalam daun kemangi.
Oleh karena kandungannya yang kaya dengan nutrisi, daun kemangi sudah biasa menjadi pilihan tambahan pada sajian sehat dan praktis di bagian Asia. Terimakasih ini lah ilmu yang dapat buka info berikan semoga dapat bermanfaat ya.

Share Artikel ini,Yuuk!!! :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Khasiat Dari Daun Kemangi , Sayuran Yang Sehat Tidak Perlu Di Masak"

bisa juga menghilangkan aroma bau badan juga :),jangan lupa mampir ke seonamtech

Menghilangkan bau mulut manjur banget tuh..hehee

iya karna terdapat kandungan antioksidan. sehingga kaya akan manfaatnya.

Di harapkan berkomentarlah sesui dengan topik, dan jangan menanamkan link aktif yang akan di anggap SPAM

 
Copyright © 2015 BUKA INFO - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top