Cara Mengatasi Agar Membuat Tubuh Kita Atletis Ini lah Tipsnya

Buka Info


Sahabat ku buka info yang berbahagia saya akan memberikan tips bagimana membuat tubuh kita seperti atletis yang sehat dan aman.
Jika kita membuat tubuh kita indah atau seperti atletis kita harus mengatur pola makan yang akan membentuk tubuh kita seperti atletis melainkan pola makan yang seluruhan.

Berikut ini lah tipsnya ada beberapa jenis makanan untuk penunjang  untuk mendukung asupan nutrisi untuk tubuh seperti atletis:

  •  Memnuhi kebutuhan cairan Asupan Air sangat penting untuk menjaga temperatur dan menghidrasi tubuh. Sebelum melakukan berolahraga disarankan untuk  minum kurang lebih dua gelas dan dua jam sebelum berolahraga. Selama dan setelah berolahraga, disarankan untuk terus minum air setiap 15-20 menit sekitar satu gelas. Bahkan, air harus terus diminum meski tidak lagi merasa haus. Salah satu tanda cukupnya asupan air pada tubuh adalah warna urine yang cerah atau bening

  •  Sumber protein sperti daging tanpa lemak, daging unggas, telur, kacang-kacangan, susu rendah lemak, dan lainya fungsi protein pada umunya untuk tubuh yaitu membangun sekaligus memperbaiki otot, meski sebagian kecil bisa digunakan sebagai sumber energi. Seberapa banyak asupan protein per hari sangat tergantung dari berat badan sekaligus aktivitas olahraga yang dilakukan. Jumlah protein yang direkomendasikan dari Pendidikan Olahraga Medis di Amerika (ACSM) yaitu dalam kisaran 15-20 % dari menu sehari-hari. Penelitian yang pernah dilakukan tahun 2012 menunjukkan, asupan protein lebih sering meningkatkan pembentukan otot. Demikian juga jika Anda berniat menambah massa otot. Seorang peneliti menyarankan bahwa mengonsumsi 20 gram protein yang cepat dicerna setelah berolahraga akan mendukung pembentukan massa otot. Misalnya susu dan suplemen whey protein. Whey protein adalah salah satu kandungan protein yang terdapat di dalam susu atau produk sampingan dalam proses pembuatan keju.

  •  Sumber karbohidrat seperti sereal, nasi, kentang, pasta, biji-bijian utuh, dan lain sebagainya manfaat mengomsumsi karbohidrat penting untuk mendukung penampilan tubuh atletis karena mengandung glukosa untuk energi saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lain. Glukosa ekstra dalam bentuk glikogen akan disimpan dalam otot dan hati sebagai cadangan energi. Pada aktivitas yang membutuhkan banyak energi dengan cepat, tubuh mengandalkan sangat membutuhkan glikogen tersebut. Untuk orang yang  rajin berolahraga setiap hari, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat 50-60% dari menu harian. Hal ini akan mendukung kondisi kesehatan, berat badan, serta kemampuan.

  •  Sumber vitamin dan mineral Meski vitamin dan mineral tidak menyediakan energi, namun fungsinya sangat penting juga bagi tubuh kita  penting untuk membentuk tulang kuat, membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan lain-lain. Beberapa jenis mineral juga sangat penting karena dapat memengaruhi kadar cairan dalam tubuh dan kinerja otot. Jika perlu, konsumsi lah multivitamin secara teratur berdasarkan konsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi.
  • Sumber lemak seperti kacang almond, kacang alpukat, minyak zaitun dan lainya, Sumber lemak di butuhkan oleh tubuh dan dimanfaatkan sebagai sumber energi yang sangat diperlukan saat aktivitas olahraga jangka panjang seperti melakukan olahraga bersepeda dan melakukan lari jarak jauh. Kekurangan lemak tidak hanya memengaruhi tampilan tubuh altetis, namun juga dapat memicu gangguan penyerapan vitamin yang memerlukan lemak.


Semoga dapat bermanfaat bagi yang ingin membuat tubuh seperti atletis selamat mencobanya sekian
Terimakasihhhhhh..